Menu

Mode Gelap
ads

Pojok · 18 Nov 2021 22:41 WIB

Dorong untuk Terus Bangkit, Lisa Yulia Bersama Akademi Melayu Dermawan Beri Pelatihan UMKM ‘dari Hulu ke Hilir’


Lisa Yulia bersama Akademi Melayu Dermawan memberi pengantar usaha kepada pelaku UMKM Batam. Foto: Ist/kepripedia.com Perbesar

Lisa Yulia bersama Akademi Melayu Dermawan memberi pengantar usaha kepada pelaku UMKM Batam. Foto: Ist/kepripedia.com

Sosok pengusaha muda, Lisa Yulia, ikut berbagi pengalaman dan ilmu usaha kepada para pelaku usaha dalam kegiatan ‘Inspiration Sharing Caring’ yang digelar Akademi Melayu Dermawan Batam.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Plut KUMKM Batam, Rabu (17/11) ini, Lisa bersama Akademi Melayu Dermawan mendorong adanya pendampingan terhadap pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM.

Menurutnya, UMKM mempunyai kontribusi yang penting sebagai salah satu penopang perekomian negara. Nyatanya, UMKM di berbagai daerah telah menunjukkan kontribusi besar pada pendapatan daerah.

“Saat ini para pelaku UMKM membutuhkan wadah dalam pembinaan dan pendampingan yang baik . Untuk itu Melayu Dermawan hadir dengan menciptakan program pendampingan dari hulu hingga hilir,” ungkap Lisa.

ads

Wanita yang merupakan President Director PT Pelayaran Kencana Global ini mengaku bersyukur Akademi Melayu Dermawan Batam menjadi bagian sejarah bagi pelaku UMKM menuju kebangkitan ekonomi umat melalui program-program ‘apik’ yang digelar.

Lisa Yulia saat sharing bersama pelaku UMKM. Foto: Ist/kepripedia.com

“Semoga dengan hadirnya kelas mentoring ini mampu meningkatkan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Batam, umumnya di Kepri serta lebih luas lagi di Indonesia,” tambahnya.

Lebih jauh, Lisa menyadari, selama dua tahun pandemi COVID-19, banyak sektor UMKM yang terdampak, baik dari segi produksi maupun penjualannya. Namun, ia meyakini kondisi pandemi yang terus melandai saat ini menjadi waktu yang tepat untuk para pengrajin kembali memompa semangatnya untuk terus bangkit.

Situasi COVID-19 yang melandai ini, lanjutnya, membuat ekonomi perlahan kembali bangkit dan inilah saat yang tepat untuk menekap pedal gas semangat sembari terus menambah ilmu melalui pelatihan seperti ini.

ads

“Saya yakin, dengan mulai membaiknya sektor ekonomi, konsumen mulai banyak yang kembali berbelanja produk-produk yang berhubungan dengan UMKM,” tuturnya.

Lisa juga mendorong para UMKM untuk terus berinovasi baik dari segi produksi, model, desain, packaging design maupun kualitas produknya. Selain itu, para pelaku UMKM diharapkan dapat saling berkolaborasi untuk memberikan nilai tambah terhadap produk-produknya.

“Sekali lagi, kami harap bapak ibu sekalian tidak patah semangat, tidak putus asa, tapi harus optimis kita semua bisa bangkit dari pandemi ini. Tetap jaga protokol kesehatan dengan ketat, dan semoga usaha yang kita lakukan terus berkembang dan ini semua seperti yang kita harapkan, yakni UMKM Batam bangkit,” ujarnya dihadapan para peserta memacu semangat.

Kegiatan yang penuh nuansa berwiraswasta ini diikuti sekitar 500 peserta yang terbagi menjadi beberapa gelombang pertemuan dalam kelas mentoring di Akademi Melayu Dermawan.

Selajutnya para UMKM ini diberikan kelas pelatihan khusus dengan cara mentoring dari hulu hingga hilir seperti pendaftaran, pelatihan, dan marketing.

Selain itu juga, peserta diberikan pendampingan dalam pengurusan izin dan sertifikasi usaha, market dan pemasaran, percepatan dan akslerasi usaha, hingga akses permodalan untuk kemajuan usaha.

Lisa Yulia (kiri) bersama Ilyas Karta (tengah) dan Marlina Ramli (kanan). Foto: Ist/kepripedia.com

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Perbakin Batam Gelar Kejuaraan Menembak, Dorong Bangkitkan Wisata

5 Desember 2021 - 19:26 WIB

Bandara dan Pelabuhan di Batam Diperketat Antisipasi Varian Baru COVID-19

4 Desember 2021 - 15:00 WIB

Babinsa Koramil 01/Balai Pererat Silaturahmi Bersama Warga Binaan

3 Desember 2021 - 18:46 WIB

Satgas COVID-19 Batam Ingatkan Warga Tak Lengah Protokol Kesehatan

3 Desember 2021 - 13:51 WIB

Kodim 0315/Bintan melalui Koramil 04/Dabo, Bantu Tenaga Kesehatan Cek Kesehatan Warga

2 Desember 2021 - 12:45 WIB

Antisipasi Penularan COVID-19, Babinsa Koramil 01/Balai Awasi Proses Pengunjung Pasar

29 November 2021 - 15:07 WIB

Trending di Pojok