Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 7 Apr 2022 19:43 WIB ·

Potensi Ikan Berlimpah, Pemprov Kepri Usul Pusat Segera Bangun Pasar Ikan di Anambas


 Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, saat menemui Wamendag RI di Jakarta, Rabu (6/4). Foto: Dok Diskominfo Kepri Perbesar

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, saat menemui Wamendag RI di Jakarta, Rabu (6/4). Foto: Dok Diskominfo Kepri

ADVERTISEMENT
advertisement

Pemerintah Provinsi Kepulauan meminta pemerintah pusat merealisasikan pembangunan Pasar Loka dan Pasar Ikan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, bersama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, saat menemui Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga di Jakarta, Rabu (6/4).

ADVERTISEMENT
advertisement

“Saya dan pak Abdul Haris menyampaikan secara langsung surat permohonan kami untuk pembangunan pasar di Anambas, supaya pemerintah pusat tau kalau kami pemda sangat serius menginginkan adanya pembangunan infrastruktur di Anambas,” ujarnya.

Menurut Ansar, keseriusan Pemprov Kepri dan Pemkab Kepulauan Anambas untuk pembangunan pasar ikan ini bukan tanpa sebab.

ADVERTISEMENT
advertisement

Hal itu semata-mata, mengingat potensi perikanan di Anambas yang memiliki bentang laut lepas dan dekat dengan Laut Cina Selatan sangat masif.

Bahkan, berdasarkan data BPS, produksi perikanan tangkap menurut jenis komoditi di Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2021 mencapai 21.110 ton dengan akumulasi nilai sekitar Rp470 miliar.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, pembangunan pasar ikan di Anambas sebagai infrastruktur pendukung diyakini akan mengangkat nilai ekonomi perikanan.

“Kita memproyeksikan Anambas bisa menjadi lumbung ikan di bagian barat Indonesia karena memang potensi perikanan sangat masif apabila dimaksimalkan secara serius,” katanya.

Tidak hanya kepada Menteri Perdagangan, surat yang dibawa Gubernur Ansar dan Abdul Haris juga ditujukan masing-masing pada Menteri PUPR dan Kepala Bappenas.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 27 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

BP Batam Serahkan SK Pegawai Ke PT BIB

1 Juli 2022 - 21:33 WIB

PT PLN Batam dan PT BIB Tandatangani MoU Kerja Sama Kelistrikan

30 Juni 2022 - 20:45 WIB

Dorong Transformasi Digital Indonesia, ITDRI dan BRIN Lakukan Kolaborasi Riset di Mandalika

29 Juni 2022 - 21:23 WIB

Kenaikan Harga Cabai Diperkirakan Bertahan hingga 3 Pekan ke Depan

27 Juni 2022 - 20:48 WIB

Disperindag Ungkap Penyebab Harga Cabai di Batam Tinggi

27 Juni 2022 - 19:16 WIB

Harga Cabai di Batam Masih Tinggi, Rp 100 Ribu per Kilogram

27 Juni 2022 - 18:55 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis
advertisement