Menu

Mode Gelap

Kiriman Pembaca · 18 Jul 2022 22:37 WIB

Meningkatkan Kualitas Persahabatan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

Tulisan ini tidak mewakili redaksi kepripedia. Seluruh properti dan isi merupakan tanggungjawab penulis


					Meningkatkan Kualitas Persahabatan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Perbesar


Ditulis oleh Rakhmat Amir Anggeraja

Mahasiswi PPG Univ. Ahmad Dahlan Jogja


Sebagai makhluk sosial, manusia sangat membutuhkan kehadiran sesama manusia lain dalam kehidupan sehari-harinya. Termasuk memiliki sahabat yang selalu ada untuk kita dan akan membantu kita dikala susah. Apalagi  pada masa remaja awal merupakan masa-masa di mana memiliki keinginan untuk menjalin hubungan penuh keakraban baik di lingkungan bermainnya maupun di lingkungan sekolahnya. Hal ini sesuai dengan pendapat Sullivan bahwa kebutuhan untuk kedekatan meningkat pada masa remaja awal sehingga mendorong remaja untuk mencari teman dekat dengan cara membangun hubungan yang akrab (Fauziah, 2014). Namun, tak sedikit pula orang-orang dikecewakan dengan sahabatnya.

Banyak kasus yang terjadi, misalnya saja seperti penganiayaan sahabatnya karena merasa difitnah hingga membunuh sahabatnya karena merasa tersinggung (Kurniawan, dkk 2020). Kasus tersebut dapat terjadi jika individu belum memahami pentingnya kualitas persahabatan dan bagaimana cara menjalin persahabatan yang baik. Berdasarkan permasalahan yang muncul, sebagai upaya preventif maka Guru Bimbingan dan Konseling berperan untuk malakukan layanan dalam Bimbingan dan Konseling.

ADVERTISEMENT

Layanan yang dapat dilakukan yaitu melalui bimbingan kelompok yang mana merupakan suatu upaya memberikan bantuan untuk melakukan bimbingan yang dalam prosesnya memanfaatkan situasi kelompok/gabungan dari beberapa individu yang menjadi satu kesatuan utuh dalam lingkup kelompok (Fadilah, 2019). Salah satu teknik yang menarik dan dapat digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling pada saat pelaksanaan layanan bimbingan kelompok adalah teknik sosiodrama.

Teknik sosiodrama adalah suatu teknik mengajar di mana guru memberikan kesempatan kepada murid untuk melakukan kegiatan memainkan peran seperti yang terdapat dalam kehidupan masyarayat (Kurniawan, 2018). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan hubungan sosial siswa (Wulandari, 2019), meningkatkan kemampuan interpersonal siswa (Afandi, dkk 2019), meningkatkan perilaku prososial (Khotim, 2014), etc.

Pemaparan di atas dan adanya beberapa penelitian tersebut terkait dengan keefektifan penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama menunjukkan bahwa penggunaannya dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas persahabatan.

Gabung dan ikuti kami di :
Artikel ini telah dibaca 107 kali


whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Media Massa dan Propaganda dalam Ancaman Konflik di Laut China Selatan Terhadap Kedaulatan Indonesia

29 Mei 2024 - 15:20 WIB

Ilustrasi media massa dan konflik di laut china selatan

Senam Goyang Gemoy Prabowo-Gibran Daerah 3T Anambas

30 Januari 2024 - 13:06 WIB

Senam goyang gemoy prabowo gibran

Putusan MK Syarat Cawapres Diuji Rakyat dalam Pemilu Presiden 2024

17 Oktober 2023 - 16:10 WIB

Gedung Mahkamah Konstitusi

Dampak Jika Skripsi Dihapus sebagai Syarat Kelulusan Bagi Mahasiswa

27 September 2023 - 10:23 WIB

Ilustrasi skripsi

Berkolaborasi untuk Kemakmuran Bersama: Kontribusi MUI dalam Membangun Indonesia yang Maju Secara Ekonomi Melalui Keberagaman

18 Juli 2023 - 15:35 WIB

Muh arifin

Bahasa Indonesia Dalam Pengembangan Karakter di Masyarakat 

12 Juli 2023 - 13:50 WIB

cnxi7hlrdxhsyajwj8j0
Trending di Netizen