Menu

Mode Gelap
ads

Warta · 10 Nov 2021 19:21 WIB

Puluhan Nasabah AJB Bumiputera di Batam Demo ke OJK, Ini Tuntutanya


Pengunjuk rasa menyampaikan aspirasinya disambut Kepala Kantor OJK Kepri, Rony Ukurta Barus. Foto: Zalfirega/kepripedia.com.
Perbesar

Pengunjuk rasa menyampaikan aspirasinya disambut Kepala Kantor OJK Kepri, Rony Ukurta Barus. Foto: Zalfirega/kepripedia.com.

Puluhan pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera gelar aksi unjuk rasa di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kepri di Batam Center, Batam, Rabu (10/11).

Dalam demo tersebut, mereka meminta pihak OJK untuk segera menyetujui pencairan kelebihan dana cadangan Bumiputera yang ada di OJK, supaya manajemen Bumiputera dapat membayar klaim pemegang polis.

“Kemudian kedua, meminta OJK membatalkan surat keputusan tentang moratorium pada Bumiputera, karena mempersulit pemegang polis mengajukan pemutusan klaimnya,” ujar Mulia Rinda salah satu nasabah Bumiputera ini.

Polemik yang dialami nasabah Bumiputera itu terjadi sudah bertahun tahun yang kini masih belum ada kepastian dari Bumiputera 1912.

ads

Padahal asuransi tersebut sudah lama berdiri. Di Kepri tercatat 4.000-an pemegang polis asuransi Bumiputera yang gagal bayar. Untuk di Kota Batam, ada sekitar 2.000-an nasabah Bumiputera yang bernasib sama.

“Jadi ini masalah belum juga tuntas, ada sekitar Rp 4,5 miliar yang gagal bayar, nah untuk di Kepri ada sekitar Rp 77 miliar,” ucap Rolys Panjaitan kepada wartawan.

Ia mengaku permasalahan tesebut telah disampaikan ke pihak Bumiputera dan pihak OJK serta juga telah masuk ke ranah DPRD Batam. Namun hingga sekarang belum ada titik temu.

Di tempat yang sama Kepala Kantor OJK Kepri, Rony Ukurta Barus, menyambut baik aspirasi para pemegang polis asuransi Bumiputera itu dengan kondusif.

ads

“Kita hargai teman pemagang polis dalam penyampaian aspirasi,” ujar Rony pada wartawan.

Rony menyebut bahwa polemik tersebut telah ditanggapi oleh OJK pusat dan sedang dilakukan proses lebih lanjut. Hanya saja butuh waktu yang cukup panjang.

“Ini perlu tahap demi tahap yang sudah kita kerjakan. Kita selaku penghubung untuk komunikasi dengan pengawas AJB yang sudah kita lakukan,” ucap dia.

Namun Rony belum merinci sejauh mana tahapan yang telah dilakukan pihak OJK Kepri dengan pengawas AJB.

“Nanti kita akan bagikan apa yang sudah dilakukan oleh OJK melalui grup,” bebernya.

Kendati begitu Rony berharap polemik ini dapat mencapai titik temu dan segera dapat selesai.

Sementara itu dalam aksi demo tersebut mendapat pengawalan dari pihak kepolisian yang berjalan beberapa jam saja dan berlangsung kondusif.



ads
Baca Lainnya

KPPAD: Januari-November 2021 Ada 12 Kasus Kekerasan Anak di Lingga

27 November 2021 - 16:08 WIB

Gubernur Kepri Sampaikan Persoalan Biaya Penanganan PMI ke BNPB

26 November 2021 - 21:29 WIB

Menteri KKP Kunker ke Kepri, Sosialisasi Industri Perikanan Mandiri

26 November 2021 - 21:09 WIB

Kodim 0317/TBK Bantu Fasilitasi Bedah Gadis di Karimun yang Tertelan Jarum Pentol

26 November 2021 - 17:57 WIB

Truk Pengangkut Pakan Ternak Terbalik di Pendakian Bukit Daeng Batam

26 November 2021 - 16:47 WIB

Gadis yang Tertelan Jarum Pentol di Karimun Masih Tunggu Aktivasi BPJS

26 November 2021 - 15:26 WIB

Fitri gadis di Karimun tertelan jarum pentol
Trending di Warta