Menu

Mode Gelap

Pojok · 31 Jan 2023 14:27 WIB

Refleksi Awal Tahun 2023: Apresiasi Kerja Nyata Cen Sui Lan untuk Kepri


					Cen Sui Lan saat mengunjungi kantor BWS Sumatera IV dan berdikusi. Foto: Istimewa Perbesar

Cen Sui Lan saat mengunjungi kantor BWS Sumatera IV dan berdikusi. Foto: Istimewa

Sejak awal tahun 2023 ini, Anggota DPR RI dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan, telah ‘tancap gas’ melakukan upaya dalam kewenangannya sebagai legislator di berbagai sektor untuk masyarakat Kepri.

Wanita yang dikenal dengan sosok rendah hati dan ramah ini bahkan mendapat tagline sendiri dari berbagai pemberitaan. Yakni “Berbuat Banyak Banyak Berbuat”.

ADVERTISEMENT

Cen sendiri memang banyak mendapat perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari kelompok ibu-ibu hingga generasi muda. Ia juga termasuk salah satu tokoh yang sangat toleran terhadap semua agama, meskipun ia sendiri adalah seorang muslimah. Terbukti dari beberapa programnya yang tak memandang suku, ras, maupun agama.

Seperti belum lama ini ia menyumbangkan armada ambulans, membangun fasilitas dan infrastruktur untuk kalangan non-muslim. Giatnya tersebut yang kerap diliput pemberitaan turut menarik dukungan dan apresiasi.

Setelah tahun 2022 lalu sukses merealisasikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat kepadanya. Di tahun 2023 ini, Cen tampak tak pernah lelah, ia terus memantau pelaksanaan proyek pada tahun 2023 yang sudah diusulkan dan direkam dalam catatan-catatannya.

Tujuannya adalah untuk memastikan implementasi proyek-proyek yang diperjuangkan di gedung DPR Jakarta untuk seluruh masyarakat Provinsi Kepri dapat terlaksana dan dirasakan langsung masyarakat.

Cen Sui Lan saat mengunjungi Pantai Maros Natuna

Cen Sui Lan saat mengunjungi Pantai Maros Natuna. Foto: Istimewa

Hal itu terlihat dalam catata di awal tahun 2023 ini, banyak proyek yang siap diluncurkan dan masuk masa lelang untuk menjadi kenyataan di lapangan.

Menurut catatan berbagai pemberitaan, Cen selalu tampil ‘garang’ dan tegas mengingatkan para pemangku kewenangan untuk memperhatikan daerahnya dan memastikan bahwa proyek-proyek di Kepri tidak terlupakan.

ADVERTISEMENT

Dalam setiap rapat dan kesempatan bertemu dengan pihak-pihak terkait yang berwenang, Cen selalu meminta mereka untuk merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat Kepri yang dititipkan padanya.

“Tolong perhatikan daerah saya” dan “Jangan lupa proyek-proyek di Kepri, tolong perhatikan dapil saya” begitu kalimat yang selalu diucap Cen Sui Lan.

Kata-kata itu menunjukkan bahwa Cen tidak segan untuk mendesak instansi terkait bahkan para Menteri dan para Dirjen, saat rapat di Komisi V DPR RI.

ADVERTISEMENT

Selain kinerjanya yang selalu ‘tuntas’ membawa amanah masyarakat, politisi Partai Golkar ini juga memiliki reputasi yang baik.

Di balik itu, Cen optimistis bahwa Kepri memiliki potensi besar untuk terus maju. Mengingat Kepri punya ‘segudang’ kekayaan.

Seperti gas lepas pantai yang ditemukan di West Natuna Exploration dan perkebunan, hasil laut serta hadil bumi lainnya yang terdapat di Kabupaten Natuna.

ADVERTISEMENT

Kabupaten Karimun Kepri juga merupakan salah satu daerah penghasil timah yang dikelola oleh PT Timah, sebuah BUMN yang mengelola produksi timah di Indonesia.

Cen Sui Lan Usai Rapat Bersama Menteri PUPR 1

Cen Sui Lan dan Menteri PUPR. Foto: Dok CSL

Sementara itu, tambang bauksit berkualitas tinggi dikelola dan diawasi oleh PT Antam, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang tambang, di Kabupaten Bintan.

Di Bintan, selama masa kepemimpinan Bupati Ansar Ahmad, banyak produk pertanian yang dikembangkan, seperti buah naga dan agrobisnis dalam ribuan hektar lahan perkebunan.

Bintan juga dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menawarkan beragam fasilitas, seperti Lagoi di Pantai Bintan, hotel bintang, dan fasilitas padang golf berkualitas internasional. Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut meningkatkan potensi wisata dan ekonomi Bintan.

Kabupaten Lingga terkenal dengan kekayaan sumber daya alam dan pertanian serta perkebunan. Saat ini, Kabupaten Lingga juga dikembangkan menjadi destinasi wisata sejarah dan wisata menarik lainnya.

Batam merupakan Kota asal dan tempat tinggal Cen Sui Lan. Sebagai pengusaha Batam Cen cukup disegani oleh para pengusaha di kota ini.

Pulau Batam hanya sekitar satu jam perjalanan laut dengan Fast Ferry ke negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Kota Batam merupakan kota industri pariwisata alih gerak kapal dan pusat investasi menarik di Asia Tenggara (ASEAN).

Puluhan Hotel berbintang ada di Kota Batam serta banyak lapangan golf tersebar di sejumlah sudut Pulau Batam.

Bahkan Batam kota tersibuk dan “bergerak” serta tak pernah “tidur” hingga 24 jam, memiliki pelabuhan peti kemas (konteiner).

Dan ada tiga (3) Pelabuhan Penumpang Ferry Internasional yang melayani ramainya para ekspatriat dan warga Batam yang pergi dan datang dari Batam ke Singapura juga Malaysia.

Sedang Tanjungpinang sebagai ibukota Propinsi Kepri tempat Kantor Gubernur Kepri berada, merupakan Kota Sejarah, dan memiliki Pelabuhan Penumpang Ferry Internasional yang melayani setiap hari dari Tanjungpinang ke Singapura juga Malaysia. Tanjungpinang memiliki destinasi wisata yakni Pulau Penyengat yang historical.

Senam Zumba Bersama Cen Sui Lan di Batam

Cen Sui Lan menyerahkan hadiah doorprize berupa kulkas kepada peserta. Foto: Dok CSL

Belum lama ini diakhir tahun 2022 Cen ke Pulau Penyengat. Kinerja Cen Sui Lan sudah dicatat dan ditorehkan pulau bersejarah itu.

Kalangan media menyimpulkan bahwa sosok Cen Sui Lan adalah figur yang tepat yang dibutuhkan oleh masyarakat Kepri.Mari berjuang bersama Cen Sui Lan hingga tahun 2024.

Karena sosok Ibu Cen ini realitanya sudah menunjukkan kernya nyatanya sesuai apa yang disematkan padanya “Berbuat Banyak Banyak Berbuat”. Ia pun kerap mengajak seluruh pihak bergandengan tangan untuk memajukan Kepri.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Babinsa Marokkecil, Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Berikan Himbauan Kepada Nelayan untuk Lebih Berhati-hati saat Melaut

4 Maret 2024 - 13:13 WIB

WhatsApp Image 2024 03 04 at 11.16.19 c4d1434e

Babinsa Berindat Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Gotong Royong Bersihkan Tempat Pemakaman Umum Menyambut Ramadhan

3 Maret 2024 - 14:04 WIB

WhatsApp Image 2024 03 03 at 12.35.29 53bb08b8

Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Seligi 2024

2 Maret 2024 - 13:42 WIB

WhatsApp Image 2024 03 02 at 09.05.18 50fae818

Babinsa Bukitbelah, Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Jalan Menuju Dusun 1

1 Maret 2024 - 13:50 WIB

WhatsApp Image 2024 03 01 at 11.10.01 56d0c8d0

Babinsa Marokkecil, Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI, Ikut Goro Bersama Warga Menimbun Jalan yang Rusak

29 Februari 2024 - 13:51 WIB

WhatsApp Image 2024 02 29 at 10.44.07 ba546604

Babinsa Langkap, Koramil 04/Dabo, Kodim 0315/TPI Bersama Masyarakat Bersihkan Rumput di Sepanjang Jalan dalam Rangak Menyambut Ramadan

28 Februari 2024 - 13:04 WIB

WhatsApp Image 2024 02 28 at 11.43.07 16285ac1
Trending di Pojok