Warta ยท 3 Okt 2021 01:10 WIB

Bawaslu Lingga Kirim 12 Orang untuk Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Tingkat Dasar


Kader pengawas partispatif yang dikirim Bawaslu Lingga saat deklarasi KPP. Foto: Hasrullah/kepripedia.com Perbesar

Kader pengawas partispatif yang dikirim Bawaslu Lingga saat deklarasi KPP. Foto: Hasrullah/kepripedia.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga mengirim 12 orang pemuda/pemudi dalam kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Tanjungpinang.

Dengan penerapan prokes, sekolah pengawasan partisipatif yang digelar sejak tanggal 1 hingga 3 Oktober di hotel CK Tanjungpinang ini, juga diikuti dari perwakilan Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni, mengungkapkan jika dalam SKPP ini para utusan dari Lingga dan peserta lainnya dilatih menggunakan perspektif kritis untuk memahami proses demokrasi dan kepemiluan.

“Sehingga kedepannya dapat membuat SKPP menjadi ruang pembangunan literasi demokrasi negara ini,” ujar Zamroni, Sabtu (2/10).

ads

Dijelaskannya, kurikulum SKPP ini sendiri didesain sedemikian rupa untuk merangsang dan mengembangkan kompetensi generasi muda untuk terlibat aktif dalam proses demokratisasi terutama dalam pengawasan pemilu.

Sementara itu, selama 3 hari ini para peserta juga mendapat pengalaman serta materi secara langsung dari para ketua dan anggota Bawaslu dari Lingga, Tanjungpinang, dan Bintan.

“SKPP tahun ini diselenggarakan di 100 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Tanjungpinang yang pesertanya mencakup Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang,” terang Zamroni yang juga ikut mengisi materi pengawasan partisipatif.

Ketua Bawaslu Lingga ini juga menambahkan, setelah SKPP dasar ini, akan dilanjutkan tahap SKPP tingkat menengah atau di tingkat provinsi yang pesertanya diambil dari peserta yang terbaik.

ads

Selain itu, kegiatan ini juga langkah awal terbentuknya Komunitas Pengawas Partisipatif (KPP) di Kabupaten Lingga yang langsung dideklarasikan dihadapan peserta SKPP lainnya.

Dari sini, kemudian diharapkan para kader mampu mendorong aktifnya pengawasan partisipatif di lingkungan masyarakat dalam pesta demokrasi kedepannya.

Selain Zamroni, turut hadir dari Bawaslu Lingga, Kordiv SDM Fidya Asrina mendampingi perwakilan sekaligus mengisi materi dalam SKPP ini.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka langsung oleh anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja, pada Jumat (1/10) yang dihadiri Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, dan sejumlah tamu lainnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung

Penulis: | Editor: Hasrullah


ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Kata Wakil Wali Kota Batam Soal UMK Batam 2022 yang Didemo Buruh

7 Desember 2021 - 17:55 WIB

Cerita Buruh di Batam Tuntut Kenaikan UMK 2022

7 Desember 2021 - 16:56 WIB

Demo Buruh di Batam 6 Desember 2021

Jelang Nataru, Pasar Murah di Tanjungpinang Dilaksanakan 9-10 Desember 2021

7 Desember 2021 - 16:44 WIB

Satbinmas Polres Karimun Temui Para Kepala Sekolah soal Peniadaan Libur Nataru

7 Desember 2021 - 16:03 WIB

Antisipasi Lonjakan COVID-19, Pemko Batam Pastikan Libur Sekolah Ditunda

7 Desember 2021 - 15:44 WIB

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad

Pemko Batam Larang Pesta Kembang Api Saat Perayaan Malam Tahun Baru

7 Desember 2021 - 15:13 WIB

Trending di Warta