Menu

Mode Gelap
ads

Warta · 1 Okt 2021 17:39 WIB

Diterpa Sejumlah Isu Miring, Ini Penjelasan Kepala SMKN 8 Batam


Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Kota Batam, Refio saat ditemui di ruangannya. Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Kota Batam, Refio saat ditemui di ruangannya. Foto: Zalfirega/kepripedia.com

Kabar miring kembali menerpa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Farmasi 8 Sagulung. Di antaranya terkait isu yang mencuat dikalangan wali murid karena mobil BP 1571 Kijang Inova yang digunakan sekolah disebut-sebut disewakan setelah kepala sekolah membeli mobil baru.

“Ini kita bingung, kenapa mobil itu disewa, kan masih banyak mobil lain. Apakah mobil itu milik pribadi,” ujar salah seorang wali murid yang enggan ditulis namanya, Jumat (1/10).

Menurutnya pihak sekolah dapat membeli mobil bukan malah sewa pakai yang menghabiskan anggaran yang begitu besar.

“Ini anggaran dari mana? Kalau memang butuh mobil untuk operasional ya kenapa tidak dibeli saja,” kata dia.

ads

Menyikapi kabar mobil itu, Ketua Komite SMKN 8, Saptono, menjelaskan asal muasal mobil tersebut memang punya kepala sekolah. Namun setelah dikonfirmasi, mobil tersebut sudah dijual di salah satu showroom mobil di Sekupang.

“Sudah di jual ke salah satu showroom di Sekupang, sebagai uang muka dan mengambil mobil lain,” kata Saptono.

Dia menjelaskan saat ini kepala sekolah menggunakan mobil Toyota Fortuner untuk operasional secara pribadi. Bukan lagi mobil Inova yang sudah dijual tersebut.

“Jadi informasi yang kita sudah dapatkan bahwa mobil kijang Inova tersebut bukan lagi milik kepala sekolah, tapi sudah milik orang lain,” kata Saptono.

ads

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 8 Kota Batam, Refio, menegaskan bahwa mobil yang sebelumnya ia pakai tidak ada sangkut paut lagi dengan dirinya.

“Dulu memang mobil itu punya saya, tetapi sudah saya jual ke pihak showroom di Sekupang, dan saya ganti mobil,” tegas dia.

Ia melanjutkan, sejauh ini transportasi sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah dalam mengantar anak ke PKL. Namun, karena tidak ada mobil sehingga para guru menggunakan taksi. Namun dengan pertimbangan anggaran, pihaknya lalu memutuskan untuk menyewa mobil karena dinilai lebih irit dibanding menggunakan taksi.

“Penyewaan mobil tersebut dengan koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan dan diperbolehkan,” imbuh dia.

Kemudian, dari hasil penulusuran pihak sekolah, mobil yang murah untuk sewa dan onderdil ditanggung oleh pemilik adalah mobil lama.

“Jadi pihak sekolah memutuskan mengontrak mobil selama satu tahun dari showroom tempat saya beli mobil dan mobil yang ada untuk kelas kijang inova adalah bekas mobil saya,” terangnya.

Dia mengatakan walaupun saat ini mobil yang dikontrak sekolah adalah bekas mobilnya. Tetapi bukan berarti mobil itu miliknya.

“Itu bukan mobil saya lagi. Kebetulan saat mencari mobil, yang ada di showroom itu untuk kelas kijang inova ada dua dimana satu keluaran tahun 2012 dan bekas mobil yakni keluaran tahun 2015. Ya kita pilih tahun tinggi, karena resiko kerusakan pasti ringan,” beber dia.

Sementara, kata dia, untuk kontrak mobil tersebut dilaksanakan selama satu tahun, dan pembayaran uang kontrak dilaksanakan pertiga bulan.

“Satu bulan itu uang sewa mobil sekolah sebesar Rp 6 juta. Saya tegaskan tidak ada sangkut paut dengan saya pribadi,” tutup dia.

Dia juga merasa heran, akhir-akhir ini Sekolah yang ia pimpin silih berganti diterpa isu miring, mulai dari lingkungan hingga mobil transportasi.

“Kemarin itu soal lingkungan, yang jorok. Padahal itu tanah di dekat taman sedang renovasi. Ini jadi sorotan juga, tapi itu sudah kita klarifikasi,” kata dia.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Hari Ini, Batam Nihil Kasus Baru COVID-19

30 November 2021 - 16:13 WIB

Tahun Depan Insentif Honere Karimun Naik, Diprediksi di Atas Rp. 1 Juta

30 November 2021 - 14:33 WIB

Ada Gangguan, Berikut Jadwal Pemadaman Listrik di Batam Hari Ini

30 November 2021 - 14:26 WIB

PPKM Level 3 Nataru, Pemprov Kepri Bakal Segera Keluarkan Surat Edaran

30 November 2021 - 14:02 WIB

Pemprov Kepri Pertimbangkan Syarat Antigen untuk Perjalanan di Kepri Selama Nataru

30 November 2021 - 13:46 WIB

Wawako Batam Serahkan SK Pengangkatan 130 PNS Lulusan Tahun 2019

30 November 2021 - 11:58 WIB

Trending di Warta