Menu

Mode Gelap

Warta · 17 Mei 2022 19:52 WIB

Pemprov Kepri Usulkan Renovasi Pasar Baru I Tanjungpinang ke Pusat


					Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau Pasar Baru I Tanjungpinang. Foto: Istimewa Perbesar

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau Pasar Baru I Tanjungpinang. Foto: Istimewa

Kondisi Pasar Baru 1 di kawasan Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, saat ini kian memprihatinkan. Sejak dibangun 32 tahun lalu, keberadaan Pasar Baru 1 Tanjungpinang tidak pernah direnovasi.

Atas dasar itu, Pemprov Kepri mengusulkan revitalisasi Pasar Baru I Tanjungpinang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada APBN Perubahan 2022. Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengatakan modernisasi pasar tesebut menjadi bagian dari penataan kota Tanjungpinang untuk membuat Ibukota Provinsi Kepri menjadi indah dan modern. 

ADVERTISEMENT

“Pasar baru Tanjungpinang sudah sangat mendesak untuk segera direvitalisasi, pasar baru Tanjungpinang membutuhkan modernisasi sehingga bisa representatif untuk menjadi pasar modern,” ujarnya saat rapat bersama Wali Kota Tanjungpinang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepri di ruang kerjanya, Pulau Dompak, Selasa (17/5).

Ia mengatakan, sesuai dengan Detail Engineering Detail (DED) yang telah disiapkan Pemko Tanjungpinang pembangunan pasar baru ini akan menelan anggaran sebesar Rp 74 miliar. Rencananya, Pasar Baru I Tanjungpinang akan dibangun tiga lantai, terdiri dari lantai semi basemen dan dua lantai diatasnya. 

Dimana, lantai semi basemen digunakan sebagai lokasi parkir kendaraan roda dua yang mampu menampung 174 unit kendaraan. Terdapat penyimpanan air baku untuk pemadaman kebakaran sebesar 80 meter kubik, musholla, ruang ibu menyusui, dan tempat penitipan anak. 

Selanjutnya, lantai satu direncanakan terdiri dari kios yang digunakan untuk pedagang sayur mayur dan bumbu, kemudian ada juga stand yang digunakan untuk pedagang daging basah. Sementara, lantai dua terdiri dari kios tanpa los yang dapat digunakan untuk pedagang baju. 

“Kami minta Pemko Tanjungpinang mendata dengan seksama jumlah pedagang yang ada di pasar baru sekarang, dan pedagang sudah ada tersebut nantinya mampu ditampung seluruhnya setelah pasar baru Tanjungpinang direvitalisasi,” pesan Ansar. 

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, menyebut setelah direvitalisasi Pasar Batu I Tanjungpinang akan memiliki total 927 lapak dan kios. Lebih banyak dibandingkan kondisi saat ini yang hanya menampung 710 pedagang. Sehingga dipastikan seluruh pedagang dapat tertampung setelah revitalisasi selesai. 
Ia juga sangat berharap dukungan dari Gubernur agar dapat meyakinkan pemerintah pusat terkait rencana revitalisasi tersebut. Dirinya mengaku siap datang bersama Gubernur Ansar ke Kementerian PUPR demi terwujudnya revitalisasi pasar baru Tanjungpinang. 

“Kami juga sudah menyiapkan rencana relokasi sementara untuk pedagang pasar baru yaitu di belakang kantor Disdukcapil Tanjungpinang di batu tujuh,” tambahnya. 

ADVERTISEMENT

Kepala BPPW Kepri, Fasri Bachmid, mengingatkan agar desain revitalisasi Pasar Batu I Tanjungpinang memperhatikan aspek lingkungan hijau termasuk sirkulasi udara dan cahaya di dalam pasar, dan keleluasan bergerak pengunjung pasar. 

“Pasar dengan konsep green building menjadi salah satu syarat jika ingin revitalisasi pasar baru Tanjungpinang dibiayai pemerintah pusat,” katanya. 

Tidak hanya pasar baru I, revitalisasi yang direncanakan Pemko Tanjungpinang juga meliputi pasar ikan KUD yang roboh beberapa waktu lalu.  Revitalisasi pasar baru Tanjungpinang juga menggabungkan konsep wisata dan belaja dalam rencananya.

ADVERTISEMENT
Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Momentum Idul Adha 1445 H, Lanal TBK Sembelih 4 Ekor Sapi dan 11 Ekor Kambing

18 Juni 2024 - 12:10 WIB

IMG 20240618 115755 11zon

Mahasiswa di Tanjungpinang Unjuk Rasa Tolak Tapera, RUU Penyiaran dan RUU TNI-Polri

15 Juni 2024 - 12:48 WIB

IMG 20240615 WA0038 11zon

Kepri Dapat 2 Ekor Sapi Kurban Sumbangan Presiden RI

14 Juni 2024 - 14:50 WIB

Ilustrasi sapi kurban

KPU Kepri Buka Penerimaan 5.906 Pantarlih, Honor Rp 1 Juta

14 Juni 2024 - 14:45 WIB

IMG 20240614 WA0016 11zon

Roby Ingatkan Jangan Ada Pungli Dalam PPDB SD dan SMP di Bintan

12 Juni 2024 - 15:08 WIB

IMG 20240612 WA0018 11zon

Permudah Akses Perizinan, KKP Asistensi Pemanfaatan Ruang Laut di Karimun

12 Juni 2024 - 15:02 WIB

IMG 20240612 WA0012 11zon
Trending di Warta