Menu

Mode Gelap

Hukum Kriminal · 26 Nov 2021 16:31 WIB

Sudah 7 Kali Beraksi, Pelaku Hipnotis di Bintan Akhirnya Tertangkap


Ilustrasi hipnotis. Foto: Istimewa Perbesar

Ilustrasi hipnotis. Foto: Istimewa

Petugas kepolisian di Polsek Bintan Utara berhasil membekuk pelaku kejahatan dengan modus hipnotis di Tanjunguban, Bintan, 14 November 2021 lalu.

Pelaku yang diketahui berinisial, TJ (36), tersebut merupakan warga Tanjungpinang dan sudah melancarkan aksinya sebanyak 7 kali.

Kapolsek Bintan Utara, Kompol Suharjono, mengatakan pihaknya telah menangkap pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan cara menghipnotis korbannya.

“Pelaku kita tangkap pada 14 November 2021. Penangkapan itu berdasarkan laporan yang kita terima dari beberapa korbannya,” ujarnya, Jumat (26/11).

ads

Suharjono menerangkan, penangkapan pelaku berawal dari salah seorang korban yang melihat pelaku berada di salah satu swalayan.

Kemudian, korban pun langsung mengejar pelaku. Namun, aksi itu dilihat oleh Bhabinkamtibmas Tanjunguban Selatan, Bripka Andika Aswar yang kebetulan berada di lokasi.

Anggotanya langsung bergerak cepat dan menghentikan pelaku.

Tapi, pelaku tidak mengindahkan imbauan tersebut dan melakukan perlawanan sehingga terjadi duel antara pelaku dan korban.

ads

“Anggota kita duel dan cedera namun tetap pertahankan pelaku dengan memeluk pelaku. Aksi duel itu itupun membuat warga dan anggota TNI spontan membantu. Berkat bantuan dari masyarakat dan anggota TNI tersangka berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Bintan Utara,” jelasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang pernah menjadi korban penipuan yang dilakukan pelaku agar melaporkan ke kantor Polisi karena laporan yang baru masuk baru 4 laporan. Sementara pengakuan pelaku telah menjalankan aksinya sebanyak 7 kali di wilayah hukum Polsek Bintan Utara.

“Dari hasil pemeriksaan bahwa tersangka merupakan residivis dalam perkara yang sama,” katanya.

Sementara itu, pelaku, TJ, mengaku sengaja melancarkan aksinya di Bintan Utara. Tepatnya di Tanjunguban. Disana dia langsung mencari dan memilih-milih para calon korbannya yang kebanyakan perempuan dan laki-laki (lanjut usia).

“Target saya adalah lansia yang sedang mengendarai sepeda motor seorang diri. Karena kemungkinan besar orang tidak melakukan perlawanan,” sebutnya.

Setelah mendapatkan targetnya, dia langsung mengarahkan korban untuk berhenti di tepi jalan dan selanjutnya berpura-pura kenal dengan korban.

Kemudian pelaku menawarkan pekerjaan yang menggiurkan kepada korban dan mengajak korban untuk pergi bersama dengannya, setelah korban dibonceng dengan sepeda motor pelaku, pelaku langsung menuju ke tempat sepi dan saat itu berpura-pura akan menukarkan duit dollar ke rupiah kepada korban.

“Saat korban sudah memberikan sejumlah uang. Saya angsung pergi meninggalkan korban di tepi jalan seorang diri dengan alasan akan membeli beberapa barang dan kembali lagi hingga akhirnya korban pun baru sadar dirinya telah ditipu dengan dihipnotis,” ucapnya.

Dapatkan update berita langsung dari Smartphone anda melalui telegram. Klik t.me/kepripediacom untuk bergabung



ads
Tetap terhubung dengan kami:
Baca Lainnya

KPK Sebut Terima Pengembalian Uang Rp 3 M dari Kasus Kuota Rokok di Bintan

4 Desember 2021 - 20:49 WIB

Tega! 2 Pemuda di Batam Cabuli Anak SD Secara Bergilir

3 Desember 2021 - 22:19 WIB

2 Pencuri di Dabo Singkep Ditangkap Polisi, 1 Sempat Sembunyi di Kelong

3 Desember 2021 - 20:34 WIB

Konferensi pers pengungkapan kasus pencurian di Dabo Singkep

Polres Bintan Tangkap Bandar Narkoba di Tanjungpinang

3 Desember 2021 - 18:35 WIB

Gara-gara Cemburu, 2 Pria di Batam Keroyok Suami Rekan Wanitanya

3 Desember 2021 - 06:11 WIB

ABK yang Loncat ke Laut Saat Dikejar Bea Cukai Bawa 488 Ribu Rokok Ilegal

2 Desember 2021 - 16:44 WIB

Trending di Hukum Kriminal