Menu

Mode Gelap

Pojok · 9 Feb 2022 08:11 WIB ·

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Kepri Sambangi RS Soedarsono dan Graha Hermine, Ini Agendanya


 Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie. Foto: Marina/kepripedia.com Perbesar

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie. Foto: Marina/kepripedia.com

ADVERTISEMENT
advertisement

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie, bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam menyambangi RS Soedarsono Darmosoewito dan RS Graha Hermine, Batam, pada Senin (7/2).

Kunjungan ini merupakan salah satu langkah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan berbagai macam inovasi dan fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2022 ini. Salah satu inovasi yang diunggulkan oleh BPJS Kesehatan terkait peningkatan kualitas layanan adalah implementasi antrean online di setiap Fasilitas Kesehatan (faskes). Baik itu tingkat pertama maupun tingkat lanjutan.

Terkait hal itu, BPJS Kesehatan kemudian berupaya untuk melakukan monitoring terhadap implementasinya. Di antaranya dengan melihat langsung penerapannya di kedua rumah sakit di Kota Batam ini.

“Hari ini Senin (7/2), kami mengunjungi RS Soedarsono dan RS Graha Hermine untuk melihat implementasi antrean online di faskes tingkat lanjut. Semoga sudah berjalan dengan lancar, sehingga ketika dimanfaatkan oleh peserta tidak ada kendala yang berarti,” kata Eddy.

ADVERTISEMENT
advertisement

Ia pun menjelaskan bahwa implementasi antrean online merupakan komitmen fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dengan antrean online yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat melakukan pendaftaran tanpa harus antre terlalu lama, sehingga dapat meningkatkan kepuasan peserta di fasilitas kesehatan.

“Kami dari BPJS Kesehatan siap membantu dalam hal proses bridging maupun dalam hal lain yang dibutuhkan oleh faskes. Kami juga akan terus mendorong faskes yang belum mengimplementasikan antrean online ini supaya awal tahun ini seluruh faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat mengimplementasikannya,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

Fitri Rahayu, Koordinator Customer Care RS Graha Hermine, kemudian mengatakan bahwa progress sistem antrean online yang terintegrasi dengan Mobile JKN sudah mencapai 95%. Bahkan ia mengaku pada bulan Januari lalu, pihaknya sudah menerima pasien yang mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN.

“Sistem antrean online di RS Graha Hermine sudah 95%, sisanya hanya penyempurnaan sistem saja,” kata Fitri.

Untuk sistem pendaftaran, setelah check in peserta JKN-KIS melakukan screening di area customer care lalu melakukan registrasi ulang di loket pendaftaran. Seteah itu peserta diarahkan petugas untuk ke area nurse station poli, selanjutnya peserta akan diarahkan menunggu di ruang tunggu poli sesuai dengan nomor antrean yg didapat.

ADVERTISEMENT

Setelah mendapatkan layanan konsul dengan dokter, peserta diarahkan untuk menunggu resep obat di area tunggu apotek sesuai resep yang diberikan.

“Kami harap dengan antrean online ini peserta benar-benar merasa nyaman dan puas mengakses layanan di fasilitas kesehatan, karena tidak perlu menunggu lama,” kata Fitri.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 111 kali

Penulis: | Editor: Hasrullah


Tetap terhubung dengan kami:

ADVERTISEMENT
advertisement
advertisement
Baca Lainnya

Babinsa Kelurahan Dabo, Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Goro Pengecatan Tugu Meriam di Lapangan Merdeka

14 Agustus 2022 - 12:55 WIB

Jalin Silaturahmi, Lurah Dabo Coffee Morning Bersama Lurah Terdahulu

13 Agustus 2022 - 21:05 WIB

Babinsa Resang Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Goro Bersama Masyarakat Resang

13 Agustus 2022 - 11:43 WIB

Bangkit dari Pandemi, Plt Bupati Senam Germas Bersama Masyarakat Pangkil

12 Agustus 2022 - 21:18 WIB

Babinsa Kuala Raya Koramil 04/Dabo Kodim 0315/TPI Bantu Warga Bersihkan Rumput di Kebun

12 Agustus 2022 - 13:40 WIB

Babinsa Tinjul Koramil 04/Dabo Kodim 0315/TPI Bantu Warga Buat Papan Slop dan Berikan Pemahaman Wasbang

11 Agustus 2022 - 11:50 WIB

Trending di Pojok
advertisement