Menu

Mode Gelap

Warta · 27 Jul 2022 13:48 WIB ·

80 Balon Kades Lolos Verifikasi Administrasi Pilkades Serentak Bintan


 Ilustrasi Pilkades. Foto: Istimewa/Net Perbesar

Ilustrasi Pilkades. Foto: Istimewa/Net

ADVERTISEMENT
advertisement

Sebanyak 80 bakal calon telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten Bintan.

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak pada 29 September 2022 mendatang, ada 21 desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Pj Sekda Kabupaten Bintan, Rony Kartika, mengatakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sudah melakukan verifikasi administrasi kepada seluruh balon yang mendaftar untuk masing-masing Pilkades .

Menurutnya, dari total 80 balon yang lulus verifikasi, 18 yang berada di 3 desa akan menjalani tes tambahan.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Balon yang ada di 3 desa itu, jumlah sudah melebih batas yaitu 6 orang sementara maksimalnya hanya 5 orang. Sementara, jika desa yang lain ada yang 2-5 balon jadi tak perlu tes tambahan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tes tambahan itu dilakukan merujuk Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 13 Tahun 2020 Pasal 29 Ayat I yaitu apabila balon kepala desa yang memenuhi persyaratan lebih dari 5 orang maka dilakukan seleksi tambahan.

ADVERTISEMENT

Tim seleksi tambahan yang dibentuk itu berjumlah 5 orang. Tentunya mereka semua independen karena mereka nantinya yang akan mengawasi, menilai, dan menetapkan peringkat perolehan masing-masing balon.

Sementara itu keriteria dan bobot penyeleksiannya meliputi pengalaman bekerja di lembaga pemerintah dengan bobot 15 persen, tes wawancara dengan bobot 25 persen, dan tes tertulis 60 persen.

“Sesuai Pasal 32 peserta seleksi tambahan yang memperoleh nilai tertinggi 1-5 saja yang ditetapkan sebagai calon kepala desa (cakdes). Tapi akan kita umumkan bebarengan dengan balon kades lainnya,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Ditanya desa mana saja yang balonnya akan dilakukan seleksi tambahan. Rony mengaku desa itu berada di 2 kecamatan. Antara lain Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara dengan 6 balonnya yaitu Roy Martin, Rusdi, Yuane Riski Febrika, Cholil Bunyani, Vensensius Djong, dan Adi Agus Setiawan.

Kemudian Desa Ekang Anculai di Kecamatan Teluk Sebong dengan balonnya yaitu Hidayati, Wijoyono, Zaili Adi, Rakiman, Edy Suyatni, dan Basirun Simatupang. Lalu Desa Sebong Pereh di Kecamatan Teluk Sebong dengan balonnya diantaranya Sarinah, Dedi Yanto, Bahari, Bambang Kurniawan, Umar Mahat Kharby, dan Jamaludin Tambunan

“Jadi 18 balon di 3 desa itulah yang akan menjalani tes seleksi tambahan. Rencananya Agustus mendatang mereka akan menjalaninya,” katanya.

ADVERTISEMENT

Setelah itu, kata Rony, barulah dilaksanakan ke tahap penetapan calon kepala desa (cakades). Dari jadwalnya akan dilaksanakan pada Agustus mendatang juga. Selanjutnya dilakukan penentuan nomor urut cakades dan kampanye tiga hari sebelum masa tenang.

“Untuk jadwalnya Pilkades Serentak di 21 desa dilakukan pada 29 September 2022,” ucapnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


Tetap terhubung dengan kami:

ADVERTISEMENT
advertisement
advertisement
Baca Lainnya

Polres Bintan Sukseskan Gerakan 10 Juta Bendera

15 Agustus 2022 - 06:32 WIB

Wings Air Mulai Terbang di Karimun Tahun Ini, Berikut Rute Penerbangannya

14 Agustus 2022 - 15:29 WIB

Curhat Sulitnya Dapat Kerja di Batam, Pencaker: Harus Ada Orang Dalam

14 Agustus 2022 - 15:10 WIB

Pemerintah Agendakan Bawa Forum Pemred ke Batam Akhir Agustus

14 Agustus 2022 - 14:48 WIB

Ribuan Pencaker Padati Job Fair di Universitas Putera Batam

13 Agustus 2022 - 21:46 WIB

Warga Citra Indomas Batam Geger Temukan Mayat Membusuk di Indekos

13 Agustus 2022 - 21:33 WIB

Trending di Warta
advertisement