kepripedia
Home / Warta / Sampaikan Usulan Ranperda RPJMD Kepri 2021-2026, Ansar: Tantangan ke Depan Semakin Berat

Sampaikan Usulan Ranperda RPJMD Kepri 2021-2026, Ansar: Tantangan ke Depan Semakin Berat

Gubenur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyampaikan usulan rancangan peraturan daerah (ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 kepada DPRD.

Dalam paripurna tersebut, Ansar mengungpakan, penyusunan RPJMD merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Diharapkan, pembahasan ranperda RPJMD tersebut dapat segar dilakukan oleh legislatif dan disahkan tepat waktu.

“Kami harap juga dalam pembahasa nanti DPRD dapat memberikan masukan-masukan, agar dokumen ini menjadi cetak biru pembangunan Provinsi Kepri 5 tahun kedepan,” ungkapnya dihadapan anggota DPRD Kepri dalam paripurna yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPRD, Pulau Dompak, Senin (5/7).

Selain itu, ia menjelaskan, dalam penyusunan RPJMD 2021-2026 ini ada sejumlah isu strategis yang harus dimasukkan. Diantaranya, pandemi COVID-19, belum tercapainya akselerasi pembangunan, potensi kemaritiman, dan terbukanya wilayah kepri sehingga rentan terhadap pudarnya budaya melayu.

ads

“Karena tantangan kedepan semakin berat, maka kami mengajak kita semua menyusun RPJMD serealistis mungkin dengan mempertimbangkan kelima isu tersebut,” katanya.

Ansar menambahkan, sesuai dengan aturan periodesasi RPJMD ditetapkan berdasarkan periode masa jabatan, bukan waktu menjabat. Oleh karena itu, meski waktu menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur hanya sampai 2024, namun periodesasi RPJMD tetap 5 tahun.

“Mari bersama kita bahu membahu membangun Kepri dengan memanfaatkan dokumen RPJMD menjadi rancangan pembangunan yang sebaik-baiknya,” ajak Ansar.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, mengatakan saat ini RPJMD Kepri telah memasuki periode ke-4 periode terakhir dalam rencana jangka panjang Provinsi Kepri.

ads

Selanjutnya, setelah Gubernur menyerahkan dan menyampaikan naskah akademik, Badan Musyawarah (Banmus) akan segera menyusun jadwal pelaksanaan paripurna pandangan fraksi.

“Maka dari itu, Sekwan diminta untuk memastikan seluruh anggota DPRD menerima naskah akademik RPJMD yang diusulkan,” demikian Jumaga.



Penulis: Ismail

Editor: Hasrullah

BERI KOMENTAR