Menu

Mode Gelap
ads

Warta · 10 Nov 2021 15:49 WIB

Tabur Bunga di Hari Pahlawan untuk Mengenang Jasa


LVRI bersama Dinsos Batam saat tabur bunga di makam Pahlawan, Rabu (10/11). Foto: Zalfirega/kepripedia.com Perbesar

LVRI bersama Dinsos Batam saat tabur bunga di makam Pahlawan, Rabu (10/11). Foto: Zalfirega/kepripedia.com

Tradisi tabur bunga di makam pahlawan telah lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Itu dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan kala berjuang untuk tanah air.

Sama halnya Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batam bersama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, dan Dinas Sosial (Dinsos) yang mengikuti prosesi Upacara Tabur Bunga Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang, Jl. Letjend Suprapto, Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, pada Rabu (10/11) sekitar pukul 10.00 WIB.

Upacara tabur bunga diawali dengan prosesi penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, serta peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara, dan ditutup dengan tabur bunga oleh seluruh peserta upacara.

“Setiap perjuangan pahlawan perlu terus dikenang oleh kita semua. Apa yang telah dilakukan oleh pahlawan kita, kiranya dapat menginspirasi kita semua,” ucap Puteri Kaligis yang lahir di Denpasar Bali, tepat dalam perang Asia Timur 1942.

ads

Ia berharap, bangsa Indonesia tetap bisa melahirkan pahlawan-pahlawan untuk tetap mempertahankan NKRI dan juga membangun serta bisa mengimbangi negara maju di dunia.

“Untuk generasi muda, harus mewarisi nilai-nilai kejuangan, karena ini menjadi bekal pengabdian kepada bangsa dan negara. Generasi muda harus terus maju akhlak, maju akademis dan maju visiknya untuk membangun negri tercinta,” harap Puteri.

 

Tabur bunga di makam pahlawan di Batam memperingati hari pahlawan 10 November. Foto: Zalfirega/kepripedia.com

ads

 

Kepala Kesbangpol Batam, Riama Manurung, mengatakan sudah sepantasnya setiap individu yang masih hidup saat ini tetap mengormati budaya nilai pejuang temo dahulu.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Pemerintah Kota Batam berharap semua masyarakat tidak melupakan sejarah para pahlawan bangsa.

“Tolong perhatikan legiun veteran terutama anak-anak muda, yang masyarakat nikmati hari ini hasil dari perjuangan beliau-beliau. Jangan lupakan para legiun veteran,” ucap dia menambahkan.



ads
Baca Lainnya

Gubernur Kepri Sampaikan Persoalan Biaya Penanganan PMI ke BNPB

26 November 2021 - 21:29 WIB

Menteri KKP Kunker ke Kepri, Sosialisasi Industri Perikanan Mandiri

26 November 2021 - 21:09 WIB

Kodim 0317/TBK Bantu Fasilitasi Bedah Gadis di Karimun yang Tertelan Jarum Pentol

26 November 2021 - 17:57 WIB

Truk Pengangkut Pakan Ternak Terbalik di Pendakian Bukit Daeng Batam

26 November 2021 - 16:47 WIB

Gadis yang Tertelan Jarum Pentol di Karimun Masih Tunggu Aktivasi BPJS

26 November 2021 - 15:26 WIB

Fitri gadis di Karimun tertelan jarum pentol

Seorang Gadis Remaja di Karimun Tertelan 2 Jarum Pentol saat Minum Air

26 November 2021 - 15:00 WIB

Trending di Warta