Menu

Mode Gelap
ads

Warta · 22 Okt 2021 17:40 WIB

4 Ribu Rumah di Kepri Ditarget Dapat Bantuan Listrik di Tahun 2021


Ilustrasi listrik di rumah warga. Foto: dok PLN Perbesar

Ilustrasi listrik di rumah warga. Foto: dok PLN

Sebanyak 4 ribu rumah tangga kurang mampu akan menerima bantuan listrik di tahun 2021 ini. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) Provinsi Kepri, Hendri Kurniadi, Jumat (22/10).

Dijelaskan Hendri Kurniadi, alokasi anggaran untuk menjalankan program tersebut tidak seluruhnya ditangani melalui APBD Kepri. Namun, Pemprov Kepri bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak bidang pertambangan melalui dana program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Sampai akhir tahun kita menargetkan sebanyak 4.000 rumah tangga di Provinsi Kepri ini menerima manfaat penyambungan jaringan listrik. Karena kapasitas anggaran terbatas, kita menyiasati dengan berkolaborasi bersama perusahaan-perusahaan lewat program Corporate Social Responsibility (CSR),” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, bantuan penyambungan pemasangan jaringan bagi rumah tangga kurang mampu tersebut juga disejalankan dengan program penyambungan listrik perdana di desa yang dilakukan oleh PLN Tanjungpinang. Sehingga, ketika PLN di daerah tersebut sudah siap beroperasi, maka langsung dibantu dengan jumlah pelanggan.

ads

Hendri mengatakan, saat ini pihaknya sebagai fasilitator antara perusahaan yang akan menggunakan dana CSR-nya untuk program tersebut saja. Sedangkan, jika perusahaan-perusahaan yang tertarik dalam program ini langsung berkomunikasi dengan pihak PLN.

“Artinya kita tidak mengelola langsung dana CSR tersebut, karena hubungannya adalah antara PLN dengan perusahaan terkait. Dalam hal ini, kami sebagai fasilitator saja,” jelasnya lagi.

Ia menambahkan, pada tahun 2022 mendatang pihaknya juga akan menyasar pulau-pulau berpenghuni yang berada di daerah terluar di Provinsi Kepri. Adapun kebijakan yang digunakan adalah melalui penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal.

“Kita berharap penyediaan energi ini ditangani langsung oleh PLN. Apalagi kualitas solar cell terus menunjukan kualitas yang baik, makanya kita yakin dengan sistem ini pulau-pulau terluar nanti bisa menikmati layanan listrik,” tutup Hendri.

ads



ads
Baca Lainnya

KPPAD Harap Lingga Jadi Kota Layak Anak Tingkat Madya

27 November 2021 - 16:34 WIB

KPPAD: Januari-November 2021 Ada 12 Kasus Kekerasan Anak di Lingga

27 November 2021 - 16:08 WIB

Gubernur Kepri Sampaikan Persoalan Biaya Penanganan PMI ke BNPB

26 November 2021 - 21:29 WIB

Menteri KKP Kunker ke Kepri, Sosialisasi Industri Perikanan Mandiri

26 November 2021 - 21:09 WIB

Kodim 0317/TBK Bantu Fasilitasi Bedah Gadis di Karimun yang Tertelan Jarum Pentol

26 November 2021 - 17:57 WIB

Truk Pengangkut Pakan Ternak Terbalik di Pendakian Bukit Daeng Batam

26 November 2021 - 16:47 WIB

Trending di Warta