Menu

Mode Gelap
ads

Sosial Budaya · 16 Nov 2021 16:40 WIB

Komunitas Basiba Sumbar Hadir di Kepri, Yuk Intip Programnya


Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina menghadiri pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri. Foto: Ist/kepripedia.com Perbesar

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina menghadiri pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri. Foto: Ist/kepripedia.com

Pengurus Komunitas Basiba Sumatera Barat (Sumbar) Kepulauan Riau (Kepri) resmi dilantik, di Mall Botania 2 Minggu (14/11).

Pelantikan perdana Komunitas Basiba Sumbar (KBS) Kepri ini dihadiri langsung Ketua Umum sekaligus Pendiri Basiba Sumbar, Titi Ramayati, dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, selaku pembina Komunitas Basiba bersama Betty Asmeri.

Ketua Komunitas Basiba Kepri, Lisa Yulia, mengungkapkan, Komunitas Basiba ini dibentuk dengan latar belakang merawat dan melestarikan budaya baju Basiba di Kepri.

Baju Basiba sendiri merupakan baju kurung wanita khas Minangkabau dengan beragam-macam ciri khas Tingkuluak di kepala.

ads

“Dengan terbentuknya komunitas ini, diharapkan bisa membantu UMKM yang ada di Kepri dan Sumbar,” ujar Lisa kepada kepripedia, Selasa (16/11).

Wanita yang juga merupakan pengusaha muda di Kota Batam ini menyebutkan melalui komunitas ini bisa menciptakan pengusaha baru di bidang UMKM.

Menurutnya, ada begitu banyak permintaan untuk baju Basiba ini. Selain itu juga Tingkuluak, tas, dan aksesoris lainnya yang banyak diminati.

“Kita akan buka pelatihan UMKM secara gratis,” ujarnya.

ads

Komunitas Basiba Sumbar Kepri. Foto: Istimewa/kepripedia.com

Lisa menambahkan, baju adat selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman). Di tengah semangat memulihkan ekonomi dari sektor pariwisata, komunitas Basiba ini dapat menjadi salah satu pendorong untuk menarik wisman ke Batam, Kepri khususnya.

“Jadi ini merupakan kesempatan perempuan minang untuk bersatu melestarikan budaya dan menjadi motivasi di berbagai bidang,” tambahnya.

Selain memiliki program di sektor ekonomi, komunitas ini juga membuat program-program sosial. Salah satunya yang sudah terealisasi mendirikan Rumah Tahfidz Sultan Barelang, Batam.

Komunitas Basiba Sumbar Kepri. Foto: Istimewa/kepripedia.com

“Terima kasih kepada bundo Hj Betty Asmery, Titi Ramayati dan bundo-bundo Basiba Kepri lainnya yang telah mempercayakan kami menjadi ketua Basiba Kepri untuk melestarikan budaya minangkabau di Kepri. Semoga bisa memberikan kontribusi luar biasa bagi masyarakat,” tutupnya.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, menyebutkan pakaian Komunitas Basiba banyak kesamaan dengan adat melayu.

“Baju Basiba ini lurus saja dan tidak membentuk tubuh dan ini adalah baju yang betul-betul membuat kita (perempuan) nyaman memakainya,” katanya.

Marlin pun berharap kepada para pengurus Komunitas Basiba Sumbar Kepri yang baru dilantik ini dapat mengembangkan budaya-budaya Sumatera Barat.

“Mudah-mudahan komunitas ini bisa berkembang hingga ke daerah-daerah lainnya di Provinsi Kepulauan Riau. Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung penuh upaya dalam pengembangan budaya,” imbuhnya.

Senada juga disampaikan Ketua Komunitas Basiba Sumbar, Titi Rahmayati. Ia mengatakan, sangat berterima kasih karena organisasi yang didirikannya di Sumatra Barat ini dapat diberi tempat dan berkiprah di Provinsi Kepri.

“Hari ini kita lantik kepegurusan Komunitas Basiba Sumatra Barat Cabang Provinsi Kepri. Semoga teman-teman kita yang dilantik hari ini dapat bersinergi dengan semua pengurus, anggota dan SKPD di Kota Batam serta Provinsi Kepri,” ujarnya.

Selain itu ia berharap para pengurus Komunitas Basiba Cabang Provinsi Kepri dapat bersinergi dengan ninik mamak, cerdik pandai, alim ulama di Kota Batam dan Provinsi Kepri.

Untuk diketahui, pada kesempatan yang sama setelah Basiba Sumbar Kepri dikukuhkan, Lisa Yulia juga melantik Komunitas Basiba Sumbar Cabang Tanjung Pinang yang diketuai oleh Guspendi Eri.

Ketua Komunitas Basiba Sumbar Kepri, Lisa Yulia, bersama Ketua Komunitas Basiba Kepri cabang Tanjungpinang, Guspendi Eri menandatangai pengukuhan. Foto: Ist/kepripedia.com

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Wagub Kepri Dianugerahi Gelar Dato Wira Indera Puteri

27 November 2021 - 19:56 WIB

3 Pahlawan Nasional Ini Dimakamkan di Kepri

10 November 2021 - 16:19 WIB

Musim Menduyok, Momen Nelayan di Anambas Berburu Gurita

7 November 2021 - 14:09 WIB

Malam Ini Gedung Aisyah Sulaiman Kembali ‘Siuman’

28 Oktober 2021 - 14:50 WIB

Menilik Tradisi Mandi Safar, Daya Tarik Kampung Terih di Batam

7 Oktober 2021 - 17:11 WIB

Bulang Cahaya Terbesar di Kepri, Dipastikan Terbang

24 September 2021 - 12:34 WIB

Trending di Event