kepripedia
Home / Event / Kantor Bahasa Kepri Gelar Pelatihan Komunikasi Literasi

Kantor Bahasa Kepri Gelar Pelatihan Komunikasi Literasi

Kantor Bahasa Kepri melaksanakan pelatihan komunikasi literasi. Pelatihan digelar selama tiga hari di Hotel Karimun City sejak, Senin (15/3).

Kepala Kantor Bahasa Kepri, Asep Juanda, mengatakan bahwa adanya banyak sumber literasi yang bisa diperoleh. Dia mencontohkan, salah satunya adalah Raja Ali Haji di Tanjung pinang.

Dia mengatakan, ini bisa menjadi salah satu rujukan para generasi muda untuk meningkatkan pengetahuan. Khusunya literasi sejarah yang ada di Kepulauan Riau.

“Salah satu sejarah literasi berasal dari Kepri, yaitu Raja Ali Haji di Tanjung pinang. Oleh karena itu, Kepri diharapkan akan menjadi sumber literasi muda sebagai generasi penerus termasuk di Kabupaten Karimun,” ungkap Asep.

ads

Menurutnya, literasi merupakan salah satu kunci kemajuan sebuah bangsa. Ia menilai saat ini tingkat literasi di Indonesia sangat rendah, sehingga banyak usaha penguatan yang dilakukan, salah satunya adalah transformasi perpustakaan Nasional Republik Indonesia sejak Tahun 2018.

“Gerakan literasi harus memiliki tujuan dan target yang jelas, bukan sekedar seremoni saja,” ucapnya.

Dalam pelatihan ini, juga dilakukan pelantikan Pengurus Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kabupaten Karimun, yang diikuti sebanyak 35 peserta dari pelaku Forum TBM se-Kabupaten Karimun.



Penulis: Khairul Siregar

Editor: Hasrullah

BERI KOMENTAR