Pojok · 16 Nov 2021 17:57 WIB

Lisa Yulia, Pengusaha Muda Berdarah Minang Nakhodai Basiba Sumbar Kepri


Lisa Yulia menandatangi pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri disaksikan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. Foto: Ist/kepripedia.com Perbesar

Lisa Yulia menandatangi pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri disaksikan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. Foto: Ist/kepripedia.com

Komunitas Basiba Sumatera Barat – Kepulauan Riau resmi dilantik, Minggu (14/11) kemarin. Komunitas bergaung kebudayaan Minang di Bumi Segantang lada ini dipimpin oleh seorang pengusaha muda, Lisa Yulia.

Pada kesempatan itu, Lisa Yulia selaku Ketua Komunitas Basiba Kepri ini mengungkapkan, rasa terima kasihnya atas kepercayaan orang-orang tua di Komunitas Basiba yang telah memberikannya kepercayaan untuk berkiprah melestarikan kebudayaannya.

“Terima kasih kepada bundo Hj Betty Asmery, Titi Ramayati dan bundo-bundo Basiba Kepri lainnya yang telah mempercayakan kami menjadi ketua Basiba Kepri untuk melestarikan budaya minangkabau di Kepri. Semoga bisa memberikan kontribusi luar biasa bagi masyarakat,” ungkap Lisa.

Wanita yang dikenal lemah lembut ini pun menerangkan, Komunitas Basiba sendiri dibentuk dengan latar belakang merawat dan melestarikan budaya baju Basiba di Kepri. Baju Basiba sendiri merupakan baju kurung wanita khas Minangkabau dengan beragam-macam ciri khas Tingkuluak di kepala.

ads

Ia menyebutkan melalui komunitas ini, diharapkan menjadi fasilitas untuk menciptakan pengusaha baru di bidang UMKM khususnya di sektor kebudayaan. Karena menurutnya, ada begitu banyak permintaan untuk baju Basiba ini. Termasuk juga Tingkuluak, tas, dan aksesoris lainnya yang banyak diminati.

“Dengan terbentuknya komunitas ini, diharapkan bisa membantu UMKM yang ada di Kepri dan Sumbar. InsyaAllah kita akan buka pelatihan UMKM secara gratis,” ujarnya.

Ketua Komunitas Basiba Sumbar – Kepri bersama ibunda. Foto: Ist/kepripedia.com

Ia menambahkan baju adat selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman). Di tengah semangat memulihkan ekonomi dari sektor pariwisata, komunitas Basiba ini dapat menjadi salah satu pendorong untuk menarik wisman ke Batam, Kepri khususnya.

ads

“Jadi ini merupakan kesempatan perempuan minang untuk bersatu melestarikan budaya dan menjadi motivasi di berbagai bidang,” tambahnya.

Selain memiliki program di sektor ekonomi, komunitas ini juga membuat program-program sosial. Salah satunya yang sudah terealisasi mendirikan Rumah Tahfidz Sultan Barelang, Batam.

Baca: Komunitas Basiba Sumbar Hadir di Kepri, Yuk Intip Programnya

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, yang turut hadir dalam pengukuhan Komunitas Basiba Sumbar Kepri hari itu, menyebutkan bahwa pakaian Komunitas Basiba memiliki banyak kesamaan dengan baju adat melayu.

“Baju Basiba ini lurus saja dan tidak membentuk tubuh dan ini adalah baju yang betul-betul membuat kita (perempuan) nyaman memakainya,” katanya.

Marlin pun berharap kepada para pengurus Komunitas Basiba Sumbar Kepri yang baru dilantik ini dapat mengembangkan budaya-budaya Sumatera Barat.

“Mudah-mudahan komunitas ini bisa berkembang hingga ke daerah-daerah lainnya di Provinsi Kepulauan Riau. Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung penuh upaya dalam pengembangan budaya,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama setelah Basiba Sumbar Kepri dikukuhkan, Lisa Yulia, juga melantik Komunitas Basiba Sumbar Cabang Tanjung Pinang yang diketuai oleh Guspendi Eri.

Ketua Komunitas Basiba Sumbar Kepri, Lisa Yulia, bersama Ketua Komunitas Basiba Kepri cabang Tanjungpinang, Guspendi Eri menandatangai pengukuhan. Foto: Ist/kepripedia.com

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung

Penulis: | Editor: Hasrullah


ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Tenaris Serahkan Donasi untuk Pendidikan di Batam Total Rp 532 Juta

8 Desember 2021 - 23:39 WIB

Karya Bakti TNI AD, Jalan Gang di Kamboja Batam Kini Disemenisasi

7 Desember 2021 - 19:27 WIB

Jaga Penegakan Hukum di Perairan Batam, Imigrasi Batam Gelar Operasi Gabungan

7 Desember 2021 - 17:50 WIB

Operasi gabungan Imigrasi TPI Batam

BUBU Hang Nadim Gelar FGD Kembangkan Potensi Kawasan Bandara

6 Desember 2021 - 17:27 WIB

Dorong Capaian Vaksinasi COVID-19, Rutan Batam Gelar Vaksinasi Massal

6 Desember 2021 - 17:15 WIB

Babinsa Koramil 04/Tebing Jalin Komunikasi Sosial ke Pengrajin Batu Bata

6 Desember 2021 - 15:10 WIB

Trending di Pojok