kepripedia
Home / Hukum Kriminal / Bersiap ke Tanjungpinang, Warga Karimun Ketahuan Bawa Sabu di Pelabuhan

Bersiap ke Tanjungpinang, Warga Karimun Ketahuan Bawa Sabu di Pelabuhan

Pelaku penyelundupan sabu. Foto: Dok Bea Cukai Batam

Seorang warga Karimun Z (27) diringkus petugas Bea Cukai Batam, karena diduga membawa sabu seberat 18,3 gram. Ia ditangkap saat hendak berangkat ke Tanjungpinang melalui pelabuhan Punggur.

Kepala Seksi Layanan Informasi, Undani, membenarkan jika Z diamankan lantaran hendak melalui masin pemindai x-ray. Tersangka yang menunjukkan gelagat mencurigakan itu diminta untuk membuka tas selempangnya, dan ditemukan barang yang terbungkus plastik.

“Petugas bidang P2 (Penindakan dan Penyidikan) Pelabuhan curiga barang yang dibawa dalam tas, kemudian dilakukan pemeriksaan dan didapati sabu seberat 18,3 gram,” kata Undani, Jumat (7/5).

Gerak cepat petugas membawa tersangka dan barang bukti ke Kantor Bea Cukai di Batu Ampar untuk penelitian lebih lanjut hingga diserahkan ke pihak kepolisian.

ads

“Atas barang bukti dilakukan pengecekan narkotes dan didapati hasil bahwa barang tersebut adalah sabu dengan berat 18,3 gram,” imbuhnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan tersangka dijerat dengan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 114 ayat (2) dan/atau Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) dengan ancaman pidana mati penjara seumur hidup, atau paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun, serta pidana denda maksimum Rp10 miliar.



Penulis: Zalfirega

Editor: Yoan S N

BERI KOMENTAR