Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 28 Okt 2023 22:18 WIB

Investor Kembangkan Pulau Katang Lingga sebagai Wisata Berbasis Masyarakat


					Investor Kembangkan Pulau Katang Lingga sebagai Wisata Berbasis Masyarakat Perbesar

Investor PT DHE Katang Indonesia bakal mengembangkan Pulau Katang Lingga yang berada dalam wilayah Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, sebagai kawasan wisata kelas dunia berbasis masyarakat.

“Pulau ini dulunya merupakan pulau kosong yang bakal disulap menjadi kawasan wisata berkelas dunia dengan tetap melibatkan masyarakat tempatan,” kata Direktur Utama DHE Katang Indonesia Dedik Kusbianto usai peletakan batu pertama pembangunan resorr di Pulau Katang Lingga, Sabtu, 28 Oktober 2023.

ADVERTISEMENT

Ia mengatakan, dukungan dari pemerintah daerah Lingga baik dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa , ubtuk perusahaan mengelola pulau tersebut sangat luar biasa dan pihaknya merasa aman untuk investasi di Katang Lingga.

Lainnya: DPRD Batam Rapat Paripurna Terkait Usulan Propemperda Batam 2024

Ia berharap lokasi wisata tersebut nantinya bisa mendongkrak pariwisata khususnya di Lingga dan perekonomian masyarakat sekitar khususnya untuk Benan dan Katang Bidare.

Ia menjelaskan, pertama kali mendatangi pulau yang berhadapan dengan Pulau Benan itu pada Juni 2019 sudah langsung tetarik karena panorama alamnya yang indah dan posisi pulau yang menjadi pintu gerbang Kabupaten Lingga.

Melihat kondisi itu ia bertekad untuk membangun pulau kosong berpasir putih itu dengan melibatkan masyarakat tempatan.

“Keberadaan kami disini alhamdulillah diterima baik masyarakat dan dari awal dalam rencana membangun pulau ini kami telah bertekad untuk melibatkan warga terutama masyarakat Desa Benan,” kata Dedik.

Itu sebabnya, dalam membangun resort dengan anggaran Rp600 miliar lebih dalam masa tiga tahun pihaknya akan merekrut 70 persen tenaga kerja dari masyarakat tempatan.

ADVERTISEMENT

“Itu sebabnya pulau ini dari awal kami rancang tidak dijadikan private island tetapi keberadaan pulau ini diharapkan dapat menjadi penunjang ekonomi daerah ini,” katanya.

Ia mengatakan, ada 105 bangunan resor yang akan dibangun pada lahan seluas 73 hektare dan direncanakan pada kwartal kedua 2024 sudah busa menerima tamu.

Camat Katang Bidare, Khimat Awal yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan kehadiran investor dalam membangun Pulau Katang Lingga telah berdampak baik pada kecamatan tersebut.

ADVERTISEMENT

Lainnya: Pemprov Kepri Bakal Perbaiki Layanan Pengawasan Ketenagakerjaan, Ikuti Rekom Ombudsman

“Saya sebagai Camat yang mewakili pemerintah daerah di wilayah ini, kami berbesar hati ada investor tanam modal di sini,” katanya.

Menurut dia, untuk mendukung kehadiran investor, sesuai dengan kebijakan Bupati Lingga yang memberikan kemudahan dalam urusan perizinan yang diperlukan penanam modal.

ADVERTISEMENT

Pihaknya dan masyarakat siap mendukung pengembangan pariwisata di Katang Lingga.

Dukungan yang diberikan pihaknya tidak hanya rasa aman bagi pengunjung pulau dan pengelola tapi juga akan ada rute transportasi dari dan ke Katang Lingga.

“Selama ini rute ke Katang Lingga tidak ada, kami sudah koordinasi dengan operator kapal untuk daoat melayani dan singgah di Katang Lingga,” katanya.

Selain itu pihaknya juga sudah berbucara dengan PT PLN (Persero) untuk penyediaan listrik di pulau tersebut.

“Jaringan listrik memang masih menjadi masalah terutama di Benan yang belum 24 jam hidup. Kami sudah bertemu PLN dan mereka akan turun untuk survei tidak hanya Benan tapi juga Katang Lingga,” katanya.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Pelaku IKM di Bintan Meningkat 3 Kali Lipat

16 April 2024 - 17:17 WIB

Ilusstrasi Industri Kecil Menengah IKM

Warga Serbu Gerakan Pasar Murah di Stadiun Badang Perkasa Karimun

1 April 2024 - 13:12 WIB

IMG 20240401 085130 11zon

LKPj APBD Bintan 2023: Pendapatan Capai Target, IPM dan Angka Kemiskinan Menurun

29 Maret 2024 - 13:24 WIB

IMG 20240329 WA0009 resized 20240329 064717782 11zon

Disperindag Karimun Gelar Operasi Pasar di Teluk Uma: Harga Gas 3 Kg Hanya Rp 20 Ribu

19 Maret 2024 - 13:29 WIB

IMG 20240319 WA0004 11zon

BPR Bintan Berikan Dividen Rp 1,8 Miliar ke Pemkab Bintan

14 Maret 2024 - 22:33 WIB

Direktur Utama Perumda BPR Bintan Radhiah Razak

H-1 Ramadhan 1445 H, Stok Cabai Merah Pedagang di Pasar Puan Maimun Karimun Habis

11 Maret 2024 - 16:51 WIB

Pedagang cabai di Pasar Baru Tanjungpinang
Trending di Ekonomi Bisnis