Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 12 Apr 2022 22:04 WIB

Sepanjang Januari-April 2022, BBI Salurkan 17.000 Benih Nila untuk Pembudidaya Lingga


					Bupati Lingga Muhammad Nizar melihat tabur benih di tambak. Foto: Dok Diskominfo Lingga Perbesar

Bupati Lingga Muhammad Nizar melihat tabur benih di tambak. Foto: Dok Diskominfo Lingga

Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Balai Benih Ikan (BBI), telah mendistribusikan sakitar 17.000 benih ikan nila kepada Kelompok Budidaya di Kabupaten Lingga sepanjang Januari hingga April 2022.

Terakhir, BBI menyalurkan 3.000 benih ikan nila ke kelompok budidaya Nila  Pesona, di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan pada Minggu (10/4).

ADVERTISEMENT

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, Sutarman, menjelaskan dalam periode Januari-April tersebut ada 7 kelompok budidaya ikan air tawar di Lingga yang mendapatkan bantuan benih tersebut.

“Tahun 2021 lalu BBI telah mendistribusikan benih ikan kepada kelompok pembudidaya sebanyak 33.500 bibit. Dan ditahun ini diperkirakan lebih banyak benih ikan yang bakal didistribusikan ke pembudidaya,” ujarnya dalam keterangan yang diterima kepripedia.

Menurut Sutarman, sampai saat ini permintaan ikan air tawar di Kabupaten Lingga terus menunjukkan peningkatan.

Meski begitu, ia pun menilai penyediaan benih ikan laut juga harus menjadi perhatian dari BBI. Mengingat potensi keramba-keramba juga dominan dikembangkan.

“Seperti harapan bapak bupati, mudah-mudahan BBI lebih berinovasi mengembang komiditi benih, seperti ikan tawar maupun ikan laut sesuai potensi yang ada,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sejak beroperasi tahun 2019 lalu hingga kini, keberadaan UPTD BBI sudah terlihat dampak positif dalam mengatasi ketersedian benih. Tentu, penyediaan benih ini diharapkan dapat mendorong peningkatan usaha bagi para pelaku kelompok perikanan yang ada.

Selain itu, Dinas Perikanan juga aktif dalam pembinaan kelompok budidaya udang vanamei, agar mandiri dan berkelanjutan dalam berbudidaya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Bupati Lingga, Muhammad Nizar, yang ikut hadir dalam kegiatan tabur benih di tambak beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa Pemkab Lingga sangat mendukung upaya-upaya budidaya, baik budidaya di air tawar maupun ikan laut, udang, kepiting dan sebagainya.

Menurutnya, terobosan-terobosan tersebut memberikan dampak yang sangat baik dalam mengubah pola tangkap menjadi budidaya. Hal ini menurutnya pula sangat menunjang sektor ekonomi masyarakat, terutama bagi kelompok-kelompok pembudidaya yang ada di Kabupaten Lingga.

“Bantuan yang telah diberi ini, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dirawat, dijaga dengan baik. Dan semoga memberikan hasil yang baik pula,” ujar Nizar.

ADVERTISEMENT

Nizar mengaku menaruh harapan tinggi agar kelompok budidaya dapat lebih inovatif mengembang komoditi benih ikan, baik diperairan tawar maupun ikan laut sesuai potensi yang ada.

Ia menjelaskan, salah satu fungsi dari BBI sebagai UPTD dari Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, yakni untuk menghasilkan benih ikan yang unggul, memenuhi kebutuhan benih ikan, sekaligus untuk memajukan kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Lingga.

Apalagi dengan luas laut yang besar, Kabupaten Lingga sangat cocok dalam pengembangan komoditas ikan laut yang mempunyai nilai jual tinggi, seperti kerapu cantik. Salah satunya dengan memberdayakan tenaga yang ada di UPTD.

ADVERTISEMENT

“Ikan laut juga perlu diperhatikan. Namun demikian, untuk ikan air tawar ini sebagian besar sudah bisa diterima masyarakat kita untuk dikonsumsi,” demikian Nizar.

Gabung dan ikuti kami di :

Penulis: | Editor: Redaksi



whatsapp facebook copas link

Baca Lainnya

DKP Kepri Cabang Karimun Sediakan 1 Ton Ikan Gelar Bazar Murah

11 Juni 2024 - 12:40 WIB

IMG 20240611 WA0007 11zon

Warga Batam Wajib Pakai ‘Fuel Card’ Saat Isi BBM Pertalite, Catat Mulai Berlakunya!

5 Juni 2024 - 13:35 WIB

IMG 20240605 WA0010

Relaksasi HET Beras Premium dan Medium Terbaru, di Kepri Naik Segini

4 Juni 2024 - 10:11 WIB

Ilustrasi beras

Jelang Idul Adha 1445 H, Pedagang Sapi di Karimun Mulai Banjir Pesanan

22 Mei 2024 - 14:52 WIB

IMG 20240521 114434 11zon

DPC APMIKIMMDO Karimun Terima Bantuan Bibit dan Pakan Ikan Budidaya dari Bupati Rafiq

8 Mei 2024 - 16:59 WIB

IMG 20240508 WA0015 11zon

Ekonomi Kepri Triwulan I-2024 Melambat, Tumbuh 5,01 Persen

7 Mei 2024 - 10:33 WIB

Ilustrasi Ekonomi Kepri
Trending di Ekonomi Bisnis