Menu

Mode Gelap

Warta · 28 Okt 2021 16:30 WIB

Perdana di Luar Pulau Jawa, PLN Luncurkan Kampung Kompor Induksi di Karimun


Pelucuran Kampung Kompor Induksi di Kelurahan Baran Barat Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Foto: Dok PLN Perbesar

Pelucuran Kampung Kompor Induksi di Kelurahan Baran Barat Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Foto: Dok PLN

PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Kampung Kompor Induksi di Kelurahan Baran Barat Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Rabu (27/10). Kampung kompor induksi ini merupakan program perdana PLN di luar Pulau Jawa yang akan dijadikan program percontohan bagi wilayah lain.

Senior Manager Niaga PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Haris Andhika, menyampaikan program ini adalah komitmen PLN untuk mendorong penggunaan kompor induksi di masyarakat.

“Ini merupakan komitmen PLN memasyarakatkan electrifying lifestyle sekaligus mewujudkan Kepri Energi Bersih,” kata Haris.

Dalam program kampung listrik, Haris mengatakan, konversi ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional karena mengubah penggunaan energi berbasis impor menjadi energi berbasis lokal. Haris juga menjelaskan bahwa penggunaan kompor induksi juga lebih efisien.

ads

“Hasil percobaan PLN menunjukkan, untuk memasak 1,5 liter air dengan menggunakan kompor induksi sampai dengan suhu 100 derajat celcius selama 11,3 menit sebesar 334 Rupiah, sementara menggunakan kompor gas selama 9,04 menit sebesar sekitar 438 Rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengungkapkan kedepan Pemprov Kepri akan memprogramkan Kompor Induksi supaya UMKM Kepri berjalan lebih baik, lebih aman dan lebih ramah lingkungan.

“Saya kira ini solusi bagus, untuk menyambut revolusi hijau agar lingkungan kita lebih baik. Dengan berkembangnya UMKM juga kita turut menjaga lingkungan,” ucapnya.

Ia melanjutkan, dengan motto Indonesia Mandiri Energi Dengan Menggunakan Kompor Induksi, Pemerintah Daerah selalu mendukung terhadap segala bentuk inovasi-inovasi BUMN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

ads

“Kita akan terus mendorong inovasi-inovasi berbagai pihak, termasuk BUMN dalam upaya-upaya peningkatan ekonomi agar masyarakat lebih sejahtera. Ini juga nantinya akan mendukung program pembangkitan ekonomi kita” tambah Gubernur Ansar.

Program Kampung Kompor Induksi di Karimun ini merupakan program perdana PLN di luar Pulau Jawa yang akan dijadikan program percontohan bagi wilayah lain.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Mulai Desember Ini, Layanan Kemoterapi di RSUP RAT Sudah Layani Peserta BPJS Kesehatan

4 Desember 2021 - 15:31 WIB

RSUP Raja Ahmad Tabib di Tanjungpinang

Aksi Berbagi Bunga Anak Difabel di Karimun

4 Desember 2021 - 13:43 WIB

Vaksinasi COVID-19 Serentak BINDA Kepri di 3 Lokasi

4 Desember 2021 - 12:21 WIB

Tanggapan Komisi III DPRD Kepri Terkait Pemadaman Listrik di Batam

3 Desember 2021 - 21:56 WIB

Irwansyah DPRD Kepri

Komisi II DPRD Kepri Monitoring Samsat Batu Aji

3 Desember 2021 - 19:02 WIB

Bansos COVID-19 Masih Masuk Dalam APBD 2022

3 Desember 2021 - 18:18 WIB

Trending di Warta