kepripedia
Home / Nasional / Heboh Sekolah Wajibkan Siswi Nonmuslim Berjilbab, Kemendikbud Sebut Harus Disanksi Tegas

Heboh Sekolah Wajibkan Siswi Nonmuslim Berjilbab, Kemendikbud Sebut Harus Disanksi Tegas

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Pasca viralnya video siswi nonmuslim diwajibkan memakai jilbab di SMK Negeri 2 Padang yang menjadi sorotan berbagai pihak. Termasuk datang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud).

Kemendikbud turut menyesalkan kebijakan yang dianggap intoleran itu. Dan menyatakan harus ada sanksi tegas terhadap setiap pelaku yang terbukti melanggar peraturan di satuan pendidikan.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto. Pihaknya menilai kebijakan mewajibkan berjilbab di sekolah tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan secara nasional.

“Ketentuan mengenai pakaian siswa/siswi di satuan pendidikan telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Wikan dalam keterangan tertulisnya dikutip dari kumparan, Sabtu (23/1).

ads

Peraturan tersebut yakni Permen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Didalam peraturan itu tidak mewajibkan memakai model pakaian dengan kekhususan agama tertentu menjadi seragam sekolah.

Menurut Kemendikbud juga, sekolah tidak diperbolehkan membuat peraturan atau imbauan bagi peserta didik menggunakan pakaian model dengan mengkhususkan agama tertentu sebagai pakaian seragam sekolah.

baca selengkapnya di kumparan




Penulis: kumparan

Editor: Hasrullah

BERI KOMENTAR