Warta ยท 19 Okt 2021 17:09 WIB

Kementerian Perindustrian Latih 100 Pekerja Bidang Las di Bintan


Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membuka pelatihan 3 in 1 berbasis kompetensi di PT.Bintan Industrial Inti Estate (BIIE). Foto: Istimewa Perbesar

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membuka pelatihan 3 in 1 berbasis kompetensi di PT.Bintan Industrial Inti Estate (BIIE). Foto: Istimewa

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membuka pelatihan 3 in 1 berbasis kompetensi di PT.Bintan Industrial Inti Estate (BIIE) kawasan industri Lobam kabupaten Bintan, Selasa (19/10).

Pelatihan ini, digelar oleh Kementerian Perindustrian sebagai wujud nyata peran serta pemerintah dalam menyiapkan tenaga kerja industri yang handal dan kompeten sesuai kebutuhan industri.

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kompetensi SDM agar siap bersaing dan menekan angka pengangguran.

Gubernur Ansar, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kemenperin yang telah melaksanakan program pelatihan tersebut di Kepri, khususnya Kabupaten Bintan.

ads

Menurut Ansar, untuk mengembangkan ekosistem ekonomi di bidang industri, sejumlah sektor yang harus didorong. Yakni, teknologi, investasi, regulasi serta pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Maka, pelatihan ini sangat perlu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan para pekerja kedepan,” ucapnya.

Ia menerangkan, jika dikaitkan dengan visi misi Gubernur 2021-2026, program pelatihan tersebut sudah sangat sesuai. Khususnya dalam mewujudkan Kepri yang makmur, berdaya saing dan berbudaya.

“Melalui kegiatan ini, juga mewujudkan misi kita dalam meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing dan sehat. Apalagi, yang kita latih ini adalah masyarakat Kepri, Hal ini menjadi daya saing kita guna mendorong investasi,” kata Ansar.

ads

Sementara itu, Kepala Bidang pelatihan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arief Fadillah, mengatakan program Pelatihan yang dilaksanakan sesuai arahan Bapak Presiden yang menyatakan pembangunan nasional harus difokuskan pada pembangunan SDM yang berkualitas.

“Untuk itu, perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih masif,” ujarnya.

Era revolusi industri 4.0 yang saat ini tengah dijalani kata Arief, menuntut SDM yang handal dan cepat beradaptasi, serta mampu mengimplementasikan teknologi digital.

“Untuk itu diperlukan pembekalan keterampilan dasar, peningkatan keterampilan (upskilling) atau pembaruan keterampilan (reskilling) bagi para tenaga kerja yang didasarkan pada kebutuhan dunia industri,” paparnya.

Ia menambahkan, Diklat 3 in 1 yang dilaksanakan di Kawasan Industri Lobam Bintan itu, juga sebagai salah satu langkah penanggulangan dampak Pandemi COVID-19.

Dengan tersedianya tenaga kerja industri kompeten diharapkan utilitas industri akan dapat kembali meningkat dan menyerap tenaga kerja untuk mengurangi jumlah PHK di sektor industri.

“Selain meningkatkan kemampuan industri, program ini juga wujud nyata Kerjasama Pemerintah pusat dan mitra industri di daerah,” ucapnya.

Sementara itu, General Manager PT BIIE Aditya Laksana, mengatakan program pelatihan 3 in 1, merupakan bentuk Kerjasama badan pengembangan industri dengan LPK.Bintan Cakrawala di bidang peningkatan kemampuan.

“Pelatihan ini diikuti oleh 100 peserta yang bekerja di PT BIIE, Lagoi, Pertamina dan Galangan kapal di Bintan,” sebunya.

Pelatihan lanjut Aditya akan dilaksanakan 14 hari sebelum dilakukan ujian sertifikasi BNSP.

Pihaknya juga berharap, melalui pelatihan yang digelar di Kawasan Industri-Bintan itu akan meningkatkan skill pekerja yang sudah memiliki kemampuan dasar namun belum memiliki sertifikasi sebelumnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung

Penulis: | Editor: Wak JK


ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Waspada COVID-19 Varian Omicron yang Lebih Cepat Menular

8 Desember 2021 - 20:50 WIB

Didemo Buruh Soal UMK, Gubernur Ansar: Berunjukrasalah dengan Tertib

8 Desember 2021 - 18:53 WIB

Pemulangan PMI Melalui Batam Diperketat Antisipasi Varian Omicron

8 Desember 2021 - 18:39 WIB

Para PMI Tiba di Batam melalui Pelabuhan Batam Center

Satgas: 7.000 PMI dari Malaysia Akan Pulang Melalui Batam

8 Desember 2021 - 18:21 WIB

Dandim 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan

Berniat Kabur, Pelaku Cabul di Batam Ditangkap di Atas Kapal Tujuan Meranti

8 Desember 2021 - 17:13 WIB

Koramil 01/Balai Gelar Binter dan Binfung

8 Desember 2021 - 16:56 WIB

Trending di Warta