kepripedia
Home / Headline / 60 Kardus Guci Ilegal Tujuan Jambi Digagalkan KKP Batam

60 Kardus Guci Ilegal Tujuan Jambi Digagalkan KKP Batam

Unit Reserse Polsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Barelang, menggagalkan penyelundupan guci keramik tanpa dokumen di pelabuhan Jembatan 2, Batam, Kamis (1/7). Foto: Istimewa. Dok-KKP

Unit Reserse Polsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Barelang, menggagalkan penyelundupan 60 kardus guci berbahan keramik tanpa dokumen di pelabuhan Jembatan 2, Batam, Kamis (1/7) malam lalu.

Barang tersebut berada di atas kapal KM Rezeki Baru 01 yang bersandar untuk berangkat ke Kota Jambi.

Kapolsek KKP, AKP Budi Hartono menjelaskan, temuan tersebut berawal dari informasi masyarakat di wilayah tersebut terkait adanya aktifitas pengiriman barang tanpa dokumen.

“Kita telusuri ke lokasi dan menemukan 60 kotak kardus yang berisi guci keramik,” kata Budi, Jumat (2/7).

ads

Diketahui, barang-barang gunci bahan keramik akan dikirim ke luar kota Batam untuk diedarkan kembali tanpa legalitas yang lengkap sesuai prosedur.

“Kita masih melakukan pemeriksaan terhadap 3 orang pelaku dan sudah ditetapkan tersangka,” kata AKP Budi yang mengaku telah mengamankan pemilik barang berinisial D (37), kapten kapal, serta satu ABK.

AKP Budi belum merinci secara detail peran tiga pelaku termasuk modus operandinya. Namun, sejauh ini pihaknya masih melakukan pengembangan.

“Kita masih lakukan pemerikasaan kepada pelaku yang nanti akan diserahkan proses hukum ke Bea Cukai Batam karena ini menyangkut kepabeanan barang,” demikian Budi.



Penulis: Zalfirega

Editor: Yoan S N

BERI KOMENTAR