Menu

Mode Gelap

Desa · 8 Sep 2023 08:17 WIB

Ini Dia Anggaran Rp40 Miliar untuk Program Listrik Seluruh Pulau di Kepulauan Riau Tahun 2024


					Petugas PLN Batam memperbaiki kabel listrik. Foto: Istimewa Perbesar

Petugas PLN Batam memperbaiki kabel listrik. Foto: Istimewa

Tanjungpinang – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah mengumumkan alokasi anggaran sebesar Rp40 miliar pada tahun anggaran 2024 untuk melanjutkan program listrik yang bertujuan mencakup seluruh pulau berpenghuni di daerah tersebut.

Menurut Kepala Dinas ESDM Kepri, Darwin, dari total 397 pulau berpenghuni di Kepri, masih terdapat sekitar 81 pulau yang belum memiliki akses listrik.

ADVERTISEMENT

“Rata-rata pulau yang belum teraliri listrik memiliki jumlah penduduk yang relatif kecil, dengan populasi di bawah 50 kepala keluarga,” ujar Darwin dalam konferensi pers di Tanjungpinang pada Rabu (6/9/2023).

Dalam upaya untuk memberikan penerangan listrik kepada pulau-pulau tersebut, Darwin menjelaskan bahwa jika pulau tersebut berjarak kurang dari 100 meter dari pulau yang sudah teraliri listrik, PLN akan memasang kabel melalui tower.

Namun, jika jaraknya lebih dari 100 meter, penyediaan solar home system akan diberikan kepada masing-masing rumah warga untuk memastikan mereka mendapatkan akses listrik.

“Ada sekitar sembilan pulau di Kota Batam yang belum memiliki listrik, dan akan menjadi prioritas intervensi kami,” tambah Darwin.

Selain itu, Darwin juga mengungkapkan rencana untuk membeli mesin pembangkit listrik di tahun 2024 guna mendukung proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) PLN komunal.

Ini bertujuan untuk meningkatkan jam nyala listrik di sejumlah pulau berpenghuni, terutama di Kota Batam, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Karimun. Dalam APBD Perubahan 2023, dana juga telah dialokasikan untuk pengadaan mesin pembangkit listrik untuk penerangan di Pulau Karas, Kota Batam.

“Masih ada tujuh subsistem PLN yang hanya menyala selama tujuh jam, sementara sembilan subsistem lainnya menyala selama 14 jam,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, Darwin mengungkapkan bahwa dari tujuh kabupaten/kota di Kepri, hanya Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas yang telah mencapai cakupan listrik desa/pulau sebesar 100 persen.

Meskipun beberapa kabupaten/kota lain masih menghadapi beberapa tantangan terkait listrik, Pemerintah Provinsi Kepri tetap optimis bahwa secara bertahap, seluruh pulau berpenghuni di daerah tersebut akan menikmati penerangan listrik.

(Nurjali)

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Desa Ekang Anculai dan Toapaya Selatan Ditetapkan Sebagai Desa Mandiri 2024

30 April 2024 - 13:15 WIB

Desa Wisata Ekang Bintan

Kepala BP Batam Komitmen Sediakan Hunian Bagi Masyarakat Rempang Galang

7 September 2023 - 08:02 WIB

IMG 20230906 WA0017 11zon

Cen Sui Lan Alokasikan Dana Aspirasi Rp 500 Juta untuk Pembangunan Jalan 2 Desa di Natuna

12 Juni 2023 - 15:32 WIB

Masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Cen Sui Lan atas pembangunan jalan 2 desa di Natuna

Nelayan di Desa Busung Panjang Lingga Terima Bantuan Alat Tangkap

7 Maret 2023 - 21:29 WIB

Kades Busung Panjang menyerahkan bantuan alat tangkap
Trending di Desa