Menu

Mode Gelap

Pojok · 29 Agu 2023 11:29 WIB

Gubernur Ansar Ahmad Dukung AEC Community Perkuat Peran dan Kemampuan UMKM


					Gubernur Ansar saat pengukuhan AEC Community se-Sumatera. Foto: Istimewa Perbesar

Gubernur Ansar saat pengukuhan AEC Community se-Sumatera. Foto: Istimewa

Gubernur Ansar Ahmad memberikan dukungan penuh kepada Al-Ahmadi Entrepreneurship Centre (AEC) sebagai wadah yang dapat membantu berkembangnya UMKM di Kepulauan Riau. Dia mengharapkan agar AEC mampu menjadi tempat lahirnya UMKM yang tidak hanya memiliki produk berkualitas, tetapi juga wawasan dan semangat seperti seorang entrepreneur sejati.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Ansar saat pengukuhan AEC Community se-Sumatera. Acara ini digelar di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, pada Senin, (28/08). Direktur Eksekutif AEC Lisya Anggraini mengukuhkan kepengurusan AEC Community dari berbagai wilayah, termasuk AEC Community Kepri, AEC Community Tanjungpinang, AEC Community Batam, AEC Community Bintan, AEC Community Tuah Duah Sebilik, dan AEC Community UMRAH.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan keyakinannya bahwa AEC akan terus berkembang dan maju. Pengukuhan AEC Community se-Sumatera menjadi tonggak penting bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Pemprov Kepri memberikan apresiasi atas keseriusan AEC memberikan pendampingan bagi UMKM ini, mengingat masa depan Kepri sangat tergantung pada sejauh mana persiapan Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar mengakui pentingnya mempersiapkan insan-insan Kepri agar dapat berperan sebagai pelaku ekonomi yang mampu menjaga keberlangsungan ekonomi di daerah. Dia juga menyoroti peran UMKM dalam menjaga keseimbangan ekonomi, terutama saat menghadapi fluktuasi ekonomi seperti pandemi Covid-19. Gubernur Ansar menggarisbawahi perlunya kerjasama dan pendampingan yang baik dalam mengembangkan potensi ekonomi daerah, serta mengatasi permasalahan klasik UMKM seperti akses permodalan, manajerial, aksesibilitas pasar, dan pembentukan kemitraan.

“Untuk memudahkan akses permodalan telah Pemprov Kepri canangkan dengan program subsidi bunga nol persen untuk pinjaman modal UMKM yang bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah,” jelas Gubernur Ansar.

Demi memberikan manfaat yang lebih besar bagi UMKM, Gubernur Ansar menjanjikan akan meningkatkan plafon kredit modal UMKM yang bunganya disubsidi Pemprov Kepri dari Rp20 juta menjadi Rp40 juta. Dirinya meminta pelaku UMKM untuk bersabar menunggu rencana tersebut sembari Pemprov Kepri dan BRK Syariah mempelajarinya.

Lisya Anggraini, dalam sambutannya, menjelaskan perbedaan pendekatan AEC dalam membantu UMKM untuk menjadi lebih kuat dan tangguh. AEC memiliki visi untuk menciptakan bisnis masa depan yang dapat diteruskan dan memiliki daya saing di pasar global. Dia menekankan pentingnya kolaborasi dengan langkah-langkah sederhana untuk menuju pengusaha yang sukses. Sebagai catatan, AEC telah berdiri sejak tahun 2009 dan mendapat dukungan luar biasa dari para pelaku usaha. Lisya Anggraini juga berbicara tentang niatan AEC untuk menjadikan Kepri sebagai pusat pengembangan UMKM dan menularkan semangat entrepreneur kepada masyarakat.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Digitalisasi UMKM antara AEC dengan sejumlah sekolah, yaitu SMK1 Batam, SMK 4 Tanjungpinang, dan SMK 1 Bintan. Dengan langkah ini, AEC akan semakin berperan dalam mendukung pengembangan UMKM di Kepri dan sekitarnya.

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Polsek Dabo Singkep Salurkan Bansos Kapolda Kepri ke Korban Kebakaran Rumah

15 Juli 2024 - 21:57 WIB

Penyerahan bansos korban kebakaran

Sutana-Zulfikar Terpilih Jadi Ketua dan Sekretaris AJI Tanjungpinang 2024-2027

1 Juli 2024 - 12:13 WIB

ketua dan sekretaris AJI Tanjungpinang terpilih

Turnamen Badminton Polres Bintan Sempena Hari Bhayangkara ke-78, Ini Pemenangnya!

28 Mei 2024 - 14:35 WIB

WhatsApp Image 2024 05 28 at 13.28.54

Pembangunan Markas Kepolisan Terpadu Dan Polsubsektor Galang Batang Diresmikan

21 Mei 2024 - 22:47 WIB

WhatsApp Image 2024 05 21 at 16.56.35

Cepat Tanggapi Laporan Warga, Komunitas Motor CCL Apresiasi Kinerja Lurah dan Puskemas Dabo Lama

21 Mei 2024 - 22:36 WIB

WhatsApp Image 2024 05 20 at 21.05.08

Hasan Masifkan Gerakan Menanam Tanaman Hortikultura di Jajaran ASN

7 Mei 2024 - 13:01 WIB

WhatsApp Image 2024 05 07 at 12.45.25
Trending di Pojok