Menu

Mode Gelap

Kiriman Pembaca · 14 Okt 2022 08:51 WIB

Manfaat Manajemen Kinerja Bagi Manajer

Tulisan ini tidak mewakili redaksi kepripedia. Seluruh properti dan isi merupakan tanggungjawab penulis


					Manfaat Manajemen Kinerja Bagi Manajer Perbesar


Ditulis oleh Stevi Nadiffa

Mahasiswa STIE Tanjungpinang


Seperti yang sudah diketahui, Manajemen Kinerja adalah ilmu atau proses dalam bentuk sistematis yang bertujuan untuk mengelola kinerja karyawan secara lebih efektif dalam mencapai misi dan tujuan dalam organisasi. Manajemen kinerja juga berfokus dengan kinerja dari suatu organisasi, dapartemen, dan karyawan.

Manfaat manajemen kinerja bagi seorang manajer adalah sebagai sarana membantu dan merancang strategi yang lebih sistematis dan efektif. Manajemen kinerja bagi menajer juga berperan penting dalam mengupayakan harapakn perilaku dengan peluang waktu secara berkualitas, yang memperbaiki kinerja tim dan individual, Karena didalam pencapaian di suatu organisasi akan menunjukkan hasil kerja yaitu sebagai performa organisasi.

ADVERTISEMENT

Manfaat manajemen kinerja bagi manajer yaitu antara lain : mengusahakan klarifikasi kinerja serta harapan perilaku, menawarkan peluang dengan menggunakan waktu secara berkualitas, memperbaiki kinerja dalam tim dan individu, mengusahakan penghargaan nonfinansial bagi staf – staf, mengusahakan untuk membantu karyawan yang kinerjanya rendah, berguna untuk pengembangan individu, mendukung dalam kepemimpinan, proses motivasi serta pengembangan tim, mengusahakan kerangka kerja dalam meninjau kembali kinerja dan tingkat kompensasi di dalam suatu organisasi.

Tetapi tidak hanya itu, manajemen kinerja juga memperhatikan manfaat atau adanya dampak dari hasil kerja karyawan. Dampak hasil kerja dapat bersifat positif bagi organisasi, akan tetapi dengan adanya dampak tersebut juga bisa berakibat negatif, dampak kinerja bagi suatu organisasi juga merupakan manfaat yang dapat diperoleh diluar produk atau keluaran langsung kinerja.

Di sisi lain juga, ada banyak manajer yang khawatir untuk melaksanakan manajemen kinerja bagi karena adanya kemungkinan menimbulkan resistensi bagi karyawan sehingga nantinya akan memaksakan untuk menjalankan manajemen kinerja yang nantinya akan dapat menimbulkan konflik. Namun, perlu disadari juga bahwa komunkasi juga diperlukan sebagai alat untuk pengendalian pekerjaan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

Para manajer umunya juga khawatir akan meningkatnya beban administrasi berkaitan dengan pelaksanaan manajemen kinerja di dalam organisasinya, tetapi ini bisa dilakukan dengan diperlukan kesepakatan beersama serta adanya sosialisasi atas sarana yang perlu digunakan dalam menjalankan manajemen kinerja sehingga masing – masing pihak bisa memahami dengan baik peran dan fungsi dari masing – masing proses didalam manajemen kinerja.

Pada dasarnya karyawan tentu tidak akan menolak apabila mengetahui bahwa manajemen kinerja justru akan mambantu mereka untuk menjalankan tugas – tugas di dalam pekerjaannya. Dengan demikian, keberhasilan dalam menjalankan manajemen kinerja memerlukan persiapan sosialisasi dan komunikasi secara instensif antara manajer dan pekerja.

Gabung dan ikuti kami di :
Artikel ini telah dibaca 1,133 kali


whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Media Massa dan Propaganda dalam Ancaman Konflik di Laut China Selatan Terhadap Kedaulatan Indonesia

29 Mei 2024 - 15:20 WIB

Ilustrasi media massa dan konflik di laut china selatan

Senam Goyang Gemoy Prabowo-Gibran Daerah 3T Anambas

30 Januari 2024 - 13:06 WIB

Senam goyang gemoy prabowo gibran

Putusan MK Syarat Cawapres Diuji Rakyat dalam Pemilu Presiden 2024

17 Oktober 2023 - 16:10 WIB

Gedung Mahkamah Konstitusi

Dampak Jika Skripsi Dihapus sebagai Syarat Kelulusan Bagi Mahasiswa

27 September 2023 - 10:23 WIB

Ilustrasi skripsi

Berkolaborasi untuk Kemakmuran Bersama: Kontribusi MUI dalam Membangun Indonesia yang Maju Secara Ekonomi Melalui Keberagaman

18 Juli 2023 - 15:35 WIB

Muh arifin

Bahasa Indonesia Dalam Pengembangan Karakter di Masyarakat 

12 Juli 2023 - 13:50 WIB

cnxi7hlrdxhsyajwj8j0
Trending di Netizen