kepripedia
Home / Hukum Kriminal / Anak Anggota DRPD Kepri yang Ditangkap karena Narkoba Dilimpahkan ke BNN

Anak Anggota DRPD Kepri yang Ditangkap karena Narkoba Dilimpahkan ke BNN

Kasat Narkoba Polres Karimun, Iptu Elwin Kristanto. Foto: Khairul S/kepripedia.com

Polisi menyerahkan kasus empat pria yang diamankan pihaknya ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Karimun. Satu di antara keempat pria tersebut, ME alias BA merupakan anak dari legislator Kepri.

ME yang diamankan bersama empat rekannya tersebut, akan menjalani rehabilitas di BNN, setelah dilakukan pelimpahan oleh pihak kepolisian.

Ketika digerebek, polisi hanya menemukan alat hisap sabu atau bong. Mereka kemudian diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Pelimpahan untuk dilakukannya rehabilitas tersebut, juga tertuang dalam peraturan bersama Ketua Mahkamah Agung, Menteri Hukum dan Ham, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Jaksa Agung, Kapolri, Ka BNN, Nomor 01/PB/MA/III/2014, NO 03 Tahun 2014, NO 11 Tahun 2014, NO 03 Tahun 2014, NO PER 005/A/JA/03/2014, NO 1 Tahun 2014 DAN NO PERBER/01/III/2014/BNN, Tentang penanganan pecandu Narkotika dan Korban penyalahgunaan Narkotika ke dalam lembaga Rehabilitas.

ads

“Karena tidak ada barang bukti narkotika, kita melimpahkan ke BNN untuk dilakukan rehabilitas. Apa yang kita lakukan juga ada dalam peraturan bersama,” kata Kasat Narkoba Polres Karimun, Iptu Elwin Kristanto, Selasa (25/5).

Ia menambahkan, kasus penyalahgunaan narkotika dalam hal sebagai pecandu atau korban penyalagunaan narkotika, baik yang melaporkan diri atau dilaporkan orangtua atau saat terjaring razia namun tidak ada barang bukti, tidak dilakukan proses penyidikan.

“Meskipun hasil urine positif, dalam hal ini jatuh sebagai korban penyalahgunaan atau pecandu, tidak dilakukan proses penyidikan dan dapat dilimpahkan pada tim asesmen terpadu, yaitu BNN,” ujar Elwin.



Penulis: Khairul Siregar

Editor: Khairul Siregar

BERI KOMENTAR