Menu

Mode Gelap

Olahraga · 18 Mar 2022 17:48 WIB ·

Sirkuit Formula 1 di Bintan Ditarget Rampung Dalam 2 Tahun Tanpa APBN


 Penandatanganan nota kesepahaman pembangunan sirkuit F1 di hotel Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, Kamis (17/3). Foto: Istimewa Perbesar

Penandatanganan nota kesepahaman pembangunan sirkuit F1 di hotel Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, Kamis (17/3). Foto: Istimewa

ADVERTISEMENT
advertisement

Pembangunan sirkuit formula 1 (F1) di Lagoi, Bintan, atau disebut Bintan International Circuit (BIC) semakin menunjukkan titik terangnya.

Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, mengungkapkan bahwa jika sirkuit ini akan dibangun dengan modal investasi sepenuhnya.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Nilai investasinya bisa sampai Rp 1,2 triliun dan murni kerjasama investasi. Tidak menggunakan APBN dan APBD,” ujar Bambang Soesatyo usai menandatangani nota kesepahaman pembangunan sirkuit F1 di hotel Nirwana Gardens, Lagoi, Bintan, Kamis (17/3).

Hadirnya sirkuit F1 ini, lanjutnya, diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Bintan dan umumnya bagi Kepri. Seperti MotoGP yang mampu mendorong ekonomi NTB.

ADVERTISEMENT
advertisement

“Dampak ekonomi dari pagelaran balapan internasional ini bisa langsung dirasakan instan, terlebih lagi Bintan sendiru sudah lebih dulu terkenal dengan pariwisatanya,” tambah ketua MPR ini.

Selain itu, Bamsoet juga menyampaikan harapannya agar pemerintah daerah dan juga pengelola Bintan Resort agar bisa  menarik investor lebih banyak untuk membuka hotel-hotel baru. Tentunya ini menjadi sarana pendukung untuk akomodasi kamar yang akan ditempati para wisatawan nantinya.

ADVERTISEMENT

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut menyampaikan pandangannya bahwa BIC nantinya akan menambah semarak sport tourism di Bintan.

“Sebelum pandemi bisa setiap bulan di sepanjang tahun ada even sport tourism tingkat internasional di Bintan. Tentu, dengan adanya sirkuit ini tentu semakin mendukung dan mengundang wisatawan datang ke Bintan,” sebutnya.

Ansar menambahkan, Bintan memiliki nilai tersendiri dengan kondisi alam laut yang akan mendorong nilai lebih sirkuit bertaraf internasional ini. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk menjadi yang terbaik di Dunia.

ADVERTISEMENT

Selain itu, hadirnya sirkuit F1 ini dapat menjadi angin segar investasi perhotelan dan pariwisata di Bintan.

“Jika terbangun sirkuit ini bisa melengkapi Bintan untuk menjadi mega resort in the world, kita akan mempunyai infrastruktur entertain sekelas dunia,” tambah Ansar.

Sementara itu, Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, mengungkapkan bahwa ada 3 lokasi yang menjadi titik dibangunnya BIC. Yakni, Lagoi Bay, Kepri Bay, dan area Berakit.

ADVERTISEMENT

Menurutnya, nanti konsultan dari Inggris yaitu Populous yang akan menentukan lokasi yang paling tepat untuk dibangun sirkuit F1 Bintan tersebut.

Namun bagi Wahab, ketiga calon lokasi ini menawarkan keindahan alam yanh sama-sama indahnya.

“Kita harap sirkuit F1 ini bisa selesai dalam waktu dua tahun,” singkatnya.

ADVERTISEMENT
Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung
Artikel ini telah dibaca 105 kali

Penulis: | Editor: Redaksi


ADVERTISEMENT
advertisement
Tetap terhubung dengan kami:
advertisement
Baca Lainnya

Taklukkan Polres Natuna 2 Gol, Polresta Barelang Juarai Kapolda Kepri Cup 2022

1 Juli 2022 - 16:15 WIB

Kejuaraan Golf Gubernur Cup 2022 Dibuka, Diharapkan Dorong Wisata di Kepri

1 Juli 2022 - 14:46 WIB

Apresiasi untuk Atlet Difabel Peraih Emas Peparnas Asal Karimun: Bonus Rp 25 Juta hingga Pekerjaan

23 Juni 2022 - 10:52 WIB

PSSI Umumkan TC Timnas U-19 AFF U19, Ada Nama Ronaldo dan Marselino

20 Juni 2022 - 10:06 WIB

Lewis Hamilton Kembali Angkat Trofi di Canada

20 Juni 2022 - 09:48 WIB

Elkan Bagot Sumbang Satu Gol Loloskan Timnas ke Piala Asia

15 Juni 2022 - 08:44 WIB

Trending di Olahraga
advertisement