Menu

Mode Gelap

Warta · 31 Jul 2023 13:44 WIB

Cen Sui Lan Resmikan Jalan Pemakaman di Sawang Kundur, Dibangun Lewat Dana Aspirasi Rp 1,7 Miliar


					Cen Sui Lan meresmikan jalan pemakaman tionghoa di Sawang Karimun. Foto: Istimewa Perbesar

Cen Sui Lan meresmikan jalan pemakaman tionghoa di Sawang Karimun. Foto: Istimewa

Jalan menuju Pemakaman Tionghoa di Sawang, Kundur, Karimun kini sudah selesai dibangun dan telah diresmikan. Peresmian jalan tersebut langsung dilakukan oleh Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri, pada Kamis (27/7) kemarin.

Jalan menuju pemakaman leluhur Tionghoa di Sawang Karimun tersebut dibangun melalui dana aspirasi Cen Sui Lan, dengan anggaran senilai Rp1,7 miliar. Jalan itu pun kini sudah mulus dan beraspal.

ADVERTISEMENT

Peninjauan jalan pemakaman Sawang Kundur ini, Cen Sui Lan didampingi Stanley Cicero Haggard Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dan Gatot Sukmara Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) BPJN Kepri Ditjen Bina Mara Kementerian PUPR. Serta Datok Amat Tantoso tokoh masyarakat Kepri yang berasal dari Sawang, Kundur, Karimun.

cen sui lan meninjau sekaligus meresmikan jalan menuju pemakaman tionghoa di sawang kundur karimun f suaraserumpun.com

Cen Sui Lan meninjau dan meresmikan jalan pemakaman Tionghoa di Sawang, Kundur, Karimun. Foto: Istimewa

Cen Sui Lan mengatakan, pembangunan ini dilakukan agar jalan tersebut berfungsi sebagai akses ziarah kubur yang merupakan kegiatan kebudayaan setiap tahunnya. Serta akses bagi masyarakat Sawang untuk aktivitas ekonomi lainnya.

Datok Amat Tantoso tokoh masyarakat Kepri yang juga Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Valas Asing (APVA) Indonesia ini merupakan putra kelahiran Sawang Kundur Karimun. Amat Tantoso sangat mengapresiasi dibangunnya jalan tersebut.

Hal yang sama diungkapkan Pengurus Yayasan Pemakaman Tionghoa Sawang kepada Cen Sui Lan. Para pengurus yayasan mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian Cen Sui Lan. Sehingga kawasan pemakaman jadi lebih baik dan rapi. Demikian juga diungkapkan tokoh tokoh masyarakat lainnya.

Baca: Lewat Aspirasi Cen Sui Lan, Jalan ke Pemakaman Tionghoa di Sawang Selatan Diaspal

Sebelumnya, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi untuk pengaspalan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Provinsi Kepri pada tahun anggaran 2023 ini. Cuma dua bulan pengerjaan, lewat aspirasi dan diskresi Cen Sui Lan, pengaspalan jalan menuju pemakaman ini dialokasikan anggaran senilai Rp1,7 miliar.

ADVERTISEMENT

Pembangunan dan pengaspalan jalan menuju pemakaman tionghoa di Desa Sawang Selatan ini bertujuan agar akses ziarah kubur atau Cheng Beng bagi warga tiongho pada tahun 2023 ini, bisa berjalan lancar. Sehingga kegiatan prosesi tahunan etnis Tionghoa ini meningkatkan traffic (lalu lintas) warga yang pulang melaksanakan Cheng Beng.

Cen Sui Lan yang juga Dewan Kehormatan PSMTI Prov Kepri ini menjelaskan, aspirasi pembangunan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan ini merupakan usulan dari tokoh Masyarakat Kepri, Datok Amat Tantoso pada tahun 2022 lalu. Akhirnya pada Februari 2023 lalu, Cen Sui Lan menggunakan diskresi bersama Menteri PUPR.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Kapal Kargo Terbakar di Perairan Batam, 15 Kru Selamat

21 Februari 2024 - 17:56 WIB

IMG 20240221 WA0019

Sebuah Rumah Warga di Panggak Darat Ludes Terbakar

18 Februari 2024 - 22:22 WIB

Sebuah rumah warga di panggak darat ludes terbakar

TPS 008 Meral Kota Gelar PSU, Dikawal Ketat Bawaslu, KPU hingga Polisi

18 Februari 2024 - 11:33 WIB

IMG 20240218 090419 11zon

4 Unit Rumah Kontrakan di Kampung Harapan,Tebing, Ludes Terbakar

17 Februari 2024 - 12:27 WIB

IMG 20240217 WA0006 11zon

Dibuat di Batam, 2 Kapal TNI AL Ini Akan Beroperasi di Nias dan Banyuwangi

17 Februari 2024 - 11:44 WIB

Peresmian 2 Kapal TNI AL Sembulungan dan Hinako

Delapan TPS di Tanjungpinang Gelar Pemungutan Suara Ulang

16 Februari 2024 - 15:01 WIB

TPS di kawasan Meral Kota, Karimun. Foto: Khairul S/kepripedia.com
Trending di Warta