Menu

Mode Gelap

Pojok · 3 Agu 2023 11:29 WIB

Sedih Melihat Rumah Pak RT di Sawang Selatan, Cen Sui Lan Langsung Berikan Bedah Rumah


					Cen Sui Lan meninjau toilet di Sawang Selatan yang dibangun melalui dana aspirasnya. Foto: Istimewa Perbesar

Cen Sui Lan meninjau toilet di Sawang Selatan yang dibangun melalui dana aspirasnya. Foto: Istimewa

Rabu (26/8/2023) sampai dengan Sabtu (29/7/2023) pekan kemarin, Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) reses ke Kabupaten Karimun.

Dari kunker tersebut, Cen Sui Lan punya cerita pilu. Cen Sui Lan menangis tatkala melihat toilet yang dibangun dari dana aspirasinya, lebih megah dibandingkan rumah Pak RT.

ADVERTISEMENT

Aisyah, begitu lah panggilan akrab Cen Sui Lan si wakil rakyat Kepri, yang duduk di kursi legislatif Senayan, Jakarta. Cen Sui Lan disambut gembira oleh masyarakat dan pejabat, setiap singgah di daerah tujuan kunkernya di wilayah Kabupaten Karimun. Tak terkecuali bagi Aunur Rafiq Bupati Karimun.

Cen Sui Lan begitu banyak memberikan program kegiatan untuk masyarakat Karimun. Tak cuma pembangunan infrastruktur jalan. Cen Sui Lan juga mengalokasikan dana miliran rupiah, untuk revitalisasi gedung sekolah. Di sela kunker reses tersebut, Cen Sui Lan turut meresmikan beberapa kegiatan pembangunan dari dana aspirasinya tahun anggaran 2022 lalu.

Harapan baru pun diberikan Cen Sui Lan untuk masyarakat Karimun. Baik kegiatan yang direalisasikan pada tahun anggaran 2023 ini, maupun diwujudkan pada tahun 2024 mendatang. Ada juga kegiatan multi years yang sedangkan dikerjakan pada tahun anggaran 2023 ini, dan diselesaikan pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Seperti revitalisasi gedung dan sarana prasarana SD Negeri 003 Desa Sawang Selatan di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun. Kegiatan revitalisasi SDN 003 Sawang Selatan ini sedang dikerjakan pada tahun anggaran 2023 ini. Kegiatan pun dituntaskan tahun 2024 nanti. Total anggarannya mencapai Rp5 miliar. Wow!

Di sela mengunjungi SDN 003 Sawang Selatan, Sabtu (29/7/2023) lalu, Cen Sui Lan juga menyempatkan diri melihat langsung realisasi program pembangunan sanitasi desa, atau Sandes. Program pembangunan sanitasi desa ini berupa pembangunan toilet dari kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat, atau disingkat dengan IBM. Ada 23 unit toilet yang sudah selesai dibangun di Desa Sawang Selatan ini.

Program Sandes (Sanitasi Desa) berupa pengadaan toilet bagi rumah warga yang membutuhkan di Desa Sawang Selatan. Pada tahun anggaran 2023 dibangun sebanyak 23 unit bagi keluarga yang membutuhkan. Pengadaan sarana toilet itu berasal dari dana aspirasi Cen Sui Lan.

Sabtu (29/7/2023) siang itu, Cen Sui Lan meninjau toilet dari program Sandes, yang diberikan kepada Yusri, yaitu Ketua RT setempat. Cen Sui Lan begitu prihatin dan sedih hingga meneteskan air mata, saat meninjau sarana toilet yang diberikan kepada Yusri si Pak RT.

ADVERTISEMENT

Cen Sui Lan merasa pilu saat itu, bukan karena kegiatan pembangunan toilet untuk Pak RT tersebut tak selesai, atau tidak sesuai dengan bestek. Tapi, hasil pembangunan toilet itu begitu kontras dan mencolok, jika dibandingkan dengan kondisi rumah kediaman Yusri si Pak RT.

Toilet atau sarana sanitasi desa yang dibangun untuk Yusri begitu megah, dengan bangunan permanen dan dicat menarik. Lengkap, tanpa ada kekurangan. Sementara, rumah kediaman Yusri si Pak RT hanya beratapkan daun rumbia yang sudah kering akibat ‘dimakan waktu’. Begitu juga dengan dinding rumah yang dihuni Yusri, dibangun dengan papan yang sudah dimakan usia. Lantainya, ada beberapa bagian yang masih beralas tanah.

cen sui lan menangis saat melihat rumah yusri pak rt desa sawang selatan yang memprihatinkan dibandingkan toilet f suaraserumpun.com

Cen Sui Lan berbincang dengan Yusri, Pak RT di Desa Sawang Selatan. Foto: Istimewa

ADVERTISEMENT

Cen Sui Lan tak kuasa menahan air matanya yang menitik ke pipi. Cen Sui Lan menangis melihat toilet lebih megah dibandingkan rumah Pak RT tersebut. Seketika itu juga, secara spontan Cen Sui Lan menyatakan kepada Yusri si Pak RT, tahun 2023 ini juga, rumahnya mendapatkan program bedah rumah.

“Pokoknya tahun (2023) ini, langsung dikerjakan. Dan akhir tahun, Pak Yusri sudah mempunyai rumah baru,” ucap Cen Sui Lan sambil menepuk bahu Yusri si Pak RT yang didampingi istri dan anaknya yang masih kecil tersebut.

Usai menyatakan hal itu, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri ini sempat tertegun sejenak, karena belum mampu menghentikan air matanya, tatkala melihat keadaan keluarga Yusri Pak RT di salah satu Desa Sawang Selatan tersebut.

ADVERTISEMENT

“Pak Yusri, saya berikan dan bantu untuk segera rumahnya dibedah. Insya Allah, akhir tahun ini Pak Yusri akan mendapatkan rumah baru, ya,” kata Cen Sui Lan lagi kepada Yusri dan keluarga di depan Suyatno Kades Sawang Selatan, dan Fasri Bachmid Kepala BP2W Kepri yang turut melihat langsung kondisi rumah Yusri Pak RT tersebut.

Cen Sui Lan begitu kagum dengan kepribadian Yusri si Pak RT. Meski toilet lebih megah dibandingkan rumah kediamannya, Yusri bersama istri dan anaknya tetap tersenyum dalam menjalani kehidupan. Kini, Yusri si Pak RT merasa bersyukur. Dengan uluran tangan Cen Sui Lan, rumahnya bakal mendapat program bedah rumah.

“Pejabat pemerintah di tingkat paling bawah seperti Pak Yusri si Pak RT ini, yang patut kita bantu,” tutup Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada media.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

Turnamen Badminton Polres Bintan Sempena Hari Bhayangkara ke-78, Ini Pemenangnya!

28 Mei 2024 - 14:35 WIB

WhatsApp Image 2024 05 28 at 13.28.54

Pembangunan Markas Kepolisan Terpadu Dan Polsubsektor Galang Batang Diresmikan

21 Mei 2024 - 22:47 WIB

WhatsApp Image 2024 05 21 at 16.56.35

Cepat Tanggapi Laporan Warga, Komunitas Motor CCL Apresiasi Kinerja Lurah dan Puskemas Dabo Lama

21 Mei 2024 - 22:36 WIB

WhatsApp Image 2024 05 20 at 21.05.08

Hasan Masifkan Gerakan Menanam Tanaman Hortikultura di Jajaran ASN

7 Mei 2024 - 13:01 WIB

WhatsApp Image 2024 05 07 at 12.45.25

Sekda Zulhidayat Pimpin Persiapan MTQH ke X tingkat Provinsi Kepulauan Riau

7 Mei 2024 - 12:58 WIB

WhatsApp Image 2024 05 07 at 12.43.37

Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Sambangi RS Awal Bros Batam

3 Mei 2024 - 14:28 WIB

WhatsApp Image 2024 05 02 at 20.43.07
Trending di Pojok