Menu

Mode Gelap

Politik · 7 Mar 2022 09:00 WIB ·

Kolaborasi Dua Kendaraan Muhammad Rudi Datangi Kabupaten/Kota di Kepri


 Kepala BP Batam Muhammad Rudi. Foto: Dok BP Batam Perbesar

Kepala BP Batam Muhammad Rudi. Foto: Dok BP Batam

ADVERTISEMENT
advertisement

Mantan Polisi yang mengundurkan diri setelah memilih menjadi pengusaha tersebut, kian moncer setelah terpilih dua periode memimpin Kota Batam, yang merupakan kota metropolis yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Karir politiknya dimulai ketika terpilih sebagai anggota DPRD Kota Batam dan kemudian dilanjutkan menjadi Wakil Wali Kota Batam.

Memimpin dua posisi yang paling strategis di Kepulauan Riau yaitu sebagai Wali Kota Batam dan Kepala Badan Pengusaha Batam, tentu menjadikan kekuatan super power baginya sebagai orang yang paling diperhitungkan dalam Politik di Kepulauan Riau saat ini.

Bahkan beberapa pengamat menilai kekuatan yang dimiliki Muhammad Rudi saat ini melebihi kekuatan orang nomor satu di Kepulauan Riau. Salah satu pembandingnya adalah pengelolaan anggaran dimana Muhammad Rudi mengelola dua anggaran besar, yang melebihi anggaran yang dikelola oleh Gubernur Kepulauan Riau saat ini.

Pada tahun 2022 ini Muhammad Rudi sebagai Wali Kota Batam, mengelola anggaran perbelanjaan daerah (APBD) Rp3,218 triliun yang sudah di sahkan oleh DPRD Kota Batam. Sementara di Badan Pengusahaan (BP) Batam yang dulunya bernama Otorita Batam, pada tahun 2022 ini mendapat kucuran dana sebesar 2,27 triliun dari anggaran perbelanjaan negara (APBN).

ADVERTISEMENT
advertisement

Jika di bandingkan dengan gubernur, APBD Kepulauan Riau pada tahun 2022 hanya sebesar Rp3,870 triliun yang harus di kelola oleh Gubernur Kepulauan Riau. Meski mendapat alokasi APBN sebesar Rp14,3 triliun namun anggaran tersebut merupakan anggaran dana transfer untuk Dana Desa (DD) sebesar Rp7,42 triliun dan belanja program kementerian/lembaga yang dilaksanakan di Kepri sebesar Rp6,68 triliun, yang pengelolaannya tentunya tidak begitu banyak melibatkan gubernur secara langsung.

“Sebagai Wali Kota Batam dan Kepala BP Batam, Haji Muhammad Rudi telah melakukan pembangunan infrastruktur secara masif di saat pembangunan sektor konstruksi yang sedang sulit akibat pandemi COVID-19. Di mana, sektor konstruksi swasta masih belum normal bergerak,” celetuk Joko Mulyono, Ketua Gabungan Pengusaha Indonesia (Gapensi) Kota Batam, saat memberikan penghargaan Bapak Pembangunan kepada Muhammad Rudi.

ADVERTISEMENT

Muhammad Rudi saat di Kabupaten Karimun. Foto: MCBatam

Dua Organisasi Kendaraan Safari Politik Menuju Kepri 1

Meskipun pemilihan kepala daerah masih berlangsung sekitar satu tahun lebih lagi, namun pemanasan mesin-mesin politik partai baik di level nasional hingga di daerah sudah mulai terlihat begitu santer.

ADVERTISEMENT

Termasuk di Kepulauan Riau, pasca dilantikan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama dengan wakilnya Marlin Agustina yang merupakan istri dari Muhammad Rudi, hubungan keduanya terlihat tidak begitu harmonis.

Hal itu membuat beberapa elite di Kepulauan Riau berpendapat bahwa hubungan tersebut, tentunya menjadi salah satu sebab Muhammad Rudi semakin diperhitungkan untuk bertarung mendapatkan posisi orang nomor satu di Kepulauan Riau.

Selama periode Desember 2021 sampai dengan Februari 2022 ini, sedikitnya sudah dua kabupaten dan satu kota yang datangi Muhammad Rudi melakukan berbagai agenda silaturahmi yang berbalut dengan kegiatan sosial bagi-bagi sembilan bahan pokok di tengah pandemi.

ADVERTISEMENT

Kedua organisasi yang dijadikannya kendaraan untuk menyambangi kabupaten dan kota yang ada di Kepulauan Riau tersebut, adalah sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kepulauan Riau dan Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Kepulauan Riau.

Rudi dipilih dan dilantik menjadi Ketua DMI Kepulauan Riau, pada tanggal 15 Desember 2021 yang dilantik langsung oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia yang juga mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla. Sementara dirinya menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Kepulauan Riau pada Februari 2020, yang dilantik langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

“Saya percaya ekonomi akan berkembang baik kalau kader Nasdem Muhammad Rudi ada di dalamnya, terutama yang ada di eksekutif maupun legislatif,” kata Surya Paloh saat melantik Muhammad Rudi pada Minggu (23/2/2020).

ADVERTISEMENT

Muhammad Rudi saat berada di Kota Tanjungpinang bertemu dengan masyarakat Bintan dan Tanjungpinang. Foto: MC Batam

Keliling Ibukota Kepulauan Riau

Dimulai dari kota kelahirannya Tanjungpinang, mungkin kota ini tidak asing baginya, karena jarak antara Tanjungpinang dan Batam hanya satu jam melintasi laut. Namun pada awal tahun 2022 kedatangan Muhammad Rudi menjadi luar biasa dan menjadi perbincangan banyak elit dikala itu.

Berbekal sebagai Ketua dewan masjid Indonesia, dirinya menghadiri Musda DMI Kota Tanjungpinang, hal tersebut tentu lumrah bagi seorang ketua provinsi melantik ketua kabupaten/kota. Namun dalam kegiatan tersebut, disinyalir ada pencitraan politik yang dilakukan oleh Muhammad Rudi yang difasilitasi oleh Wali Kota Tanjungpinang yang juga kader Partai Nasdem.

Bagaimana tidak sebelum menghadiri Muscab DMI Kota Tanjungpinang, Muhammad Rudi terlebih dahulu menghadiri kegiatan silaturahmi dengan Ketua RT dan RW se- Kota Tanjungpinang, sebagai tokoh masyarakat Kota Tanjungpinang. Di hari yang sama Muhammad Rudi juga memberikan arahan kepada para ASN di Kota Tanjungpinang, sebagai narasumber untuk menjadikan Kota Tanjupinang lebih maju.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Peran RT dan RW sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah kepada masyarakat sangat vital, Bapak Muhammad Rudi adalah putra terbaik Kota Tanjungpinang, dirinya berhasil membangun Batam dan selayaknya berbagi ilmu kepada kampung kelahirannya,” ujar Rahma usai kegiatan silaturahmi tersebut.

Kemudian pada bulan Februari 2022 Muhammad Rudi menyambangi beberapa titik di Kabupaten Karimun, kabupaten ini merupakah jumlah pemilih terbanyak ketiga setelah Kota Batam dan Kota Tanjungpinang.

Di Kabupaten Karimun Rudi menghadiri kegiatan Isra Mi’raj dan juga Tabligh Akbar yang digelar terpisah di beberapa tempat di Kundur, Kabupaten Karimun.

“Kehadiran saya ingin bersilaturahmi dengan bapak ibu sekalian, ayo kita sama-sama berubah ke hal yang lebih baik. Ini tanamkan dalam diri kita semua,” ujar Muhammad Rudi di hadapan masyarakat Desa Kundur, yang dikutip dari Media Centre Kota Batam.

Tidak sampai disitu setelah keliling Kabupaten Karimun, hari berikutnya Muhammad Rudi bertandang ke Kabupaten Bintan, yang merupakan basis masa Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau yang saat ini kabupaten tersebut dipimpin anak kandungnya. Sebelum dijabat anaknya Ansar Ahmad juga merupakan Bupati Bintan dua periode.

Di Kabupaten Bintan Muhammad Rudi menghadiri beberapa agenda yang sudah dijadwalkan yaitu sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang meninjau langsung pembangunan Masjid Al Mujahidin. Kemudian dilanjutkan dengan bersilaturahmi dengan masyarakat dan Kader Partai Nasdem di Kabupaten Bintan, yang juga diselingi dengan kegiatan sosial bagi-bagi sembako.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 113 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Ketua DPD Golkar: Ansar Sebut Berdasarkan Usulannya dan Keikhlasan Hati Sang Istri

14 Mei 2022 - 15:07 WIB

Rizki Faisal Gantikan Dewi Kumalasari Jabat Wakil Ketua I DPRD Kepri

12 Mei 2022 - 21:08 WIB

Bawaslu Mulai Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

30 April 2022 - 13:23 WIB

AHY Lantik Asnah Jabat Ketua DPD Demokrat Kepri, Langsung Bahas Target Pemilu 2024

11 April 2022 - 20:46 WIB

Resmi Dilantik Ketua DPD Demokrat Kepri, Asnah Sebut Siap Maju Wali Kota Batam

11 April 2022 - 20:41 WIB

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Pendidikan Politik, Jamin Hak Pilih Penyandang Disabilitas

25 Maret 2022 - 14:51 WIB

Trending di Politik
advertisement