Menu

Mode Gelap

Event · 9 Okt 2021 13:19 WIB ·

Besok, KSR PMI Umrah Bakal Gelar Donor Darah


 Besok, KSR PMI Umrah Bakal Gelar Donor Darah Perbesar

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Maritim Raja Ali Haji (KSR PMI Unit UMRAH) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) dan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kepulauan Riau menggelar kegiatan donor darah yang diadakan pada hari Minggu (10/10) di Terminal Sungai Carang, Bintan Center Bt.9.

Kegiatan itu merupakan agenda rutin yang diadakan oleh KSR PMI Unit UMRAH selama 3 bulan sekali. Adapun target pendonor yang berpartisipasi diharapkan mencapai 80 kantong darah.

“Acara donor darah ini akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sementara itu, kegiatan akan dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB,” ujar perwakilan panitia, Desy Armida.

Dijelaskannya, untuk pendonor yang hendak berpartisipasi dalam kegiatan donor darah itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

ads

Pertama, pendonor darah harus dicek suhu tubuh. Kedua, pendonor wajib mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer yang sudah disediakan oleh panitia di lokasi. Ketiga, pendonor melakukan pendaftaran disertai pemeriksaan kesehatan. Keempat, pendonor pengecekan tekanan darah, timbangan berat badan, dan pengecekan hemoglobin.

Setelah pendonor dinyatakan sehat dan dapat mengikuti donor darah, pendonor dapat memasuki ruang pengambilan darah.

ads

“Adapun tujuan diadakannya kegiatan donor darah yang bertema ‘Donate Blood To be a Hero’ ini guna membantu persediaan kantong darah di rumah sakit yang sering kali kekurangan,” tambahnya.

View this post on Instagram

A post shared by kepripedia.com (@kepripediacom)

Ia menambahkan, dalam kondisi pandemi COVID-19 yang mewabah seperti ini, membuat ketakutan atau kecemasan bagi masyarakat dalam mendonorkan darahnya.

Padahal mendonorkan darah tidak dapat menularkan COVID-19. Selain itu, proses pengambilan darah pada pendonor selama masa pandemi COVID-19 juga mengikuti protokol kesehatan dan syarat yang berlaku.

“Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor menurunnya stok darah di Palang Merah Indonesia Kota Tanjungpinang,” imbuhnya.

Oleh karena itu, KSR bersama HMTE dan GenBI Kepulauan Riau berusaha untuk mengadakan kegiatan donor darah ini.

Kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum dan kegiatan donor darah ini memiliki beberapa manfaat, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Penulis:

Editor: Redaksi


Baca Lainnya

HAKLI Gelar Lomba Video Kreatif Gerakan Mencuci Tangan

11 Oktober 2021 - 21:55 WIB

Bulang Cahaya Terbesar di Kepri, Dipastikan Terbang

24 September 2021 - 12:34 WIB

Pertama di Dunia, Peluncuran Buku dari Langit

24 September 2021 - 12:22 WIB

Pocari Sweat Wujudkan Mimpi Anak Muda, Bintang SMA 2021 Resmi di Gelar

4 September 2021 - 15:44 WIB

Kampong Teripang dan Akademisi FIKP UMRAH Adakan Adopsi Terumbu Karang di Bintan

18 Agustus 2021 - 21:35 WIB

Digelar Daring, Natuna Putuskan Absen Dari Perhelatan STQH IX Provinsi Kepri

26 Juli 2021 - 18:58 WIB

Trending di Event