Menu

Mode Gelap

Warta · 21 Jun 2022 13:19 WIB

Ansar Kumpulkan Bupati/Wali Kota se-Kepri, Minus Rudi dan Rahma


					Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat rakor bersama bupati dan wali kota se Kepri. Foto: Istimewa Perbesar

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat rakor bersama bupati dan wali kota se Kepri. Foto: Istimewa

Dalam rangka menjalankan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, dimana Pemprov berkedudukan sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mengumpulkan seluruh Bupati dan Wali Kota di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Senin (20/6) kemarin.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut merupakan upaya pembenahan dari tataran perencanaan sampai pada implementasi program pembangunan sebagai perwujudan Kepulauan Riau yang makmur, berdaya saing dan berbudaya. 

ADVERTISEMENT

Namun sayangnya, pelaksanaan rakor tersebut tidak penuh dihadiri kepala daerah se-Kepri. Dari tujuh bupati/wali kota, hanya 5 bupati yang hadir. 

Sementara, Wali Kota Batam, HM Rudi, dan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, absen dalam pertemuan tersebut.

Menurut Ansar, surat undangan pelaksanaan rakor sudah disampaikan kepada pimpinan daerah jauh-jauh hari.

“Mungkin ada halangan maka tidak datang. Saya berharap perwakilan yang datang dapat menyampaikan hasil rapat pada hari ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Ansar, kedudukan Pemprov Kepri merupakan wakil pemerintah pusat di daerah ini bertujuan untuk mengkoordinasikan program strategis nasional sampai ke tingkat kabupaten/kota maupun instansi vertikal kabupaten/kota.

“Termasuk melaksanakan serta menyampaikan kembali berbagai arahan Presiden RI yang disampaikan dalam rakor tingkat Menteri maupun daerah. Oleh karena itu hari ini kita rapat untuk mengevaluasi itu semua,” terangnya.

Ada tujuh materi utama yang dibahas dalam rakor tersebut. Antara lain, evaluasi pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota se-kepri, evaluasi kinerja dana transfer pusat ke daerah dan dana desa, evaluasi realisasi APBD Provinsi Kepri dan Kabupaten Kota se-Kepri, dan evaluasi penerapan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

ADVERTISEMENT

Kemudian, evaluasi kondisi stunting dan target capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) serta realisasi DAK Bidang Keluarga Berencana kabupaten kota se-Kepri

Selanjutnya, evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintan Daerah (LPPD) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan penerapaan keikutsertaan nelayan pada program BPJS Ketenagakerjaan di kabupaten kota se Kepri.

“Saya minta Pemkab dan Pemko yang akan melaksanakan rakor lanjutan tingkat kabupaten dan kota. Mari sama-sama ikuti perkembangannya dari waktu ke waktu. Kedepan kita jadikan rakor ini sebagai rapat rutin setiap 3 atau 4 bulan sekali dengan Kabupaten/kota se-Kepri bergantian menjadi tuan rumah,” sebutnya.

ADVERTISEMENT

Ditambahkan Ansar, untuk mengontrol serta mengevaluasi hasilnya, pihaknya akan kembali melaksanakan rakor yang serupa pada bulan Agustus atau September 2022 mendatang. Dengan tujuan supaya hasil rakor terevaluasi dari waktu ke waktu.

Hasil Rakor tersebut juga nantinya akan selalu dilaporkan kepada Menteri dalam Negeri.

“Mendagri menyambut baik pelaksanaan rakor ini serta diminta pelaporannya. Untuk itu agar kita seriusi pelaksanaannya. Mudah-mudahan bisa menjadi model bagi provinsi lain se-Indonesia. Juga agar menjadi ajang peningkatan kinerja dan pengabdian di tengah-tengah masyarakat,” tutup Ansar.

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Bupati Nizar dan Gubernur Ansar Lepas Takbir Keliling di Dabo

10 April 2024 - 22:00 WIB

IMG 20240410 WA0064

Tahun 2024, Pemda Bintan Siapkan Rp 5,5 M untuk Insentif RT/RW

8 April 2024 - 20:34 WIB

IMG 20240328 WA0101

Sambut Idul Fitri 1445 H, Segini Besaran THR Honorer, PTT dan THL Pemkab Bintan

7 April 2024 - 21:29 WIB

Bupati Bintan Roby Kurniawan

Polda Kepri Siapkan 216 Tiket Kapal Gratis Mudik Lebaran di Pelabuhan Punggur

6 April 2024 - 11:38 WIB

IMG 20240406 WA0004 11zon

KPPLP Adakan Mudik Gratis Naik Kapal Negara Kijang-Dabo, Kuota Terbatas

6 April 2024 - 08:58 WIB

IMG 20240406 050552 888 01 11zon

Jamin Keamanan Mudik, BNN Tanjungpinang Tes Urine Penumpang dan ABK Pelabuhan SBP

5 April 2024 - 13:13 WIB

IMG 20240405 WA0043
Trending di Warta