Menu

Mode Gelap

Event · 20 Mar 2022 20:21 WIB ·

Berlangsung Sukses, Batik Gonggong Paling Banyak Dicari di Kepri Batik-an 2022


 Batik yang ditampilkan di tenant Anambas di event Kepri Batikan 2022. Foto: Milyawati/kepripedia.com. Perbesar

Batik yang ditampilkan di tenant Anambas di event Kepri Batikan 2022. Foto: Milyawati/kepripedia.com.

ADVERTISEMENT
advertisement

Kepri Batik-an 2022 di Atrium Nagoya Hill Mall, Kota Batam berlangsung sukses. Minat masyarakat terhadap batik ternyata begitu besar. Terbukti pada event Kepri Batik-an 2022 Batik Gonggong paling banyak terjual dengan total sekitar Rp 16 Juta.

Thera dari PKK Provinsi Kepulauan Riau mengatakan batik gonggong yang sudah menjadi pakaian yang paling laris dan dibeli oleh pengunjung. Ia tak menyangka dalam dua hari, animo masyarakat untuk memiliki batik khas Kepri setinggi itu.

“Paling banyak ya Batik Gonggong. Selain kain, baju yang paling banyak. Tanjak juga banyak sekali yang membeli,” ucapnya.

Exhibition ini sememangnya hadir sebagai ajang promosi produk unggulan kerajinan batik Kepulauan Riau kepada masyarakat luas berlangsung selama 2 hari, dari 19-20 Maret 2022 berhasil meraup jumlah transaksi sekitar Rp. 30 Juta lebih dari stand-stand yang ikut dalam pameran dan bazzar. Dengan jumlah kunjungan sekitar 1.500 pengunjung. Minggu, (20/3).

ADVERTISEMENT
advertisement

Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Berkolaborasi dengan REBORN KREASI BATAM dan didukung oleh para stakeholder. Mengusung tema Berkaya Dengan Budaya.

Kepala Dinas Pariwista Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengatakan KEPRI BATIKAN lahir dari kerisauan terus menerus terhadap situasi yang terjadi beberapa waktu kebelakang, bagaimana membangun kembali sektor perekonomian kita yang mengalami keterpurukan, akibat pandemi yang melanda beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENT

“Namun demikian kita harus tetap optimis bahwa Kepri akan bangkit kembali, salah satu upaya kami adalah dengan mengangkat kembali local wisdom atau kearifan lokal kita,” jelas Buralimar

Buralimar berharap lewat pameran KEPRI BATIKAN ini, dapat membantu menambah jumlah pergerakan wisatawan domestik (wisdom) Kepri, ini terlihat dari pergerakan rombongan partisipan pameran yang berasal dari Kab/Kota diluar Batam yang secara langsung telah menggerakkan sektor kuliner, transportasi dan akomodasi serta sektor usaha kecil menengah lainnya, maka harapannya pergerakan ekonomi ini akan membesar dan berganda apabila kelak batik Kepri telah go international.

Motif batik di tenant Kota Batam. Foto: Milyawati/kepripedia.com

ADVERTISEMENT

Senada dengan Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Kepri, Afitri Susanti yang berharap setelah ini penyelenggaraan KEPRI BATIKAN dapat menumbuh kembangkan kecintaan terhadap batik daerah Kepulauan Riau serta meningkatkan perekonomian pelaku usaha lokal dalam rangka peningkatan semangat berusaha dan berkarya di masa new normal.

Kepri Batikan diawali dengan Perlombaan Mewarnai untuk kategori anak umur 5 – 7 tahun, diikuti oleh 53 peserta, dengan total hadiah Rp. 2.250.000,- (dua juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) serta piagam dan merchandise untuk 8 pemenang (Juara 1-3 dan Harapan 1-5).

Perlombaan Fashion Show berkolaborasi dengan R Lux Model Audition yang diikuti oleh 50 peserta dan telah diselenggarakan grand final nya semalam dengan menghasilkan Juara 1, 2, 3 dan Juara Favorit serta kategori Best Talent, Healthy Skin, Photogenic Men & Women, Catwalk, Social Media. Para pemenang mendapatkan uang tunai, piala dan piagam dengan total hadiah 5 (lima) juta rupiah.

ADVERTISEMENT

Sayembara Desain Batik Kepri yang mengkolaborasikan khazanah keragaman muatan lokal khas dari 7 Kab/Kota se-provinsi. Hadiah yang disediakan sebesar 10 (sepuluh) juta rupiah berupa uang elektronik ditambah merchandise untuk 1 (satu) pemenang dan Pemenangnya bernama Nunung Sulistiyo dengan design Batik Pohon Kelapa.

Talkshow yang menghadirkan para narasumber dari pelaku usaha dan profesional di bidang UMKM, kerajinan batik dan perbankan, serta instansi vertikal lainnya.

Kemudian rangkaian hiburan yang menakjubkan dari para talenta Putera Puteri Kepri yang telah diseleksi melalui ajang pencarian bakat Kepri Most Talented 2022 bulan lalu di Batam. Serta hiburan oleh Band-band lokal yang luar biasa.

ADVERTISEMENT

Pameran KEPRI BATIK-AN ini diisi dengan Pameran dan Bazaar yang diisi oleh 13 Partisipan, terdiri dari TP-PKK Provinsi, Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau, Dekranasda Kota Batam, Dekranasda Kabupaten Bintan, Dekranasda Kab Lingga, Dekranasda Kab Kepulauan Anambas, Dekranasda Kab Natuna, BPJS, Ketenagakerjaan, BRI, R’LUX, Delizio Caffino, Kopi Gadjah, D’sanas Perfume, Kalbe Hi C 1000.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 159 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Jalin Silaturahmi Alumni dan Santri, IPMA Kepri-Jombang Gelar Halal Bihalal Virtual

18 Mei 2022 - 23:34 WIB

Perayaan Hardiknas 2022 di SMAN 1 Tambelan: Jalan Sehat hingga Lomba Orasi

15 Mei 2022 - 12:42 WIB

Mahasiswa UIB Bakal Gelar Penyuluhan Hukum Pencegahan Kekerasan Seksual di Sekolah

13 Mei 2022 - 09:19 WIB

Universitas Internasional Batam

Dibuka Presiden Jokowi dan Hadir Sederet Artis, Lebaran di kumparan Berlangsung Meriah

4 Mei 2022 - 11:54 WIB

Meriahkan Malam Likuran, Lomba Bedil Akan Berdentum di Daik Lingga

11 April 2022 - 14:10 WIB

Apresiasi BUMN Beriarti Fest 2022 di Batam, Erick Thohir Ajak Bangga Pakai Produk Lokal

29 Maret 2022 - 19:37 WIB

Trending di Event
advertisement