Menu

Mode Gelap

Event · 24 Sep 2021 12:22 WIB ·

Pertama di Dunia, Peluncuran Buku dari Langit


 cover buku para penulis yang dipastikan lolos seleksi oleh panitia FSIGB untuk disertakan dalam peluncuran buku dengan layang-layang. f-dok.panitiafsigb Perbesar

cover buku para penulis yang dipastikan lolos seleksi oleh panitia FSIGB untuk disertakan dalam peluncuran buku dengan layang-layang. f-dok.panitiafsigb

Ada yang istimewa dalam pelaksanaan tahun ke-4 Festival Internasional Gunung Bintan (FSIGB) kali ini. Terlepas dari tingginya antusias para pelaku dan penikmat sastra, gaung pelaksanaan FSIGB ini juga dipastikan sampai di pelosok dunia.

Kabar tersebut dibenarkan lansgung oleh panitia pelaksana FSIGB, Irwanto yang mengaku bahwa peluncuran buku sastra secara serentak ini diikuti oleh peserta dari seluruh dunia.

“Antusias sangat tinggi, sayangnya kami harus selektif, harena hanya 100 buku pilihan yang akan diluncurkqan dari langit Kota Gurindam Tanjungpinang,” ujarnya kepada kepripedia, Jumat (24/9).

Selain Irwanto, Mul Akhyar juga memastikan bahwa peluncuran buku dari langit ini merupakan kali pertama di dunia. Dikemas secara matang tanpa melepas unsur tradisi masyarakat melayu yang sudah menjadi siri khas dari Yayasan Jembia Emas.

ads

“Peluncuran bukunya pakai layang-layang ini pertama di Indonesia bahkan di dunia, panjangnya sekira 100 meter. Ada sekitar 100 layang-layang, dimana pada setiap layang-layang terdapat satu cover buku sebagai simbol peluncuran,” kata Mul.

Untuk diketahui bersama, peluncuran buku dari langit ini hanyalah bagian kecil dari sederet pelaksanaan kegiatan FSIGB. Dimulai pada malam ini, Jumat, 24 September di pelataran kolam renang Hotel Aston. Pembukaan FSIGB juga disemarakkan dengan kehadiran sejumlah petinggi Kepri yang beranu unjuk kebolehan dalam membacakan bait puisi.

ads

Sementara, pada keesokan harinya, Sabtu 25 September. FSIGB melanjutkan agenda dengan menggelar seminar sastra lintas negara, yang dikemas secara hybrid di studio multimedia Muhamad Yusuf Ahmadi, Perpustakaan plat merah milik pemprov Kepri.

Untuk pelaksanaan peluncuran buku dari langit, bisa disaksikan di pelataran Rimba Jaya Tanjungpinang yang ditemani dengan panorama laut Negeri Pantun.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Penulis:

Editor: Redaksi


Baca Lainnya

HAKLI Gelar Lomba Video Kreatif Gerakan Mencuci Tangan

11 Oktober 2021 - 21:55 WIB

Besok, KSR PMI Umrah Bakal Gelar Donor Darah

9 Oktober 2021 - 13:19 WIB

Menilik Tradisi Mandi Safar, Daya Tarik Kampung Terih di Batam

7 Oktober 2021 - 17:11 WIB

Bulang Cahaya Terbesar di Kepri, Dipastikan Terbang

24 September 2021 - 12:34 WIB

Kesenian Tradisi Boria Pulau Penyengat yang Kian Punah

16 September 2021 - 16:30 WIB

Tudung Manto dan Gasing Lingga Sah Jadi Hak Kekayaan Intelektual Komunal Lingga

14 September 2021 - 10:57 WIB

Trending di Sosial Budaya