kepripedia
Home / Pojok / PPKM Darurat Bikin Insan Pariwisata Gulung Tikar, SOKO PAKDUL Beri Bantuan

PPKM Darurat Bikin Insan Pariwisata Gulung Tikar, SOKO PAKDUL Beri Bantuan

Kasus COVID-19 melonjak tinggi, membuat berlakunya PPKM darurat sejak tanggal 12 hingga 20 Juli 2021 di Batam dan Tanjungpinang. Hal ini membuat dunia pariwisata Kepri seperti kehabisan nafas untuk bertahan. Bahkan PPKM darurat berlanjut hingga tanggal 25 Juli 2021.

Banyak sekali insan pariwisata yang harus urungkan bakat, menutup panggung, bahkan gulung tikar. Kemampuan bermusik yang dulunya dipertontonkan banyak pengunjung, kini hanya sekedar hiburan di rumah pelepas gundah untuk beberapa telinga yang mendengar.

Uluran tangan sangat dibutuhkan untuk para penggerak di dunia pariwisata Kepri tersebut. Melihat keadaan ini, para insan pariwisata yang tergabung dalam Solidaritas Komunitas Pariwisata Kepri Peduli (SOKO PAKDUL) melaksanakan kegiatan sosial perdananya dengan membagikan sembako sebanyak 130 paket untuk para anggota dari Serikat Pekerja Musik Indonesia ( SPMI ) Kepri dan Perkumpulan Pembawa Acara ( PERWARA ) di Kota Batam. Jumat (23/7).

Agenda ini merupakan kegiatan murni sosial SOKO PAKDUL untuk membantu meringankan beban para insan pariwisata terkhususnya para pekerja musik dan pembawa acara yang terdampak di masa pandemi karena minimnya penyelenggaraan event yang membutuhkan jasa mereka.

ads

Surya Wijaya selaku ketua SOKO PAKDUL mengatakan adanya komunitas ini sebagai bentuk upaya nyata bahwa insan pariwisata tidak berdiam diri dan pasrah dengan situasi pandemi kondisinya tidak mudah dihadapi. Para pelaku pariwisata turut berusaha untuk saling peduli dan membantu insan pariwisata lainnya.

“Bantuan yang diserahkan berasal dari sumbangan para donatur. Kegiatan dilaksanakan oleh tim gabungan baik dari personil organisasi maupun pribadi secara sukarela tanpa paksaan.Tujuannya untuk saling bahu-membahu membantu insan pariwisata dalam menghadai situasi saat ini,” jelas Surya.

Turut hadir dan terlibat langsung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar dalam pendistribusian bantuan tersebut, yang merupakan salah satu Pembina SOKO PAKDUL.

Mengawali gerakan ini,kegiatan mulai dilaksanakan pada pukul 14.00 Wib dan diakhiri dengan makan bersama di Warung Artis Nagoya yang merupakan usaha bersama para pekerja musik yang ada di Batam.

ads

“Kita santap menu-menu sederhana mulai dari tempe mendoan, nasi uduk, tahu bakso, nasi campur, soto, sate dan lain-lain yg merupakan kreasi dari para musisi yang beralih profesi mensiasati masa pandemi,” tambah Surya.

Surya Wijaya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah membantu. Terima kasih juga kepada seluruh tim gabungan yang telah semangat membantu persiapan hingga pendistribusian bantuan.

Selanjutnya SOKU PAKDUL akan terus melanjutkan misi sosial bagi para insan pariwisata yang terdampak lainnya di periode-periode selanjutnya.

Rencananya minggu depan akan dilaksanakan di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan dengan target penerima bantuan 200 orang untuk insan pariwisata yang terdampak COVID-19.

“Semoga kedepannya akan semakin banyak donatur yang peduli dan mau membantu para insan pariwisata.” tutup Surya Wijaya.



Penulis: Milyawati

Editor: Hasrullah

BERI KOMENTAR