Menu

Mode Gelap

Nasional · 21 Feb 2022 17:19 WIB

Mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto Pimpin Lemhanas RI


					Pelantikan Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhanas RI. Foto: Biro Pers/Muchlis JR Perbesar

Pelantikan Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhanas RI. Foto: Biro Pers/Muchlis JR

Mantan Sekretaris Kabinet di era Presiden RI Ir. H. Joko Widodo – Muhammad Jusuf Kalla, Andi Widjajanto resmi diangkat menjadi Gubernur Definitif Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) setelah dilanti di Istana Negara, Jakarta (21/02).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 21/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

ADVERTISEMENT

Kepres yang ditetapkan Presiden di Jakarta pada tanggal 21 Februari 2022 tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Selain melantik Gubernur Lemhannas RI, pada kesempatan tersebut Presiden RI juga melantik Kepala Badan Pangan Nasional, yakni Arief Prasetyo Adi.

Presiden RI mengambil sumpah bagi Gubernur Lemhannas RI dan Kepala Badan Pangan Nasional.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden Joko Widodo saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Dalam sumpah tersebut juga tertuang bahwa kedua pejabat dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dalam keterangannya setelah pelantikan, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan arahan Presiden RI agar melakukan penguatan transformasi Lemhannas RI sehingga sesuai dengan tantangan geopolitik abad ke 21.

“Sehingga Lemhannas RI bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional serta menjadi dapur kajian strategis bagi presiden untuk isu-isu lokal, regional, dan global, serta Lemhannas menjalankan fungsinya untuk melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

ADVERTISEMENT

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Sekretaris Utama Lemhannas Komjen Pol. Purwadi Arianto.

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet pada tahun 2014-2015 dan Penasihat Senior Kantor Staf Kepresidenan pada tahun 2020-2022. Beliau juga merupakan dosen tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI).

Sederet pengalaman keanggotaan tercatat pernah diikuti beliau, di antaranya adalah menjadi Anggota Delegasi Indonesia dalam ASEAN Plus Three Forum Pemimpin Muda pada tahun 2000, Anggota Delegasi Indonesia dalam 1st Majelis Rakyat ASEAN pada tahun 2001, Anggota National Security Task Force pada tahun 2001 sampai tahun 2002, Anggota Kelompok Kerja Indonesia untuk Reformasi Sektor Keamanan pada tahun 2003 sampai tahun 2006, dan Anggota Kelompok Kerja Indonesia di Militer Restrukturisasi Bisnis pada tahun 2008.

ADVERTISEMENT

Beliau juga pernah menjadi Koordinator di Gerakan Non Blok Study Center, Dewan Editor Jurnal Politik Internasional Global, Direktur dan Direktur Eksekutif di Pacivis, Center for Global Civil Soociety Studies UI, Direktur Ekonomi Pertahanan di Institut Pertahanan dan Keamanan UI, Fasilitator Kelompok Kerja untuk Reformasi Intelijen Negara, dan Koordinator LAB45.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Sudah 20 Tahun Dibahas, RUU Daerah Kepulauan Tunggu Keinginan Politik Pemerintah

10 Juli 2024 - 12:11 WIB

Ilustrasi pulau pulau di Kepri

Tim Insiden Keamanan Internet Indonesia: Teknologi Cloud Nasional Sama dengan Asing

29 Juni 2024 - 15:51 WIB

ilustrasi cybersecurity

Server PDNS Diretas, Guru Besar IT: Tidak Ada Sistem yang Dijamin Keamanannya

27 Juni 2024 - 13:11 WIB

IMG 20240627 WA0003

Mulai Siapkan Diri, Ini Bocoran Jadwal Penerimaan CPNS 2024

7 Mei 2024 - 12:58 WIB

64fe8285acaaa

Pasca Sidang Sengketa di MK, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

24 April 2024 - 17:07 WIB

Ketua KPU dan Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka

Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada 10 April 2024

8 April 2024 - 22:51 WIB

PP Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H jatuh 10 April
Trending di Nasional