kepripedia
Home / Pojok / Lindungi Warga, Damkar Bintan Evakuasi Ngengat Pembunuh

Lindungi Warga, Damkar Bintan Evakuasi Ngengat Pembunuh

Petugas membereskan sarang tawon. Foto: Istimewa

Tim Damkar Bintan Utara (Binut) mengevakuasi sarang ngengat pembunuh jenis tawon vespa yang berada di semak tepi jalanan, tepatnya di Gang Salak, Desa Lancang Kuning-Bintan. Sarang itu dievakuasi karena dikhawatirkan membahayakan pengendara yang melintas.

Kasubag TU UPT Damkar Bintan Utara, Panyodi, mengatakan, keberadaan sarang tawon itu dilaporkan oleh seorang warga. Posisi sarangnya berada di sebalik semak-semak namun dekat dengan akses jalanan.

“Banyak warga melihat tawon berterbangan ketika melintasi Gang Salak. Ini sangat membahayakan jadi harus segera dievakuasi,” ujar Panyodi.

Evakuasi sarang bersama tawonnya itu dilakukan oleh personil berpakaian khusus pada Sabtu (5/6). Dimulai dari pukul 10.30-11.00 WIB.

ads

Setelah dievakuasi, sarang tersebut langsung dimusnahkan di tempat lain agar tidak ada korban yang disengat oleh tawon tersebut.

“Yang dikawatirkan itu terkena anak-anak. Namun sekarang sarang tawon itu sudah dimusnahkan sehingga Gang Salak sudah nyaman dilalui,” katanya.

Untuk diketahui bersama, tawon vespa adalah lebah umum yang berada di Asia di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Dari kacamata lebih luas, negara-negara yang marak dengan tawon jenis vespa ini seperti, Hong Kong, Taiwan, Sri Lanka, Burma, Thailand, Laos, Viatnam, Malaysia, Singapura, hingga Filipina.

Sebagaimana informasi yang disadur dari kompas, tawon merupakan jenis predator yang memangsa larva serangga lain. Sengatan dan racun yang dimiliki itu sebenarnya dipakai untuk pertahanan atau melindungi diri dan kelompoknya yang diganggu. Sengatan tawon ini bisa mematikan, apabilan disengat cukup banyak. Tawon hidup secara berkelompok. Dalam satu sarang bisa terdapat ratusan hingga ribuan individu tawon.

ads

Tawon jenis Vespa affinis adalah tawon sosial yang paling dikenal di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Tawon ini mempunyai ukuran besar dengan panjang sekitar tiga sentimeter. Tubuhnya berwarna hitam dengan tanda kekuningan pada wajah, dada, dan ujung perut.

Biasanya tawon Vespa Affinis ini akan menyerang dan menyengat beramai-ramai. Akan saat ada individu tawon menyarang maka akan mengeluarkan feromon berbahaya atau alarm Pheromone. Penanganan Penanganan harus cepat dilakukan saat disengat tawon.

Jika disengat banyak tawon, segera mungkin dibawa ke tim kesahatan untuk memperoleh penangananan lebih lanjut. Bila korban mengalami edema paru akut atau penumpukan cairan di paru, maka tata laksana edema paru akan diberikan. Bila mengalami gagal ginjal, maka akan diberi tata laksansa ginjal, seperti hemodialisis.

Warga diminta untuk tidak bertindak sendiri saat melihat sarang tawon. Karena itu sangat berbahaya. Segera melapor ke petugas keamanan atau pemerintah untuk bertindak.



Penulis: Ismail

Editor: Yoan S N

BERI KOMENTAR