Menu

Mode Gelap

Warta · 27 Sep 2021 16:00 WIB

Sekolah Tatap Muka di Batam Dimulai Hari Ini


Siswa-siswi SDN 006 Sekupang, Batam saat hari pertama PTM. Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

Siswa-siswi SDN 006 Sekupang, Batam saat hari pertama PTM. Foto: Zalfirega/kepripedia.com

Sekolah tatap muka atau juga Pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Batam mulai dibuka, Senin (27/9) ini.

Setelah hampir 2 tahun didominasi pembelajaran daring, pertemuan di sekolah hari ini tampak memancarkan kecerian siswa-siswi dan para guru.

Digelarnya PTM ini seiring perkembangan kasus yang melandai dalam satu bulan terakhir. Namun, pemerintah mengizinkan proses belajar tatap muka ini tetap dengan syarat penerapan protokol kesehatan ketat.

Seperti disampaikan Kepala Sekolah Dasar 006 Sekupang, Wan Kasmawati, seluruh persiapan untuk dimulainya PTM sejauh hari telah disiapkan secara matang.

ads

“Jadi sebelum dibuka proses belajar, kita bersama dengan para orangtua membuat kesepakatan bersama. Tiga hari ya kita siapkan dengan matang agar proses belajar berjalan dengan maksimal,” katanya kepada wartawan, Senin (27/9).

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Batam, SD dibolehkan belajar tatap muka dengan kapasitas hanya 50 persen dari total siswa. Hal itu guna mencegah penyebaran virus corona dan tidak menjadi cluster baru.

Menurut Kasmawati, saat ini jumlah siswa di SD 006 Sekupang sendiri berjumlah 764 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 43 orang sudah divaksin karena telah berusia 12 tahun atau lebih. Sementara untuk proses belajar dibagi menjadi dua shift pelajaran, yaitu dari pukul 07.20 – 10.00 WIB, kemudian pada shift kedua pada pukul 13.00 – 15.30 WIB.

“Kami kasih jarak waktu yang lebih lama antara shift satu dengan shift kedua agar tidak ada kerumunan saat jam kepulangan,” ucapnya.

ads

“Tidak ada orangtua yang menolak, semuanya setuju tatap muka. Tapi online tetap buka, misalnya anak-anak yang komorbid, atau sakit lainnya. Lihat pagi ini orangtuanya antusias untuk mengantar anaknya,” tutupnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Batam telah mengizinkan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) untuk menggelar pembelajaran tatap muka mulai pekan ini. Dinas Pendidikan  Kota Batam telah merancang enam daftar periksa (Listing) yang harus disiapkan oleh pihak sekolah saat pembelajaran tatap muka dilaksanakan.

“Ini dibuka dengan kapasitas 50 persen dan catatan tetap mematuhi prokes,” ujar Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

Mulai Desember Ini, Layanan Kemoterapi di RSUP RAT Sudah Layani Peserta BPJS Kesehatan

4 Desember 2021 - 15:31 WIB

RSUP Raja Ahmad Tabib di Tanjungpinang

Aksi Berbagi Bunga Anak Difabel di Karimun

4 Desember 2021 - 13:43 WIB

Vaksinasi COVID-19 Serentak BINDA Kepri di 3 Lokasi

4 Desember 2021 - 12:21 WIB

Tanggapan Komisi III DPRD Kepri Terkait Pemadaman Listrik di Batam

3 Desember 2021 - 21:56 WIB

Irwansyah DPRD Kepri

Komisi II DPRD Kepri Monitoring Samsat Batu Aji

3 Desember 2021 - 19:02 WIB

Bansos COVID-19 Masih Masuk Dalam APBD 2022

3 Desember 2021 - 18:18 WIB

Trending di Warta