Menu

Mode Gelap

Warta · 15 Nov 2021 14:50 WIB

Awalnya Cuma 6 Jam, Kini Warga di 3 Pulau Ini Bisa Nikmati Listrik 14 Jam


Ilustrasi lampu listrik. Foto: Net Perbesar

Ilustrasi lampu listrik. Foto: Net

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberikan bantuan berupa mesin genset dan jaringan listrik kepada masyarakat Pulau Lengkang, Pulau Gare dan Pulau Labon di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

Bantuan tersebut merupakan rangkaian program ‘Kepri Terang’ yang bertujuan melengkapi kebutuhan dasar masyarakat akan kebutuhan listrik.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengungkapkan kedepan operasional genset dan jaringan listrik yang saat ini dikelola oleh Pemprov Kepri akan dikerjasamakan bersama PLN dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO).

“Jika sudah di KSO kan dengan PLN, biasanya listrik dapat beroperasi selama 14 jam dari yang sekarang hanya 6 jam. Dari segi biaya juga pasti lebih murah. Kemudian nantinya untuk pembiayaan penyambungan baru akan diupayakan melalui dana CSR,” ungkapnya saat meresmikan pemakaian genset dan jaringan listrik pada acara yang dipusatkan di Pulau Lengkang Kelurahan Sekanak Raya, Senin (15/11).

ads

Ia menerangkan, Pemprov Kepri berkomitmen terus berupaya menuntaskan persoalan kebutuhan dasar masyarakat, terutama listrik.

Menurutnya, melalui program ‘Kepri Terang’ ini sudah ada ribuan rumah yang teraliri listrik di seluruh Kepri. Hal tersebut juga tidak terlepas dengan adanya kerjasama PLN serta berbagai perusahaan di Kepri.

Bahkan, pada 2022 mendatang Pemprov sudah menganggarkan Rp 3 miliar untuk mengaliri listrik di 8 pulau dengan penduduk besar di Batam. Ditambah lagi, PLN juga turut akan membantu di 3 pulau.

“Jadi ada total 11 pulau yang akan di KSO kan dengan PLN. Harapan kita adalah semua pulau dapat dilayani PLN supaya pembiayaan lebih murah dan pelayanan lebih baik” tuturnya.

ads

Ansar juga berjanji akan selalu memperhatikan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat Kepri. Ia berharap jika kebutuhan dasar, utamanya listrik sudah baik, maka masyarakat dapat melakukan aktivitas ekonomi dan anak-anak dapat belajar dengan lebih baik.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, meninjau bantuan mesin genset dan jaringan listrik. Foto: Ismail/kepripedia.com

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Hendri Kurniadi, mengatakan jumlah rumah tangga di tiga pulau yang terlayani dari pemakaian genset ini adalah sebanyak 296 KK

Adapun rincian bantuan yang diterima masing-masing pulau yakni, Pulau Lengkang genset kapasitas 100 kVA dengan jaringan berjumlah 185 rumah tangga. Kemudian, Pulau Gare genset kapasitas 50 kVA dengan jaringan berjumlah 68 rumah tangga, serta Pulau Labon, genset kapasitas 20 kVA dengan jaringan berjumlah 43 rumah tangga.

“Alokasi anggarannya dari APBD, dan kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan tahun 2020,” ucapnya.

Kemudian, perwakilan Pengurus Genset Pulau Lengkang, Fatma mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Kepri atas penyalaan genset dan jaringan listrik ini. Dengan teralirinya listrik, ia berharap kaum ibu-ibu di Pulau Lengkang dapat memanfaatkannya sebagai salah satu sumber pendapatan juga.

“Dengan adanya listrik, keluarga dapat membeli peralatan elektronik. Contohnya kulkas, yang bisa jadi alat penambah sumber pendapatan keluarga,” ujarnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Mulai Desember Ini, Layanan Kemoterapi di RSUP RAT Sudah Layani Peserta BPJS Kesehatan

4 Desember 2021 - 15:31 WIB

RSUP Raja Ahmad Tabib di Tanjungpinang

Aksi Berbagi Bunga Anak Difabel di Karimun

4 Desember 2021 - 13:43 WIB

Vaksinasi COVID-19 Serentak BINDA Kepri di 3 Lokasi

4 Desember 2021 - 12:21 WIB

Tanggapan Komisi III DPRD Kepri Terkait Pemadaman Listrik di Batam

3 Desember 2021 - 21:56 WIB

Irwansyah DPRD Kepri

Komisi II DPRD Kepri Monitoring Samsat Batu Aji

3 Desember 2021 - 19:02 WIB

Bansos COVID-19 Masih Masuk Dalam APBD 2022

3 Desember 2021 - 18:18 WIB

Trending di Warta