Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 21 Mar 2022 22:03 WIB ·

Polda Kepri Musnahkan 55 Gram Sabu dan 2,8 Kg Ganja


 Petugas dan tersangka melakukan pemusnahan sabu. Foto: Dok Polda Kepri. Perbesar

Petugas dan tersangka melakukan pemusnahan sabu. Foto: Dok Polda Kepri.

ADVERTISEMENT
advertisement

Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri musnahkan 55,5 gram narkotika jenis sabu dan 2.887 gram (2,88 kg), Senin (21/3).

Barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil proses penindakan kasus narkoba di bulan Maret 2022. Kasus ini berasal dari 2 laporan polisi dengan jumlah tersangka 2 orang.

ADVERTISEMENT
advertisement

″Berdasarkan dari 2 Laporan Polisi dengan jumlah tersangka 2 orang berinisial MN dan J serta berdasarkan Surat Hasil pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik, surat dari Kejaksaan Negeri Batam tentang Ketetapan status barang sitaan Narkotika maka pada hari ini kita laksanakan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja,” ujar Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Kepri Kompol Henry Andar H Sibarani, dalam keterangan tertulisnya.

Dijelaskannya, adapun total keseluruhan barang bukti sabu merupakan hasil penangkapan tersangka MN di pintu keluar Harbour Bay pada Jumat, 21 Januari 2022 lalu.

ADVERTISEMENT
advertisement

Tersangka MN yang diamankan kemudian digeledah dan ditemukan 1 bungkus plastik bening yang diketahui belakangan sebagai narkoba di saku kiri celananya bagian depan.

Setelah diperiksa lebih lanjut barang haram yang dibawa tersangka MN ini seberat 67,5 gram. Lalu sebanyak 10 gram disisihkan untuk dikirim ke Laboratorium Balai Pom Kepri, 2 gram untuk pembuktian di persidangan.

ADVERTISEMENT

“Sisanya 55,5 gram dimusnahkan ini,” ujarnya.

Sementara itu barang bukti ganja merupakan hasil penangkapan tersangka berinisial J yang diamankan di pinggir jalan Simpang Lampu Merah, di Tanjungbalai Karimun, pada 27 Februari lalu.

Penangkapan tersangka J berdasarkan inforasi dan laporan yang ditindaklanjuti. Setelah diamankan, kepada petugas J mengaku menyimpan ganja di rumahnya di Kecamatan Meral, Tanjungbalai Karimun.

ADVERTISEMENT

Dari penggeledahan ditemukan 3 bungkus plastik putih berisikan daun yang disimpan di dalam koper. Dimana dirincikan, 1 bungkus plastik bening yang berisikan ganja, 1 buah gunting, 1 buah lakban warna coklat, 11 lembar kertas nasi warna coklat, dan 1 buah koper warna hitam.

PS. Paur I Subbid Penmas Bid Humas Polda Kepri, Ipda Zia Ul Hak menambahkan, pemusnahan terhadap barang bukti sabu dilakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air panas dan dibuang ke dalam septictank. Sementara narkotika jenis ganja dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Proses pemusnahan disaksikan langsung oleh kedua tersangka dan tamu undangan dari Kejaksaan, BNNP Kepri, BPOM, Advokat dan LSM Granat,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Terhadap para tersangka dikenakan Pasal 114 Ayat (1), (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) dan atau Pasal 111 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Keduanya terancam dengan hukuman mati atau pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun atau paling lama 20 tahun

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 85 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

3 dari 7 Pelaku Pengiriman PMI Ilegal di Bintan Merupakan Ayah dan Anak

6 Juli 2022 - 20:53 WIB

Kepergok Curi Kipas Angin, Maling di Batam Diamankan dan Diikat Warga

6 Juli 2022 - 20:35 WIB

Setelah Viral Dirusak, Kini Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Pelantar Tempat Wisata Kota Rebah

6 Juli 2022 - 13:22 WIB

7 Pelaku Penyelundupan PMI Ilegal dari Bintan ke Malaysia Ditangkap Polisi

5 Juli 2022 - 22:01 WIB

Kurang dari 24 Jam, Pencuri Motor di Batam Ini Ditangkap

4 Juli 2022 - 21:50 WIB

Polisi Tangkap Spesialis Curanmor yang Beraksi di Tanjungpinang dan Bintan

4 Juli 2022 - 16:47 WIB

Ilustrasi pencurian dan maling motor
Trending di Hukum Kriminal
advertisement