Menu

Mode Gelap

Nasional · 9 Okt 2021 20:32 WIB ·

Kabar Baik! Arab Saudi Buka Pintu Warga Indonesia Pergi Umrah


 Ilustrasi Umrah. Foto: Shutterstock Perbesar

Ilustrasi Umrah. Foto: Shutterstock

Setelah lama dikenakan travel ban oleh pemerintah Arab Saudi dan lobi panjang Pemerintah Indonesia, kini muncul angin segar bagi muslim di tanah air untuk pergi ke tanah suci menjalankan ibadah Umrah.

Kabar baik ini disampai langsung oleh Menteri Luat Negeri, Retno L Marsudi, dalam konferensi pers, Sabtu (9/10).

Menlu Retno menerangkan jika dibukanya pintu ke tanah suci ini disebabkan oleh perkembangan penanganan COVID-19 Indonesia yang dinilai semakin baik.

Ia mengungkapkan, jika hal itu dituangkan dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, tertanggal Jumat (8/10). Disitu, pemerintah Arab menyampaikan beberapa hal terkait pengiriman jemaah umrah dari Indonesia.

ads

Meski demikian, tanggal dimulainya secara pasti masih belum ditentukan. Sementara saat ini masih dalam tahap pembahasan oleh berbagai pihak terkait di kedua negara.

“Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah,” ujar Menlu Retno.

ads

Dijelaskannya, kedua pihak (Indonesia-Arab Saudi) dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia. Termasuk berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah.

Lebih jauh, Menlu Retno menerangkan jika dalam nota diplomatik Kedubes Arab Saudi itu juga tengah mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari, bagi jemaah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang disyaratkan.

“Tentunya kabar baik ini akan ditindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya. Kemlu akan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan dan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan yang baru ini,” tambahnya.

Jauh sebelumnya, diketahui Indonesia dikenakan travel ban oleh Arab Saudi sejak Februari 2021 lalu akibat tingginya kasus COVID-19 di Indonesia.

Dengan adanya larangan terbang langsung tersebut, Indonesia tak bisa mengirimkan jemaah umrah. Sementara itu, Arab Saudi sendiri telah membuka umrah untuk masyarakat internasional sejak Agustus lalu.

Berita ini dikutip dari kumparan.com

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Penulis:

Editor: Hasrullah


Baca Lainnya

Libur Maulid Nabi Digeser Jadi 20 Oktober, Ini Pedoman Perayaannya di Masa Pandemi

19 Oktober 2021 - 01:44 WIB

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 1 November

19 Oktober 2021 - 00:44 WIB

Sah! Pemerintah Batal Terapkan PPN Sembako dan Pendidikan

8 Oktober 2021 - 07:29 WIB

Kementerian ESDM: Ada 2.741 Titik Pertambangan Ilegal di Indonesia

28 September 2021 - 07:38 WIB

Pesta Pernikahan Skala Besar dan Konser Mulai Diperbolehkan

27 September 2021 - 22:09 WIB

Menaker Targetkan Bantuan Tenaga Kerja Mikro untuk 100 Ribu UMKM di Tahun 2021

26 Agustus 2021 - 13:54 WIB

Trending di Nasional