kepripedia
Home / Warta / Termasuk 9 Kota Pertama di Indonesia, Layanan 5G Resmi Hadir di Batam

Termasuk 9 Kota Pertama di Indonesia, Layanan 5G Resmi Hadir di Batam

Peluncuran 5G. Foto: detik Inet

Setelah Jakarta, Medan, Balikpapan, dan Surakarta, kini Telkomsel menambah 5 kota lainnya untuk perluasan layanan jaringan internet generasi ke 5 atau dikenal 5G. Di antaranya 5G itu telah hadir di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Hal ini ditandai dengan peluncuran resmi yang dihadiri Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad, Senin (7/6) kemarin.

Batam termasuk dalam 9 kota di Indonesia yang dipilih untuk peningkatan jaringan tersebut. Pada peluncuran di Batam itu, serentak bersama 4 kota lainnya yakni Surabaya, Makassar, Bandung, dan Denpasar.

“Kita bersyukur dari waktu ke waktu merasakan perubahan di dunia ini. Kita bisa menyikapi dan membentuk perubahan itu untuk meningkatkan kualitas,” sebut Amsakar.

ads

Ia mengajak masyarakat turut bertransformasi ke arah positif seiring majunya era digital ini. Terlebih di masa pandemi ini, telekomunikasi sangat terasa penting sebagai pola baru yang tidak terikat jarak.

“Kalau tidak mengikuti perkembangan zaman, maka siap-siap akan ketinggalan. Perkembangan ini semoga mampu mendukung Batam mewujudkan Batam Bandar Dunia Madani,” ujarnya.

Di ketahui sebelumnya Telkomsel telah memperluas cakupan akses internet 5G ini sejak 25 Mei lalu. Perluasan ini dilakukan secara bertahap untuk segera mendoring ekosistem digital lintas sektor.

“Hadirnya Telkomsel 5G di lima kota ini (termasuk Batam) menjadi komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivtas digitak terdepan,” ungkap Direktur Network Telkomsel, Nugroho.

ads

Telkomsel kini tengah mengebut ketersediaan 5G untuk semua orang di Indonesia baik bagi keperluan pemerintah, akademisi hingga industri.

Jaringan 5G Telkomsel yang mengandalkan pita frekuensi 2,3 GHz dan bisa dirasakan dengan smartphone 5G yang mendukung 5G band n40. Sejumlah smartphone yang sudah mendukung 5G atau 5G ready tetap harus menunggu update untuk membuka (unlock) dukungan 5G di spesifikasi tersebut.

5G Telkomsel ini diklaim lebih kencang dan bisa diandalkan dibandingkan jaringan 4G. Kecepatannya disebut bahkan mencapai 20Gbps atau 20 kali lipat lebih cepat dari 4G untuk kecepatan unduh (download).

Latensinya juga mencapai 1ms atau 10 kali lebih rendah dari 4G serta mampu menyediakan koneksi untuk sekitar satu juta perangkat di radius satu kilometer persegi atau 10 kali lipat dibandingkan 4G.

Telkomsel juga sebelumnya sudah merilis paket layanan untuk 5G yaitu paket Early Bird 5G harga Rp26 ribu untuk kuota data 126GB. Namun untuk mendapatkan ini ditentukan lewat sistem undangan.



Penulis: Hasrullah

Editor: Hasrullah

BERI KOMENTAR