Menu

Mode Gelap
 

Netizen · 8 Mei 2021 22:12 WIB ·

7 Keajaiban dari Infaq dan Sedekah


 Ilustrasi Infaq dan Sedekah. Foto: Istimewa Perbesar

Ilustrasi Infaq dan Sedekah. Foto: Istimewa

Bersedekah dan infaq memang terkesan sederhana. Bahkan masih lalai untuk dilakukan. Padahal ada banyak sekali keajaiban yang terselip dalam amalan tersebut.

Beberapa diantaranya ada 7 keajaiban yang akan kita dapatkan dengan ber-infaq dan bersedekah, yaitu:

Membersihkan Harta

Hikmah ber-infaq dan bersedekah yang pertama adalah membersihkan harta yang kamu miliki. Setiap harta yang didapatkan ada sebagiannya adalah milik orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, dengan berinfaq kamu bisa membersihkan harta yang kamu miliki dan menambah keberkahannya.

Hikmah Infaq Menambah Rezeki

Banyak orang mengira bahwa dengan ber-infaq dan bersedekah harta akan berkurang dan habis. Ini adalah anggapan yang salah. Ber-infaq dan bersedekah justru akan membuat rezeki kamu semakin berlimpah.

ads

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat al-Baqarah ayat 261. Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang ber-infaq selayaknya orang yang menanam sebutir biji dan dia akan memanen tujuh kali lipat dari yang ditanamnya. Jadi sudah jelas bukan orang yang gemar berinfaq justru akan diperbanyak rezekinya.

Menolak Bala atau Musibah

Keutamaan bersedekah dan ber-infaq yang selanjutnya adalah dapat menolak bala atau musibah. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang menyebutkan bahwa satu-satunya amalan yang dapat menolak musibah adalah berinfaq dan bersedekah.

Dengan ber-infaq, kamu secara tidak langsung sudah membantu orang lain, orang lain yang kamu bantu tentunya akan mendoakan kamu agar terhindar dari musibah. Hal inilah yang membuat infaq akan melindungi kamu dari marabahaya atau musibah. Oleh karena itu, perbanyaklah ber-infaq agar terhindar dari berbagai macam musibah.

Dilindungi Pada Hari Kiamat

Keajaiban lainnya yang akan kamu dapatkan dari ber-infaq dan bersedekah adalah dilindungi ketika hari kiamat. Dalam hadits yang dirawayatkan oleh Tabrani, Rasulullah bersabda bahwa orang beriman akan selamat di hari kiamat karena infaq dan sedekahnya. Jadi jika kamu ingin terlindung di hari kiamat perbanyaklah untuk berinfaq dan bersedekah.

Hikmah Infaq Diampuni Segala Dosanya

ads

Hikmah dari melakukan infaq dan sedekah adalah diampuni segala dosanya. Orang yang ber-infaq dan bersedekah akan terhindar dari siksa neraka karena semua dosanya sudah diampuni. Di dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa harta yang diinfaqkan akan menjadi benteng pada saat hari pembalasan kelak.

Menyempurnakan Ibadah

Di dalam surat al-Imran ayat 92 dijelaskan bahwa kebajikan atau ibadah yang kamu kerjakan tidak akan sempurna jika kamu tidak ber-infaq dan bersedekah. Hal ini tentu sudah jelas bahwa infaq adalah penyempurna ibadah kamu. Jika sholat adalah ibadah yang berhubungan kepada Allah maka infaq adalah ibadah yang berhubungan dengan sesama manusia.

Masuk Surga dengan Pintu Khusus

Orang yang gemar ber-infaq dan bersedekah termasuk orang yang dermawan dan Allah sudah menjanjikan pintu khusus untuk orang-orang yang dermawan. Pintu surga ini bernama Babus Shadaqah yang berada di urutan ketiga setelah pintu surganya untuk para nabi dan para ahli ibadah. Semakin kamu memperbanyak infaq dan sedekah maka pintu ini akan terbuka lebar untuk kamu.

Nah, itu tadi keajaiban yang bakal kita dapatkan dengan hanya ber-infaq dan bersedekah.

 



Artikel ini ditulis oleh Satrio, M.A
Dosen STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
Mahasiswa S3 UIN STS Jambi

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Penulis:

Editor: Redaksi


Baca Lainnya

Bagaimana Pendidikan Olahraga Selama Pandemi COVID-19

18 Juni 2021 - 15:40 WIB

Disebut dalam al-Quran dan Hadist, Ini 5 Keutamaan Bersedekah

12 Mei 2021 - 01:04 WIB

Makna Tunaikan Zakat Bagi Umat Muslim

2 Mei 2021 - 22:52 WIB

Toxic Positivity: Kalimat Positif Menjadi Toxic Bagi Seseorang

29 April 2021 - 23:41 WIB

Musrenbang Kurang Diminati Anak Muda, Aktivis Minta Pemkab Lingga Gelar Festival Gagasan

8 April 2021 - 21:14 WIB

Menangkal Terorisme Sejak Dini dari Tingkat Pelajar

29 Maret 2021 - 17:47 WIB

Trending di Netizen