kepripedia
Home / Politik / Sebelum Lebaran, Tanjungpinang Sudah Punya Wawako

Sebelum Lebaran, Tanjungpinang Sudah Punya Wawako

Ilustrasi kursi wakil wali kota. Foto: Tribunlampung.co

Dua nama yang diserahkan partai pengusung untuk menjadi kandidat bakal calon wakil wali kota Tanjungpinang sudah lama diterima oleh tim Panitia Pemilihan (Panlih) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tanjungpinang, antara lain nama Endang Abdullah dari Partai Gerindra dan Ade Angga dari Golkar.

Kepada kepripedia, Anggota DPRD Tanjungpinang Komisi I, Diky Novalino mengabarkan bahwa saat ini tim yang bertugas sudah masuh ke tahap verifikasi.

“Panlih sedang bekerja dalam verifikasi berkas calon, Insya Allah sebelum lebaran ini sudah ada keputusan finalnya,” ujar Diky.

Mengingat salah satu nama yang diusulkan menjabat sebagai wakil ketua I DPRD, maka Panlih dikabarkan juga harus menyiapkan persiapan paripurna penetapan.

ads

“Ini khusus untuk Ade Angga. Kalau seandainya terpilih sebagai Wakil Walikota, maka harus dilangsungkan dulu paripurna penetapan dan harus mundur dari DPRD,” jelas anggota dewan Komisi I ini.

Ada dua kemungkinan keputusan panlih diumumkan, dari informasi yang disampaikan Diky dua kemungkinan tersebut sama-sama masih dalam kondisi bulan Ramadhan.

“Secepat-cepatnya tanggal 28 April besok, dan selambat-lambatnya tanggal 10 Mei mendatang,” bebernya.

Berdasarkan peraturan DPRD Tanjungpinang Nomor 1 Tahun 2021 tentang tata cara penyelenggaraan pemilihan wakil walikota di sisa masa jabatan 2018-2023 terdapat sedikitnya 18 syarat yang harus dipenuhi oleh kandidat calon wawako Tanjungpinang.

ads

Salah satu diantaranya sebagaimana tertuang pada poin K adalah, tidak sedang memiliki tanggungan utang secara perseorangan dan atau secara badan hukum yang menjadi tanggungjawab yang merugikan keuangan negara.



Penulis: Yoan S N

Editor: Yoan S N

BERI KOMENTAR