Menu

Mode Gelap

Event · 2 Feb 2023 20:29 WIB

Ini Daftar Kalender Even Dinas Pariwisata Karimun Tahun 2023


					Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi. Foto: Istimewa Perbesar

Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi. Foto: Istimewa

Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, akan menggelar sejumlah even pada tahun 2023 untuk mendorong laju kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara.

Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Ahadian Zulseptriadi, mengatakan berbagai even yang akan dilaksanakan mencakup segmen seni dan budaya, musik, hiburan maupun jelajah wisata.

ADVERTISEMENT

“Totak tahun ini ada 12 even, kita berharap ini bisa mendorong angka kunjungan wisata, termasuk perekonomian di Kabupaten Karimun,” ujarnya, Kamis (2/2).

Adi menjelaskan, daftar even tersebut belum termasuk dari berbagai agenda yang akan dilaksanakan OPD maupun pihak swasta.

“Sementara untuk even dari OPD lain maupun swasta kami sedang lakukan pendataan,” jelasnya.

Berikut 12 even yang akan digelar Dinas Pariwisata tahun 2023:

1. Enjoy Karimun Tourism
Enjoy Karimun Tourism merupakan kegiatan ceremonial penyambutan wisatawan perdana di awal tahun yang diisi dengan pengenalan seni budaya, diantaranya pengalungan bunga, pemasangan tanjak, Tabur Beras Kunyit serta pembagian bunga telur kepada penumpang.

Kegiatan ini bertujuan sebagai apreasiasi dan harapan besar agar pengunjung baik lokal, Nusantara maupun Mancanegara semakin banyak berkunjung ke Kabupaten Karimun. Adapun pelaksanaan kegiatan yakni pada 1 Januari 2023 di Pelabuhan Internasional Karimun.

2. Enjoy Karimun Event
Enjoy Karimun Event merupakan wadah untuk pecinta musik, musisi maupun penikmat musik. Event ini akan menjadi daya tarik masyarakat dengan suguhan nuansa pertunjukan musik di hari- hari libur, seperti dalam kegiatan Car Free Day.

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin setiap bulannya, dan menjadi daya tarik masyarakat lokal, wisatawan nusantara dan mancanegara.

3. Event Dalam Negeri
Event Dalam Negeri merupakan suatu langkah promosi yang dilakukan untuk terus memperkenalkan dan menaikkan informasi wisata yang ada di daerah. Kegiatan ini, akan diselenggarakan di daerah- daerah di Kepri seperti Batam dan Tanjungpinang.

4. Jom Mancing
Kegiatan ini merupakan wadah bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing, untuk menjalin silahturahmi sesama pecinta mancing di Kabupaten Karimun.

ADVERTISEMENT

Jom Mancing, akan dilaksanakan pada Februari 2023 bertempat di Kolam Pancing Restu Bumi Kelurahan Teluk Uma.

5. Festival Lampu Hias Eid Mubarak
Kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 dengan menyuguhkan kemeriahan hiasan lampu pada malam hari di setiap jalan- jalan wilayah Karimun.

Kegiatan ini dapat menjadi hiburan wisata malam dan wisata budaya bagi masyarakat lokal, nusantara dan mancanegara. Untuk pelaksanaan kegiatan dijadwalkan akan digelar pada awal April 2023.

ADVERTISEMENT

6. Karimun Fair
Kegiatan Karimun Fair adalah wadah mempromosikan potensi wisata dan destinasi daerah kepada masyarakat luar daerah. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Jakarta pada Mei 2023.

7. Jelajah Wisata Karimun
Jelajah Wisata Karimun merupakan kegiatan promosi destinasi wisata di Karimun melalui olahraga gowes. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh masyarakat lokal, nusantara dan mancanegara dan digelar pada Agustus 2023 mendatang.

8. Karimun Band Festival 2023
Kegiatan ini merupakan pagelaran seni musik dan sebagai wadah silahturahmi bagi musisi di Karimun. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat dan menampung apresiasi generasi muda, menumbuh kembangkan semangat kebersamaan, motivasi dan sportifitas generasi muda di bidang kesenian.

Kegiatan ini akan dipusatkan di Coastal Area pada Agustus 2023.

9. Fun Walk
Fun Walk merupakan salah satu olahraga jalan santai yang dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kebugaran. Kegiatan ini diharapkan menjadi rekreasi murah bersama keluarga dan menjadi ajang silahturahmi serta menguatkan kebersamaan antara rekan kerja, teman sejawat, pimpinan dan masyarakat serta wisatawan. Fun walk dijadwalkan akan digelar pada Oktober 2023 atau bertepatan pada HUT Kabupaten Karimun.

10. Pelangi Budaya Nusantara
Pagelaran Pelangi Budaya Nusantara merupakan ajang mempromosikan seni dan budaya nusantara kepada masyarakat. Kegiatan ini akan diikuti peserta dari beberapa daerah di Indonesia, bahkan Negara- Negara tetangga akan ikut berpartisipasi memperkenalkan budaya Indonesia. Pelangi Budaya Nusantara akan dilaksanakan pada Oktober 2023 di Costal Area.

11. Lomba Jong
Jong merupakan salah satu permainan rakyat khas Kepulauan Riau. Bahkan, permainan rakyat satu ini, kerap kali dilaksanakan di daerah-daerah di Karimun. Selain melestarikan permainan rakyat, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memperlihatkan keindahan pantai dan wisata bahari di Karimun. Kegiatan ini dijadwalkan akan diselenggarakan pasa Juni 2023.

12. Karimun Mural Festival
Karya seni mural adalah sebuah karya seni lukis pada media permanen, seperti tembok, dinding dan permukaan permanen lainnya. Melalui kegiatan Karimun Mural Festival diharapkan dapat menjadi wadah meningkatkan kreatifitas dan penyaluran bakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Coastal Area Karimun pada akhir tahun nanti.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Batam Siap Jadi Tuan Rumah Open 10 Ball Championship 2024

26 Juni 2024 - 09:47 WIB

IMG 20240626 WA0032 11zon

Pemenang Turnamen Domino Polres Bintan Dapat Hadiah Kambing

30 Mei 2024 - 16:24 WIB

Pemenang turnamen domino Polres Bintan dapat hadiah kambing

Festival Ekonomi Syariah Sumatera 2024 Digelar di Batam

27 Mei 2024 - 11:39 WIB

Tabligh Akbar pada Festival Ekonomi Syariah atau FESyar Sumatera Tahun 2024

Kafilah Tanjungpinang di Pawai Ta’aruf MTQH ke-X, Usung Tema Kerajaan Melayu Pulau Penyengat

20 Mei 2024 - 17:52 WIB

IMG 20240520 WA0037 11zon

Pawai Ta’aruf Semarakkan MTQH Ke X Provinsi Kepri di Batam

20 Mei 2024 - 13:15 WIB

Pawai Taaruf MTQ Kepri

Pendaftaran Festival Lampu Colok di Karimun Dibuka hingga 1 April 2024

26 Maret 2024 - 15:22 WIB

IMG 20231002 WA0014 11zon
Trending di Event