Menu

Mode Gelap
ads

Ekonomi Bisnis · 16 Nov 2021 22:14 WIB

BI Ajak Pemda Gunakan Transaksi Digital


Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K. Atmaja, bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K. Atmaja, bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Foto: Zalfirega/kepripedia.com

Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengajak pemerintah daerah (Pemda) di Kepulauan Riau untuk dapat mendorong transaksi keuangan secara digital di Kepulauan Riau.

Ajakan itu semakin dikemukakan seiring BI memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Hingga akhirnya bertatap muka dengan tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) dari seluruh pemerintah daerah di wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang digelar di Swiss Bel Hotel, Batam, Selasa (16/11).

Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K. Atmaja, menyampaikan bahwa Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) di wilayah Kepulauan Riau memiliki potensi.

“Ini tujuan segala lini diakselerasi dengan meningkatkan edukasi dan sosialisasi guna meningkatkan literasi dan minat masyarakat,” kata dia.

ads

“Jadi dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat mewujudkan transparansi dalam pengelolaan keuangan dan meningkatkan potensi penerimaan Pemda,” tambah dia.

Selain itu, terkhusus dalam penggunaan kanal pembayaran digital, mendorong SP2D Online dan integrasi dengan CMS, mendorong kesiapan bank pengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan juga perbankan lainnya di untuk tingkatkan Infrastruktur IT di Kepri.

“Kita pastikan bahwa BI terus sinergi dengan pemda, untuk mendorong transaksi keuangan secara elektronik di Kepri,” ucap dia.

Gubenur Kepri, Ansar Ahmad, menyambut baik dengan ETPD yang terus digesa oleh BI dalam mendorong transaksi digital yang dapat mendongkrak ekonomi dan lebih efisien.

ads

“Saya sudah minta seluruh TP2DD dapat saling menginspirasi dalam implementasi ETPD,” ucap dia dikesempatan itu.

Seluruh kepala daerah harus meningkatkan serta dapat mengakselerasi implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. Dengan adanya itu maka lebih terencana dan terarah melalui Roadmap dan Timeline ETPD.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Baca Lainnya

Ekonomi Kepri Diprediksi Tumbuh 4,3 Persen Tahun Ini

25 November 2021 - 18:10 WIB

Rencana Pemprov Kepri Membangun Industri Perikanan Tanpa Pinggirkan Nelayan

23 November 2021 - 19:37 WIB

Kala Harga Sembako Lebih Dulu Naik Saat UMK Belum Ada Kepastian

18 November 2021 - 09:29 WIB

UMK Karimun 2022 Naik 0,38 Persen, Jadi Rp 3.348.765

17 November 2021 - 14:02 WIB

UMP 4 Provinsi Ini Tidak Naik Tahun 2022

15 November 2021 - 21:56 WIB

Wow, Piutang Indonesia Capai Rp 76,89 Triliun

13 November 2021 - 09:41 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis