Menu

Mode Gelap

Warta · 20 Okt 2023 09:14 WIB

Lewat IJD, Cen Sui Lan Pastikan Bangun Jembatan Permanen Sei Lepan di Bintan Tahun 2024


					Cen Sui Lan meninjau jembatan di Kampung Sei Lapan Bintan, Minggu (15/10). Foto: Istimewa Perbesar

Cen Sui Lan meninjau jembatan di Kampung Sei Lapan Bintan, Minggu (15/10). Foto: Istimewa

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) Cen Sui Lan mengungkapkan ingin membangun jembatan permanen Kampung Sei Lepan, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan. Cen Sui Lan segera mewujudkan jembatan permanen Sei Lepan sebagai penghubung tiga kecamatan di Kabupaten Bintan ini lewat Inpres Jalan Daerah (IJD) atas intervensinya, pada tahun 2024 nanti.

Daerah aliran sungai di Kampung Sei Lepan sudah menjadi keluhan masyarakat setempat, sejak lama. Awalnya, sungai ini belum ada jembatan. Bahkan anak-anak daerah ini menggunakan sampan tradisional ketika ingin berangkat ke sekolah. Kemudian, sempat disediakan pokcai penyeberangan.

ADVERTISEMENT

Dan kini, sungai ini dibangun jembatan kayu sebagai akses penghubung Kampung Sei Lepan, Desa Kuala Sempang ke daerah lain, atau sebaliknya. Pemerintah desa sudah sering mengajukan pembangunan jembatan permanen. Namun, belum terwujud. Aspirasi itu pun disampaikan kepada Cen Sui Lan .

Cen Sui Lan pun langsung meninjau lokasi jembatan penghubung beberapa desa di Kampung Sei Lepan, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan tersebut, Minggu (15/10) lalu.

Cen pun tampak sangat prihatin melihat kondisi jembatan kayu sepanjang 76 meter yang dibangun untuk kedua kalinya ini. Dalam kunjungan kerja reses ini, Cen Sui Lan mendengarkan penjelasan dari Mohd Hatta Kepala Desa Kuala Sempang.

Mohd Hatta Kades Kuala Sempang menyampaikan, saat ini, pemerintah desa mengalokasikan anggaran Rp180,7 juta untuk pembangunan jembatan kayu di Kampung Sei Lepan itu. Jembatan sementara dari kayu itu dibangun di RT002/RW002 Kampung Sei Lepan.

Jembatan tersebut menghubungkan Desa Kuala Sempang ke Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam. Selain itu, jembatan ini juga menghubungkan ke Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara. Serta menghubungkan ke Desa Sebong Pereh, Kecamatan Teluk Sebong. Jembatan ini berfungsi mengkoneksikan atau menghubungkan tiga kecamatan di Kabupaten Bintan.

“Ini jembatan sementara saja Bu. Ini kami gunakan APBDes bersumber dari Pajak Bagi Hasil (PBH) sebesar Rp180,7 juta saja. Hanya jembatan darurat saja Bu. Tolong bantu kami Bu. Sejak Indonesia merdeka, belum dibangun jembatan permanen,” ungkap Hatta Kades Kuala Sempang yang juga turut mendampingi Ashar Ketua Lam Kecamatan Seri Kuala Lobam.

Ashar tokoh masyarakat tersebut pun berharap kepada Cen Sui Lan agar ini diwujudkan pembangunan jembatan permanen di Kampung Sei Lepan, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan ini.

ADVERTISEMENT

“Kami sangat butuh pembangunan jembatan di sini Bu Cen,” ujar Ashar menguatkan usulan Mohd Hatta Kades Kuala Sempang.

kondisi memprihatinkan jembatan kayu kampung sei lepan desa kuala sempang kecamatan seri kuala lobam kabupaten bintan saat cen sui lan reses minggu lalu f suaraserumpun.com

Kondisi jembatan Sei Lapan yang memprihatinkan. Foto: Istimewa

Cen Sui Lan yang merupakan wakil rakyat Kepri di Senayan tersebut langsung merespon dan ingin membangun jembatan permanen Sei Lepan.

ADVERTISEMENT

“Rencana usulan pembangunan jembatan permanen di Kampung Sei Lepan, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan itu segera memasuki tahap penyiapan Readiness Criteria (RC). Saya sudah tinjau Minggu kemarin, ketika melakukan reses ke Kabupaten Bintan,” kata Cen Sui Lan kepada media, Rabu (18/10/2023).

Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Terpopuler ini mengatakan, jembatan Sei Lepan tersebut sangat fungsional. Selain sebagai penghubung atau konektivitas tiga kecamatan di Bintan, yaitu Seri Kuala Lobam, Teluk Sebong dan Bintan Utara, juga bisa meningkatkan sektor pariwisata di 3 kecamatan tersebut.

“Ada lokasi wisata pantai, wisata danau biru yang luar biasa di sana. Ini harus kita bangun jembatan permanen, agar potensi wisata itu berkembang,” tegas Cen Sui Lan.

ADVERTISEMENT

Cen Sui Lan menyatakan, dirinya segera memproses pengajuan pembangunan jembatan permanen Sei Lepan ini. Cen Sui Lan segera meminta pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR agar secepatnya menyiapkan Readiness Criteria (RC).

“Agar bisa diproses untuk dianggarkan pada Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun anggaran 2024,” demikian disampaikan Cen Sui Lan.

“Untuk detailnya, kita tunggu hasil RC, DED dan RAB dari BPJN Kepri,” sebut Cen Sui Lan menambahkan.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Polda Kepri Bangun Markas Terpadu di KEK Galang Batang

21 Mei 2024 - 17:46 WIB

IMG 20240521 WA0012 11zon

Kebun Warga di Karimun Diserang Wabah Ulat Bulu

21 Mei 2024 - 15:59 WIB

IMG 20240521 153916 11zon

Rutan Karimun Buka Inovasi Layanan Kunjungan Hari Minggu Khusus Anak Sekolah

20 Mei 2024 - 14:21 WIB

IMG 20240520 WA0033 11zon

4 Personel Polres Bintan Terima Penghargaan di Upacara HARKITNAS 2024

20 Mei 2024 - 13:28 WIB

WhatsApp Image 2024 05 20 at 12.35.19

Syiar MTQH ke-X Tahun 2024 Kota Batam, PWI Kepri Goes ke Karimun

18 Mei 2024 - 15:41 WIB

IMG 20240518 WA0016 11zon

Target Penerimaan Pajak Sepeda Motor di Tanjungpinang Rp 52,5 Miliar

18 Mei 2024 - 12:27 WIB

IMG 20231009 WA0010 11zon
Trending di Warta