Menu

Mode Gelap
ads

Pojok · 8 Nov 2021 11:07 WIB

Kala SDN 010 Batam Disulap Bernuansa Hijau


Kala SDN 010 Batam Disulap Bernuansa Hijau Perbesar

Ratusan siswa-siswi bergantian masuk di gerbang Sekolah Dasar Negeri (SDN) 010, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau sejak mulai tatap muka Senin (27/9) lalu.

Di antara siswa-siswi itu mata mereka melirik sana sini ke sudut lingkungan sekolah yang mereka rasa ada berubah total. Itu mereka rasakan nuansa sekolah berubah hijau dan cat penyekat kian warna warni.

“Wah hijau semua dahulu kita lihat pohon kecil dan sekarang dah mulai besar. Itu lihat cat tembok warna warni, sekolah baru,” ucap Putri seorang siswi, Kamis (4/11) kemarin.

Ia begitu terpesona melihat area taman dan lingkungan sekolah yang dua tahun berlalu mereka tinggalkan sudah jauh berubah bersih.

ads

Taman-taman dikelilingi sekilas pohon yang ukuran antara 4-5 meteran membuat aroma sekolah kian redup. Ketika berada di dalam para siswa-siswi akan merasa betah.

“Senang sekali, nyaman rasanya saat berada di (sekolah) dengan nuansa baru ini,” imbuh dia.

Sejatinya belajar diusia dini itu di sekolah bukan fokus ke buku dan bimbingan guru saja. Namun lingkungan juga berpengaruh iklim dalam menempuh pendidikan.

Sekedar diketahui sudah hampir dua tahun proses belajar secara daring dilakukan oleh para murid dan guru. Hal itu untuk menekan penyebaran virus corona.

ads

Seiring berjalan waktu kasus COVID-19 di Batam kian melandai turun dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengizinkan proses Pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat Sekolah Dasar (SD) dibuka SMP.

Namun, pemerintah mengizinkan proses belajar tatap muka ini tetap dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Di sekolah disediakan tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu atau Thermal gun untuk mengindentifikasi tanda-tanda virus corona. Bahkan para guru dan siswa juga wajib gunakan masker dan jaga jarak.

Selain itu, proses belajar dibagi menjadi dua shift pelajaran, yaitu dari pukul 07.20 – 10.00 WIB, kemudian pada shift kedua pada pukul 13.00 – 15.30 WIB.

“Tujuan ini untuk mempersempit ruang gerak penyebaran virus corona. Serta tidak timbul klaster baru di sekolah,” ujar Kepala SD 010, Daozar.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Sekolah Dasar (SD) dibolehkan belajar tatap muka dengan kapasitas hanya 50 persen dari total siswa.

Hal itu guna mencegah penyebaran virus corona dan tidak menjadi cluster baru. Sisi lainnya orang tua murid wajib tanda tangan surat untuk mengizinkan anaknya belajar tatap muka.

Terdapat 371 satuan pembelajaran SD dan SMP, negeri dan swasta, yang menjalankan proses belajar tatap muka.

“Semua dibuka 100 persen dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad belum lama ini.

Sementara itu, Ketua Komite SDN 010, Johan Nababan, menambahkan sekolah SD 010 ini tergolong favorit di Kelurahan Sei Lekop. Itu sengaja disulap jadi nuansa hijau setelah sekian lama tidak ada aktivitas.

Awalnya melihat kotoran sekolah karena tak tak ada aktivitas belajar. Kemudian timbul ide bersama kepala sekolah untuk berbenah melakukan pengecatan halaman sekolah hingga merampingkan seluruh tamanan.

“Ini tujuan agar anak didik supaya betah dan nyaman saat di lingkungan sekolah. Karena mereka sudaha lama tak masuk sekolah,  ketika masuk ada hal yang baru gitu,” ucap dia.

Ia berharap kehadiran nuansa baru itu dapat memicu semangat belajar para murid di saat pandemi COVID-19, tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Baca Lainnya

Arlon Veristo Pimpin DMI Batu Aji

27 November 2021 - 19:48 WIB

Muscab DMI Kecamatan Batu Aji

Ansar Ahmad Raih 2 Penghargaan Kepala Daerah Berprestasi dari 2 TV Nasional

25 November 2021 - 10:23 WIB

Satlantas Polres Lingga Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Tukang Ojek

24 November 2021 - 16:39 WIB

Pemeriksaan Kesehatan Tukang Ojek Satlantas Polres Lingga

Bhakti TNI, Kodim 0317/TBK Rehab Rumah Milik Warga di Karimun

22 November 2021 - 17:16 WIB

kepripedia.com Resmi Terverifikasi Faktual Dewan Pers

22 November 2021 - 14:48 WIB

Akademi Melayu Dermawan, Dampingi UMKM di Kepri dari Hulu hingga Hilir

19 November 2021 - 13:25 WIB

Trending di Pojok